Kebutuhan Listrik MXGP Samota Sumbawa Capai 1,38 MW 

PLN akan hadirkan layanan listrik andak dan berkualitas

Sumbawa, IDN Times - PT. PLN (Persero) telah melakukan survei lokasi untuk menentukan kebutuhan listrik saat perhelatan kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 24 - 26 Juni mendatang.

Survei tersebut dilakukan PLN pada April lalu. Dari hasil survei, total daya yang diperlukan untuk melistriki MXGP Samota sebesar 1,38 Mega Volt Ampere (MVA) atau 1,38 Mega Watt (MW).

1. Hadirkan layanan listrik andal dan berkualitas saat MXGP Samota

Kebutuhan Listrik MXGP Samota Sumbawa Capai 1,38 MW Lokasi perhelatan MXGP Samota (Dok. PLN NTB)

Setelah sukses menghadirkan layanan listrik yang andal dan berkualitas dalam gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika bulan Maret lalu, PLN kembali berfokus pada persiapan infrastruktur kelistrikan ajang balap motor cross internasional, MXGP of Indonesia Samota Sumbawa 2022.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sumbawa, Wiedhyarno Arief, Senin (9/5/2022) menjelaskan PLN berkomitmen untuk memberikan pelayanannya yang terbaik Agar event berskala internasional tersebut dapat berjalan aman dan lancar.

"Untuk tahapan awal, yakni survey lokasi untuk menentukan kebutuhan jaringan telah dilaksanakan di bulan April 2022 oleh tim PLN. Dari hasil survei, total daya yang diperlukan untuk melistriki MXGP Samota sebesar 1,38 MVA," ungkap Arief.

Baca Juga: Kisah Sukses Tiktoker Lombok, Dari Iseng-iseng Berbuah Cuan 

2. Total daya mampu sistem kelistrikan Sumbawa 128,85 MW

Kebutuhan Listrik MXGP Samota Sumbawa Capai 1,38 MW Gardu listrik PLN di Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Event berskala internasional ini direncanakan akan berlangsung di sirkuit Samota Adventure Land, Samota, Sumbawa, NTB. Untuk kondisi Sistem Kelistrikan Sumbawa sendiri saat ini masih dalam posisi normal.

Total daya mampu sebesar 128,85 MW dengan beban puncak 113,32 MW. Sehingga masih terdapat cadangan daya sebesar 15,53 MW yang dapat dioptimalkan, baik untuk gelaran MXGP ataupun kebutuhan pendukung yang lain.

3. Masterplan jaringan

Kebutuhan Listrik MXGP Samota Sumbawa Capai 1,38 MW Petugas PLN siaga menjaga keandalan jaringan listrik di wilayah Jateng. (dok. PLN)

Sebelumnya, General Manager PLN NTB Sudjarwo menjelaskan setelah diketahui kebutuhan dan jumlah titiknya, PLN akan bergerak untuk membuat masterplan jaringan dan juga akan menentukan kebutuhan materialnya. Kemudian akan mulai membangun jaringan dan insfrastruktur kelistrikan di lokasi MXGP Samota.

PLN telah sukses menghadirkan listrik tanpa kedip pada perhelatan internasional MotoGP Mandalika. Selanjutnya, PLN kembali bersiap untuk melistriki event internasional MXGP Samota. Hal ini, kata Sudjarwo menjawab permohonan dukungan ketersediaan pasokan listrik untuk gelaran MXGP Samota oleh Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah.

Sudjarwo menegaskan bahwa PLN siap mendukung semua event, baik nasional maupun internasional yang diselenggarakan di NTB. Baik event yang digelar di Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa. “Pada prinsipnya PLN siap mendukung MXGP. Infrastruktur kelistrikan dan juga Sumber Daya Manusia sudah kami siapkan untuk gelaran MXGP," katanya.

Baca Juga: Penerbangan Internasional Lombok - Kuala Lumpur Sepi Penumpang 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya