Sirkuit MXGP Samota Ditargetkan Rampung 15 Juni 2022

Infront Moto Racing akan turun inspeksi pembangunan sirkuit

Mataram, IDN Times - Pembangunan lintasan Sirkuit Motocross Grand Prix (MXGP) beserta fasilitas pendukungnya di Kawasan Samota Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditargetkan rampung pada 15 Juni mendatang. Penyelenggara kejuaraan dunia MXGP, Infront Moto Racing akan kembali turun ke Sumbawa pada pekan depan. Mereka akan melakukan inspeksi pembangunan lintasan Sirkuit MXGP Samota.

"Kita mulai pembangunan sirkuit mulai Selasa ini. InsyaAllah minggu depan Tim Infront akan datang melakukan inspeksi dan pengawalan serta memastikan paling lambat pembangunan sirkuit dan fasilitas pendukungnya itu selesai dua minggu sebelum tanggal 26 Juni. Jadi kira-kira paling lambat tanggal 15 Juni sirkuit sudah selesai dibangun," kata Komandan Lapangan Persiapan MXGP Samota Ridwan Syah dikonfirmasi di Mataram, Selasa (10/5/2022).

1. Visa pembalap dan kru MXGP mulai diurus

Sirkuit MXGP Samota Ditargetkan Rampung 15 Juni 2022twitter.com/KTM_Racing

Ridwan menuturkan Infront Moto Racing sekarang sedang mengurus visa para pembalap dan kru tim balap yang akan datang ke Samota Kabupaten Sumbawa. Mereka cukup antusias menggelar balap motocross di Sirkuit Samota.

Sehingga, Infront Moto Racing meminta tambahan kru yang akan datang ke Sumbawa. Semula, jumlah kru dan pembalap yang akan datang sebanyak 400 - 500 orang. Tetapi mereka meminta tambahan lebih dari jumlah tersebut.

"Begitu besar animo mereka datang ke Samota. Awalnya kru dan pembalap 400 - 500 orang. Mereka minta tambahan. Artinya mereka merasa sangat interest dan ingin tahu lebih banyak dengan sirkuit kita di Samota," ucap Kepala Dinas PUPR NTB ini.

Baca Juga: Efek MotoGP, Ekonomi NTB Triwulan I 2022 Tumbuh 7,76 Persen 

2. Masalah transportasi jadi PR besar

Sirkuit MXGP Samota Ditargetkan Rampung 15 Juni 2022Kunjungan Menteri Perhubungan Budi Gunadi ke Bandara Sultan Kaharudin III Sumbawa (Dok Diskominfotik NTB)

Ridwan mengungkapkan pihaknya punya waktu efektif selama sebulan ke depan untuk persiapan MXGP Samota. Dikatakan, masalah transportasi menjadi pekerjaan rumah (PR) paling besar pada saat gelaran MXGP Samota pada 24 - 26 Juni mendatang.

Namun, pihaknya bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah telah mendatangi beberapa maskapai penerbangan seperti AirAsia dan Garuda Indonesia Airlines. Selain itu, pihaknya juga telah mendatangi Kementerian Perhubungan di Jakarta.

"Kita juga sekarang merapikan soal ticketing dan lain-lain melalui EO termasuk side eventnya. Sudah dapat dipastikan group band Slank akan hadir pada hari terakhir," ucapnya.

3. Launching MXGP Samota di Jakarta dan kota-kota besar

Sirkuit MXGP Samota Ditargetkan Rampung 15 Juni 2022Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pada 17 Mei mendatang, kata Ridwan, gelaran MXGP Samota Sumbawa akan dilaunching di Jakarta Convention Centre. Panitia juga akan melakukan roadshow di beberapa kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Bali termasuk di Mataram.

Setelah dilaunching, tiket MXGP Samota baru bisa dijual. Namun, Ridwan belum menyebutkan harga tiketnya. Tetapi ia menastikan harga tiket MXGP Samota terjangkau dan lebih murah dari tiket MotoGP Mandalika.

"Sementara jumlah penonton 50.000 orang. Kita harap sampai 100.000 penonton. Kalau melihat kapasitas sirkuit mampu. Karena 80 - 90 persen penonton berdiri," tandasnya.

Baca Juga: Kebutuhan Listrik MXGP Samota Sumbawa Capai 1,38 MW 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya