Tak Perlu PCR/Antigen, Penonton MotoGP Diwajibkan Vaksin Dosis Kedua 

Kru dan pembalap positif COVID-19 disiapkan tempat karantina

Mataram, IDN Times - Perhelatan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika Kuta Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tinggal 9 hari lagi. Pemerintah mengeluarkan kebijakan terbaru kaitan dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Komandan Lapangan MotoGP 2022 Hadi Tjahjanto mengatakan penonton MotoGP Mandalika tidak perlu melakukan tes PCR atau swab antigen. Tetapi penonton MotoGP Mandalika hanya diwajibkan vaksinasi dosis pertama dan kedua yang dicek menggunakan aplikasi Pedulilindungi.

"Terkait protokol kesehatan, 9penonton di Sirkuit Mandalika hanya diwajibkan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Dengan kita check dengan aplikasi Pedulilindungi. Setelah itu bisa masuk ke sirkuit Mandalika," kata Hadi dikonfirmasi usai rapat evaluasi mingguan MotoGP di Kantor Gubernur NTB, Selasa (8/3/2022).

1. PPLN masuk lewat Jakarta

Tak Perlu PCR/Antigen, Penonton MotoGP Diwajibkan Vaksin Dosis Kedua Kru dan pembalap MotoGP saat tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Senin (7/2/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Hadi mengatakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang akan datang ke Mandalika, mereka akan masuk lewat Jakarta. Di Jakarta, PPLN langsung melaksanakan tes PCR. Setelah tes PCR dinyatakan negatif, mereka akan melaksanakan penerbangan lanjutan dengan menggunakan charter flight atau pesawat komersial menuju Lombok.

Setelah sampai di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid kemudian menuju Mandalika. Sesampainya di Mandalika, mereka akan melaksanakan kegiatan seperti biasa. Karena mereka sudah berubah status dari PPLN menjadi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN).

Baca Juga: Warga NTB Dapat Diskon 80 Persen Pembelian Tiket MotoGP 

2. Tes acak Covid-19 di 27 titik rawan

Tak Perlu PCR/Antigen, Penonton MotoGP Diwajibkan Vaksin Dosis Kedua Swab antigen kepada para pengunjung saat tes pramusim MotoGP Mandalika pada 12 Februari 2022 lalu. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Untuk melindungi penonton yang berada di Mandalika, akan dilaksanakan tes acak COVID-19 secara random kepada penonton di 27 titik rawan. Mulai dari lima pintu masuk menuju Mandalika, yaitu Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Bangsal, Bandara Internasional Lombok dan Pelabuhan Kayangan.

Selain itu, tes acak COVID-19 juga akan dilakukan di tempat-tempat kerumunan seperti tempat UMKM. Jika ada penonton MotoGP Mandalika yang berasal dari Pulau Lombok dinyatakan positif COVID-19 gejala ringan maka langsung melaksanakan isolasi mandiri di rumah.

3. Kru dan pembalap MotoGP disiapkan tempat karantina di Gunung Tunaq

Tak Perlu PCR/Antigen, Penonton MotoGP Diwajibkan Vaksin Dosis Kedua Perairan pantai TWA Gunung Tunak/Dok. Basarnas Mataram

Sedangkan bagi penonton MotoGP yang berasal dari luar Lombok, jika ada yang positif COVID-19 maka akan dikarantina di Lombok. Sementara itu, lanjut Hadi, bagi kru dan pembalap MotoGP yang dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes PCR, disiapkan tempat karantina di Gunung Tunaq dan hotel Kawasan Mandalika.

"Kemarin kita sudah cek ke sana termasuk juga di hotel. Kami sudah koordinasi dengan Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan)," tandasnya.

Baca Juga: Bangun Resort Terapung, Khabib Nurmagomedov Disiapkan Karpet Merah 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya