'The Apurva Kempinski' Bangun Hotel dan Vila 5.000 Kamar di Lombok 

Lokasi dekat spot surfing dunia di Sekotong Lombok Barat

Lombok Barat, IDN Times - Jaringan hotel internasional Kempinski melebarkan bisnis perhotelan ke Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). The Apurva Kempinski melakukan groundbreaking pembangunan hotel dan vila sebanyak 5.000 kamar di Pantai Mekaki, Sekotong, Lombok Barat, Rabu (13/7/2022).

Perwakilan Direksi The Apurva Kempinski, Hendra Sriyanto menjelaskan pembangunan hotel yang akan dikerjakan selama tiga tahun. Pembangunan hotel pada lahan seluas 12 hektare berarsitektur rumah adat Sasak.

1. Bangun ballroom dan vila

'The Apurva Kempinski' Bangun Hotel dan Vila 5.000 Kamar di Lombok Grounbreaking Hotel Kempinski di Pantai Mekaki Sekotong Lombok Barat, Rabu (13/7/2022). (Dok. Diskominfotik NTB)

Selain fasilitas umum hotel, The Apurva Kempinski juga akan membangun ballroom seluas 4000 meter persegi, hotel tower dan komplek villa sebanyak 5.000 kamar. Ada pula birdview, mengingat kawasan Pantai Mekaki Sekotong Lombok Barat adalah tempat yang menjadi lokasi lalu lintas migrasi burung.

Groundbreaking pembangunan Hotel Kempinski dihadiri Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid. Hadir juga Kepala Dinas Pariwisata, Kepala DPMPTSP, Asisten I dan para kepala OPD Pemda Kabupaten Lombok Barat serta Ketua DPRD Lombok Barat.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Pusuk Sembalun, 3 Korban Meninggal di Tempat

2. Gubernur : kehadiran investasi tak boleh mengabaikan warga lokal

'The Apurva Kempinski' Bangun Hotel dan Vila 5.000 Kamar di Lombok Gubernur NTB Zulkieflimansyah. (Dok. Diskominfotik NTB)

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan kehadiran investasi harus didukung sepenuhnya. Namun demikian kehadiran investasi tak boleh mengabaikan warga lokal.

"Agar pada saatnya nanti warga lokal benar-benar siap menjadi bagian dari investasi, tidak hanya menjadi pekerja rendah," kata Gubernur Zulkieflimansyah.

Apalagi, beberapa investor sebelumnya yang hadir di Pantai Mekaki Sekotong belum ada yang berhasil membangun fasilitas hotel. Oleh karena itu, ia berharap semua pihak terkait membantu kesulitan investasi sejak dari perizinan hingga operasional.

Sehingga membuka peluang kerja maupun ekonomi yang mendukung sektor pariwisata. Gubernur mengusulkan agar SMK Pariwisata dapat hadir di Lombok Barat agar sumber daya manusia dapat bersaing dengan kebutuhan investasi.

3. Dekat spot surfing dunia

'The Apurva Kempinski' Bangun Hotel dan Vila 5.000 Kamar di Lombok Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid (Dok. IDN Times)

Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid mengatakan sebagai upaya mendukung pariwisata khususnya Sekotong, pemerintah kabupaten berharap investasi yang dilakukan benar-benar mendatangkan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Dikatakan, Pantai Mekaki punya potensi luar biasa. Di sebelahnya ada Bangko-bangko yang dikenal menjadi spot surfing dunia. Pemkab Lombok Barat telah merencanakan agar kualifikasi World Surfing League tahun 2022 bisa digelar di sana.

Baca Juga: 8 Calon TKI Korban Kapal Tenggelam Asal Lombok Dipulangkan dari Batam

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya