8 Calon TKI Korban Kapal Tenggelam Asal Lombok Dipulangkan dari Batam

Pemulangan dibiayai Pemda Lombok Barat dan Lombok Timur

Mataram, IDN Times - Sebanyak 8 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) atau Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) korban kapal tenggelam di Perairan Pulau Putri Nongsa Batam, Kepulauan Riau (Kepri) pada 16 Juni lalu akhirnya dipulangkan ke Lombok. Mereka akhirnya gagal ke Malaysia melalui jalur ilegal.

Sebanyak 8 TKI itu berasal dari Lombok Barat (Lobar) dan Lombok Timur (Lotim). Mereka dipulangkan dari Batam menggunakan pesawat ke Lombok dengan transit di Jakarta pada Rabu (13/7/2022).

1. Sebanyak 2 orang dari Lobar dan 6 orang dari Lotim

8 Calon TKI Korban Kapal Tenggelam Asal Lombok Dipulangkan dari BatamKepala UPT BP2MI NTB Abri Danar Prabawa (Dok. Istimewa)

Kepala UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) NTB Abri Danar Prabawa di Mataram, Rabu (13/7/2022) menjelaskan kepulangan 8 calon TKI korban kapal tenggelam asal Lombok itu berdasarkan informasi dari Direktorat Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI, dan UPT BP2MI Provinsi Kepulauan Riau.

Pada Rabu, 13 Juli 2022 telah terjadwal pemulangan 8 calon TKI korban kecelakaan kapal dan hasil pencegahan di Batam Kepri. Mereka yang dipulangkan sebanyak 2 orang dari Lobar yaitu Herman asal Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong.

Kemudian 6 orang dari Lotim yaitu Suardi asal Desa Rarang, Kecamatan Terara, Ahmad Yani asal Desa Wakang, Kecamatan Jerowaru, Danil asal Desa Rarang, Kecamatan Terara, Muhammad Jefri asal Desa Pandak Guar, Kecamatan Sambelia, Masrin asal Desa Rarang, Kecamatan Terara dan Sahman asal Desa Rarang, Kecamatan Terara.

Baca Juga: 4 Calon TKI NTB Korban Kapal Tenggelam Kabur dari Selter BP2MI Batam 

2. Pemulangan dibiayai Pemda

8 Calon TKI Korban Kapal Tenggelam Asal Lombok Dipulangkan dari BatamTKI NTB korban kapal tenggelam yang selamat. (Dok. Istimewa)

Sebanyak 8 CPMI tersebut merupakan korban kapal tenggelam di Perairan Pulau Putri Kota Nongsa Batam Provinsi Kepulauan Riau pada 16 Juni 2022. Abri mengatakan kepulangan 8 CPMI dari Bandara Internasional Hang Nadim, Batam ke Bandara Internasional, Lombok di Biayai oleh Pemda Kabupaten Lombok Barat dan Pemda Kabupaten Lombok Timur.

Selanjutnya para CPMI tersebut dipulangkan pada Rabu, 13 Juli 2022 menggunakan penerbangan Citilink QG640 rute Batam – Jakarta – Lombok. Mereka diperkirakan tiba di kedatangan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok pukul 14.10 Wita.

3. Dijemput Pemda untuk dilakukan pembinaan

8 Calon TKI Korban Kapal Tenggelam Asal Lombok Dipulangkan dari BatamPencarian TKI korban kapal tenggelam oleh Tim SAR Batam. (Dok. Istimewa)

Abri mengatakan 8 CPMI asal Lobar dan Loteng itu diminta dijemput oleh Pemda setempat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok. Selanjutnya mereka dilakukan pembinaan serta memfasilitasi pemulangan PMI terkendala tersebut ke daerah asal.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 23 calon TKI asal Lombok berhasil diselamatkan dalam insiden kapal tenggelam di Perairan Pulau Putri Nongsa Batam Kepulauan Riau. Mereka berhasil diselamatkan TNI AL dan dievakuasi ke selter UPT BP2MI Batam. Namun dari 23 orang tersebut ada 4 orang yang berhasil kabur dari jendela lantai tiga selter UPT BP2MI Batam.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Pusuk Sembalun, 3 Korban Meninggal di Tempat

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya