Penonton WSBK Mandalika 2023 Menembus Angka 59 Ribu Orang 

Gubernur NTB: penyekatan penonton jangan terlalu ketat

Lombok Tengah, IDN Times - Penonton balapan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) dilaporkan menembus angka 59 ribu orang, Minggu (5/3/2023). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan, jumlah penonton tersebut meningkat 15 persen dibandingkan tahun 2022 silam. 

"Jumlah penonton World Superbike Indonesia Round 2023 sebanyak 59 ribu penonton. Jadi ada kenaikan 15 persen dibanding 2022. Ini angka dari Dorna Official," sebutnya didampingi Direktur Utama MGPA Priandhi Satria dan Komandan Lapangan WSBK Mandalika Jamaluddin Maladi kepada media.

1. Jumlah penonton lebih tinggi dibandingkan 2022

Penonton WSBK Mandalika 2023 Menembus Angka 59 Ribu Orang Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Komandan Lapangan WSBK Mandalika Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sandi mengatakan, jumlah penonton WSBK Mandalika 2023 cukup membanggakan. Perolehan jumlah penonton ini membuktikan adanya pertumbuhan penikmat WSBK dibandingkan tahun sebelumnya. 

Seperti diketahui, penonton balapan WSBK Mandalika 2022 lalu tercatat sebanyak 51.629 penonton.

Menurutnya hal ini kerja keras semua pihak mulai dari pemerintah pusat, Pemprov NTB, pemda kabupaten/kota, ITDC, MGPA hingga volunteer. "Tidak mungkin pemerintah bisa bekerja sendiri. Semua bekerja sampai volunteer," ucapnya.

Baca Juga: 4 Pembalap Crash, Toprak Superpole Race 2 WSBK di Mandalika 

2. 75 persen penonton WSBK dapat informasi dari TV

Penonton WSBK Mandalika 2023 Menembus Angka 59 Ribu Orang Para penonton memadati Paddock Show untuk menyaksikan penyerahan tropi kepada juara race 2 WSBK Mandalika 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dalam evaluasinya, Sandi menyebutkan, mayoritas penonton WSBK Mandalika memperoleh informasi ajang ini dari siaran televisi. Jumlahnya mencapai 75 persen dari total kehadiran penonton di Sirkuit Mandalika. 

Sedangkan sisanya memperoleh informasi dari macam-macam, seperti media digital dan media sosial sebanyak 25 persen. Kurang dari 1 persen penonton yang datang menyaksikan WSBK Mandalika karena mendapatkan informasi dari pemasangan papan billboard.

"Oleh karena itu kami dengan Pemprov NTB dan MGPA melaunching 3 bulan lalu seluruh TV. Setelah itu ditambah dengan launching di Hard Rock Cafe Jakarta," jelas Sandi.

3. Gubernur minta penyekatan tidak terlalu ketat

Penonton WSBK Mandalika 2023 Menembus Angka 59 Ribu Orang Gubernur NTB Zulkieflimansyah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah pun mengamini antusias warga yang menonton ajang balapan WSBK di Sirkuit Mandalika. Di mana selama tiga hari berturut-turut total penonton mencapai 59 ribu orang. 

Ada peningkatan hampir mencapai 15 persen dibandingkan saat gelaran WSBK Mandalika 2022.

Menurut Gubernur, jumlah penonton WSBK Mandalika sebenarnya dapat ditingkatkan apabila penyekatan penonton tidak terlalu ketat. Meskipun di sisi lain, ia bisa memaklumi mengingat WSBK merupakan event internasional sehingga membutuhkan penanganan profesional. 

Baca Juga: Ribuan Guru dan Pelajar "Dikerahkan" Menonton Balapan WSBK Mandalika

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya