Sirkuit Tohpati Mataram Batal Jadi Venue MXGP Lombok 2023 

MXGP Lombok 2023 digelar di Eks Bandara Selaparang

Mataram, IDN Times - Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengonfirmasi bahwa kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) Lombok 2023 batal digelar di Sirkuit Tohpati, Kota Mataram. Namun, gelaran MXGP Lombok 2023 akan tetap digelar di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram.

"Hampir sudah dapat dipastikan MXGP Lombok dilaksanakan di Eks Bandara Selaparang. Karena tanah di Sirkuit Tohpati itu, tanah sawah. Kalau nanti hujan, itu gak bisa dipakai karena becek banget," kata Gubernur Zulkieflimansyah dikonfirmasi Senin (6/3/2023).

1. Sirkuit dipastikan rampung 2 bulan sebelum event

Sirkuit Tohpati Mataram Batal Jadi Venue MXGP Lombok 2023 Eks Bandara Selaparang Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gubernur mengatakan pembangunan Sirkuit MXGP di Eks Bandara Selaparang dipastikan rampung 2 bulan sebelum event. Kejuaraan dunia MXGP seri Lombok akan digelar pada 2 Juli 2023.

Bang Zul - sapaan akrab Gubernur NTB ini, menjelaskan pembangunan Sirkuit MXGP tidak serumit Sirkuit Mandalika yang digunakan untuk ajang balap World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

"Kalau pembangunan sirkuit MXGP gak begitu susah. Karena gak ada aspal-aspalnya. Tinggal pakai alat berat, bikin gundukan. Jadi 1,5 bulan atau 2 bulan sebelum acara sudah rampung," terangnya.

Baca Juga: Penonton WSBK Mandalika 2023 Menembus Angka 59 Ribu Orang 

2. Penyelenggara MXGP sudah tinjau lokasi

Sirkuit Tohpati Mataram Batal Jadi Venue MXGP Lombok 2023 Desain Sirkuit Tohpati Kota Mataram yang akan menjadi venue MXGP Lombok 2023. (facebook.com/Bang Zul Zulkieflimansyah)

Penyelenggara MXGP Infront Moto Racing telah turun meninjau Eks Bandara Selaparang dan Sirkuit Tohpati Mataram pada Kamis (16/2/2023) lalu. NTB menyiapkan dua lokasi yang ditawarkan kepada Infront.

Bang Zul mengatakan setelah meninjau lokasi, Infront lebih memilih Eks Bandara Selaparang Kota Mataram sebagai venue MXGP 2023 seri Lombok. Sedangkan MXGP 2023 seri Sumbawa tetap digelar di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa. MXGP 2023 seri Sumbawa digelar lebih dulu yaitu pada 25 Juni 2023.

3. Sirkuit MXGP Lombok tidak ekstrem seperti Samota

Sirkuit Tohpati Mataram Batal Jadi Venue MXGP Lombok 2023 Trek Sirkuit MXGP Samota di Kabupaten Sumbawa, NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra sempat mengatakan Sirkuit Tohpati Mataram akan menjadi venue MXGP Lombok 2023. Hasil peninjauan yang dilakukan, Tim Infront memberikan sejumlah catatan untuk Sirkuit Tohpati.

Sirkuit Tohpati harus diperlebar untuk mempermudah akses penonton. Saat ini, Sirkuit Tohpati sudah dibangun dengan panjang lintasan 1.200 meter. Sirkuit ini dibangun dengan standar nasional.

Komandan Lapangan MXGP Lombok ini menjelaskan sirkuit MXGP Lombok tidak ekstrem seperti Sirkuit Samota di Kabupaten Sumbawa. Karena memang untuk balapan MXGP seri Lombok tidak seberat di Sirkuit Samota yang sudah menjadi venue balapan pada musim 2022.

Baca Juga: Sempat Crash, Alvaro Bautista Juara Race 2 WSBK Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya