PUTRI NTB Sertifikasi 150 Pemandu Wisata Jelang MXGP Indonesia 2023 

Gubernur NTB: standarisasi penting

Mataram, IDN Times - DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) NTB akan mengadakan program sertifikasi pemandu wisata. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata jelang perhelatan kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) seri Indonesia 2023.

Sebanyak 150 pemandu wisata di Pulau Lombok dan Sumbawa akan disertifikasi sehingga semakin siap menyambut kedatangan tamu dari dalam dan luar negeri saat perhelatan MXGP seri Indonesia 2023, yang akan digelar di Sirkuit Samota Sumbawa dan Sirkuit Selaparang, Kota Mataram.

"PUTRI NTB akan mengadakan program sertifikasi 150 pemandu wisata dalam rangka peningkatan kualitas SDM NTB menyambut MXGP nanti," kata Ketua DPD PUTRI NTB Felicia Suadika saat bertemu dengan Gubernur NTB Zulkieflimansyah di ruang kerjanya, Selasa (2/5/2023).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Jamaluddin Maladi dan Staf Khusus Gubernur NTB yang juga Anggota Tim Akselerasi, Monitoring, dan Evaluasi Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Taufan Rahmadi.

1. Alasan PUTRI NTB sertifikasi pemandu wisata

PUTRI NTB Sertifikasi 150 Pemandu Wisata Jelang MXGP Indonesia 2023 Ketua DPD PUTRI NTB Fellicia Suadika. (dok. Istimewa)

Felicia mengatakan pihaknya mendukung gelaran event internasional MXGP Indonesia 2023 yang akan dilaksanakan dua seri di NTB. Yaitu MXGP Samota Sumbawa pada 23 - 25 Juni 2023 dan MXGP Selaparang, Kota Mataram pada 1 - 2 Juli 2023.

Sebelum dua gelaran event internasional itu berlangsung, PUTRI NTB akan mengadakan sertifikasi terhadap 150 pemandu wisata yang ada di Lombok dan Sumbawa pada bulan Mei ini. Dengan adanya sertifikasi ini, pemandu wisata di NTB yang menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada para tamu yang datang dapat memberikan kesan yang baik tentang pariwisata NTB.

Felicia menambahkan penonton yang datang menyaksikan MXGP Samota dan MXGP Selaparang, pasti akan berwisata. misalnya, penonton yang menyaksikan MXGP Samota Sumbawa, pasti kepingin mengunjungi Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo atau destinasi wisata lainnya.

Sehingga, pemandu wisata punya peran yang sangat penting untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung ke suatu destinasi. Menurutnya, pelayanan yang baik sesuai standar sangat menentukan keberhasilan event internasional.

"Instrumen yang kecil-kecil juga itu yang menentukan kesan kepada wisatawan. Makanya saya selaku Ketua PUTRI NTB menyentuh bagian SDM. Karena yang nonton MXGP di Sumbawa pasti mau melihat air terjun di Moyo. Bagaimana ketika mereka datang, pemandu wisata ini disiapkan standarisasinya," ujar Felicia.

Baca Juga: Sirkuit MXGP Selaparang Lombok Ditargetkan Rampung Pertengahan Juni 

2. Gubernur NTB: standarisasi pelayanan pemandu wisata penting

PUTRI NTB Sertifikasi 150 Pemandu Wisata Jelang MXGP Indonesia 2023 Gubernur NTB Zulkieflimansyah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara, Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyambut baik sertifikasi terhadap 150 pemandu wisata yang dilakukan PUTRI NTB menjelang perhelatan MXGP Samota Sumbawa dan MXGP Selaparang Lombok, Kota Mataram. Menurutnya, sertifikasi terhadap pemandu wisata merupakan suatu keharusan terlebih NTB merupakan daerah yang ditetapkan sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Gubernur mengatakan orang asing sangat memperhatikan tentang standarisasi pelayanan. Kualitas pelayanan pelaku wisata harus tetap dijaga supaya memberikan kesan yang baik tentang NTB.

"Kalau orang asing, standarisasi itu penting. Ada kualitas yang harus dijaga. Saya kira wajib menerapkan standarisasi pelayanan," katanya.

3. Lahirkan 150 ambassador baru pariwisata NTB

PUTRI NTB Sertifikasi 150 Pemandu Wisata Jelang MXGP Indonesia 2023 Para pembalap MXGP dikerumuni warga untuk seafoto usai acara opening ceremony MXGP of Indonesia Samota Sumbawa 2022. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Anggota Tim Akselerasi, Monitoring, dan Evaluasi Pengembangan KEK Pariwisata Kemenparekraf Taufan Rahmadi menambahkan apa yang dilakukan PUTRI NTB secara langsung melahirkan 150 ambassador baru pariwisata NTB. Sebanyak 150 pemandu wisata yang akan disertifikasi menjadi serdadu yang akan mempopulerkan NTB, bukan hanya MXGP tetapi juga destinasi wisata lainnya.

"Dengan 150 pemandu wisata yang akan distandarisasi ini, secara direct, PUTRI NTB telah melahirkan 150 ambassador yang akan menjadi serdadu-serdadu yang akan mempopulerkan tidak hanya MXGP tetapi juga destinasi. Mereka ini saya yakin ada guidance-nya, ada SOP-nya. Sehingga nanti mereka dalam mengomunikasikan mulai dari MXGP, lebih terarah," kata mantan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB ini.

Baca Juga: Sirkuit MXGP Lombok Dibangun Mulai 8 Mei di Eks Bandara Selaparang

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya