Investor Tertarik Kembangkan Wisata Balon Udara di Kota Mataram 

Lakukan uji coba pada sejumlah tempat di Pulau Lombok

Mataram, IDN Times - Pemkot Mataram mengungkapkan salah satu investor tertarik mengembangkan wisata balon udara di Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Investor tersebut telah melakukan uji coba wisata balon udara seperti yang berada di Cappadocia Turki, belum lama ini di Lapangan Pengkalan Udara (Lanud) Zainuddin Abdul Madjid, Rembiga, Kota Mataram.

"Kemarin sudah diuji coba di Lapangan Lanud Rembiga. Alhamdulillah naik balon udaranya. Prospeknya juga bagus. Kemarin saya juga minta ketemu dengan salah satu pengelolanya yang mau mengelola itu. Mereka menawarkan untuk uji coba dulu," ungkap Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi dikonfirmasi di Mataram, Sabtu (29/4/2023).

1. Investor lakukan uji coba wisata balon udara di sejumlah tempat

Investor Tertarik Kembangkan Wisata Balon Udara di Kota Mataram Kepala Dispar Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Denny menjelaskan investor tersebut melakukan uji coba wisata balon udara pada sejumlah tempat di Pulau Lombok. Antara lain, Sembalun Lombok Timur, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah, Pantai Sire Lombok Utara dan Lapangan Lanud ZAM Rembiga, Kota Mataram.

Dari hasil uji coba di Lapangan Lanud ZAM Rembiga Kota Mataram, balon udara bisa naik atau terbang pada pagi hari. Karena angin tidak terlalu kencang. Denny mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti rencana investor yang akan mengembangkan atraksi wisata baru di Kota Mataram.

"Nanti akan kita tindaklanjuti. Kita yang Dinas Pariwisata akan menindaklanjuti itu karena melihat peluang ini bagus sekali," ujarnya.

Denny menjelaskan wisata balon udara kurang cocok apabila lokasinya di Loang Baloq. Karena anginnya terlalu besar. Sehingga yang cocok adalah di tengah Kota Mataram. " Ini akan menjadi destinasi wisata baru kalau ini terwujud," ucapnya.

Baca Juga: Masyarakat Tumpah Ruah Rayakan Lebaran Topat di Lombok

2. Target kunjungan wisatawan ke Mataram 800 ribu orang

Investor Tertarik Kembangkan Wisata Balon Udara di Kota Mataram Desa wisata Taman Loang Baloq di Kota Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Personel Band Amtenar ini menyebutkan pada tahun 2023, Pemkot Mataram menargetkan angka kunjungan wisatawan baik domestik dan mancanegara sebanyak 800 ribu orang. Ia mengaku optimis target angka kunjungan ini akan tercapai karena pandemik COVID-19 sudah melandai.

Tahun 2022 lalu, angka kunjungan wisatawan ke Kota Mataram tercapai sekitar 300 ribu orang. Hal ini menurut Denny, pada 2022, pandemik COVID-19 masih menjadi faktor belum pulihnya sektor pariwisata. Sementara tahun ini, angka kunjungan wisatawan mulai meningkat, apalagi dengan adanya pelonggaran pengetatan terkait COVID-19.

3. Kunjungan wisatawan selama libur lebaran

Investor Tertarik Kembangkan Wisata Balon Udara di Kota Mataram Pengunjung atau wisatawan menunggu matahari tenggelam di Taman Wisata Loang Baloq Kota Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selama libur lebaran, Denny mengatakan terjadi peningkatan angka kunjungan wisatawan ke Kota Mataram. Apalagi dengan adanya event lebaran topat.

Lebaran topat menjadi salah satu event yang menarik kunjungan wisatawan luar NTB datang ke Kota Mataram. Tetapi, Denny belum menyebutkan angka pasti kunjungan wisatawan pada masa libur lebaran.

"Tingkat hunian hotel di Mataram signifikan tapi angka pastinya belum. Cuma ada kenaikan. Setelah lebaran topat ini kami lakukan evaluasi baru disampaikan angkanya," tandas Denny.

Baca Juga: Labuhan Lombok Masuk Daftar 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia 2023 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya