Taman Hiburan Loang Baloq, Ikon Wisata Baru di Kota Mataram 

Wali Kota Mataram tekankan aspek kebersihan

Mataram, IDN Times - Wali Kota Mataram Mohan Roliskana meresmikan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq, Senin (31/1/2021). Revitalisasi Taman Hiburan Loang Baloq Kota Mataram mendapatkan dukungan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebesar Rp11 miliar.

Peresmian Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq juga dihadiri Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman, beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Mataram. Wali Kota Mataram Mohan Roliskana mengatakan pembangunan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq diproyeksikan sebagai salah satu ikon baru di Kota Mataram.

"Dengan tata bangunan yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata favorit keluarga," katanya.

1. Mampu menarik ribuan pengunjung sehari

Taman Hiburan Loang Baloq, Ikon Wisata Baru di Kota Mataram Pengunjung menikmati wahana yang tersedia di Taman hiburan rakyat Loang Baloq (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mohan mengatakan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq memiliki aspek rekreatif dan potensi ekonomi yang berimbang. Hal ini tidak lepas dari bentuk desain yang modern dan elegan. Nilai esteika lokasi Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq mampu menarik ribuan pengunjung dalam sehari.

Dengan banyaknya pengunjung tersebut, kata Mohan akan memberikan peluang ekonomi yang baik bagi pelaku UMKM di Kota Mataram. Melihat peluang ini, Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq sudah dilengkapi bangunan-bangunan kecil yang siap diisi oleh para pedagang cendera mata dan kuliner.

Baca Juga: Ini Sederet PR Pemprov NTB di Sumbawa Sebelum MXGP Samota 

2. Wali Kota tekankan aspek kebersihan

Taman Hiburan Loang Baloq, Ikon Wisata Baru di Kota Mataram Pengunjung menunggu matahari tenggelam di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mohan menekankan agar pengelola Taman hiburan Rakyat Loang Baloq bisa menjaga lingkungan dengan maksimal, terutama dalam aspek kebersihan. Pengelola diminta tidak bosan mengingatkan para pengunjung.

"Saya percaya betul, masyarakat memiliki kesadaran terhadap kebersihan," ucap Mohan.

Merawat Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq menjadi keharusan. Karena Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq dibangun dengan jerih payah dan upaya maksimal Pemerintah Kota Mataram. Terlebih bangunan ini tidak hanya dinikmati dalam waktu yang singkat, melainkan dirawat dalam jangka waktu yang panjang.

3. Dilengkapi kios cinderamata dan kuliner

Taman Hiburan Loang Baloq, Ikon Wisata Baru di Kota Mataram Kios cendera mata yang dibangun di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi mengungkapkan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq dilengkapi 17 unit kios cendramata, 27 lapak kuliner dan tiga toilet umum. Selain itu juga satu unit menara pandang, satu panggung utama, plaza depan panggung, tempat parkir, dan tujuh unit gazebo.

“Sejauh ini gazebo menjadi tempat favorit wisatawan," ungkap Denny.

Deny menyebutkan pembangunan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq dikerjakan selama 130 hari kalender. Dengan anggaran Rp11 miliar setelah refocusing yang bersumber dari DAK Kemenparekraf tahun 2021.

Baca Juga: 79 Calon Buruh Migran Ilegal Asal NTB  Gagal Dikirim ke Luar Negeri

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya