Unram Diduga Melarang Seminar Nasional dengan Pembicara Rocky Gerung

Mahasiswa sesalkan sikap pihak kampus Unram

Mataram, IDN Times - Pihak kampus Universitas Mataram (Unram) melarang kegiatan seminar nasional 24 tahun reformasi yang akan menghadirkan pembicara Rocky Gerung pada 16 September 2022. Seminar Nasional 24 Tahun Reformasi dengan tema Titik Nol Penegakan Hukum dan Keadilan' itu rencananya menghadirkan dua narasumber yaitu Rocky Gerung dan Bivitri Susanti.

"Yang jadi permasalahan bukan pada seminar nasionalnya atau pemilihan temanya. Tetapi dicegat oleh pihak Unram khususnya yang kami temui Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, itu adalah narasumbernya menjadi masalah," ungkap Ketua UKM PIB Unram sekaligus sebagai panitia, Adrian Islah Perdana dikonfirmasi IDN Times, Senin (29/8/2022) siang.

1. Kehadiran Rocky Gerung ditolak

Unram Diduga Melarang Seminar Nasional dengan Pembicara Rocky GerungYouTube.com

Adrian mengungkapkan pihak panitia menemui Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni terkait rencana seminar nasional ini. Panitia berdialog dengan rencana kegiatan seminar yang akan digelar pada 16 September mendatang.

Namun Wakil Rektor III tidak memberikan keputusan. Dia lantas masuk ke ruangan Rektor Unram. Panitia menunggu Wakil Rektor III keluar dari ruang Rektor Unram. Tapi yang keluar adalah perwakilan Wakil Rektor III yang menyampaikan kepada panitia bahwa seminar itu tidak diizinkan karena pembicaranya adalah Rocky Gerung.

"Kalau bukan Rocky Gerung narasumbernya mungkin bisa saja dimudahkan birokrasinya di Unram. Alasan dari pihak Unram belum siap untuk itu. Karena katakutannya adalah akan terjadi hal-hal lain yang di luar dugaan dia bilang," ungkap Adrian.

Baca Juga: Ekonomi Makin Sulit, Nelayan di Mataram Banting Setir Jadi TKI 

2. Takutkan pemikiran Rocky Gerung

Unram Diduga Melarang Seminar Nasional dengan Pembicara Rocky GerungKetua UKM PIB Unram sekaligus sebagai panitia, Adrian Islah Perdana. (dok. Adrian Islah Perdana)

Adrian menambahkan pihak Unram takut terhadap pemikiran-pemikiran Rocky Gerung yang dikhawatirkan tidak mampu diterima dengan benar oleh mahasiswa. Menurut Adrian, hal ini jelas suatu pembatasan demokrasi di kampus Unram.

"Universitas negeri membawa diri seolah-olah lebih parah dari orde baru. Unram menolak pelaksanaan seminar nasional dengan alasan yang tidak akademis," kata Adrian.

3. Unram dinilai mundur

Unram Diduga Melarang Seminar Nasional dengan Pembicara Rocky GerungGedung Rektorat Universitas Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Adrian memberikan contoh beberapa kampus luar seperti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bisa menerima narasumber nasional Rocky Gerung dengan baik meskipun ada perbedaan cara berpikir. Menurutnya, 24 tahun reformasi, Unram sebagai kampus negeri terbesar di NTB malah mundur ke masa orde baru dengan melarang kegiatan seminar nasional tersebut.

"Hal ini miris, bahkan bisa dibilang lebih parah dari masa orde baru, anti kritik dan tidak berani meneremi kebebasan perbedaan dalam berpikir," keluh Adrian.

Dikonfirmasi terpisah, Humas Unram Khairul Umam yang dikonfirmasi IDN Times, Senin (29/8/2022) belum mengetahui informasi perihal dilarangnya seminar nasional 24 tahun reformasi yang akan dihadiri Rocky Gerung.

"Saya belum tahu informasinya. Coba nanti saya konfirmasi," kata Umam singkat.

Baca Juga: Melawan Praktik Perdagangan Satwa Langka di NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya