Siap-siap! Ada Pembukaan Rekrutmen CPNS 2023 

Pembukaan rekrutmen CPNS diperkirakan bulan Juli - Agustus

Mataram, IDN Times - Kabar gembira bagi para pencari kerja di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang ingin menjadi abdi negara. Pada tahun ini, pemerintah berencana akan membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB, Muhammad Nasir mengatakan Pemerintah Pusat akan memberikan kuota CPNS kepada Pemerintah Daerah (Pemda), tetapi jumlahnya terbatas. "Kuota CPNS akan ada diberikan, cuma formasinya terbatas," kata Nasir dikonfirmasi di Mataram, Kamis (5/1/2023).

1. Selesaikan rekrutmen PPPK terlebih dahulu

Siap-siap! Ada Pembukaan Rekrutmen CPNS 2023 Ilustrasi guru honorer mengikuti seleksi PPPK (IDN Times/Muhammad Nasir)

Nasir menjelaskan informasi mengenai pembukaan rekrutmen CPNS 2023 berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilakukan pada 30 November 2022. Dimana, selain ada rekrutmen PPPK, juga akan ada rekrutmen CPNS 2023.

Pemerintah akan menyelesaikan rekrutmen PPPK terlebih dahulu. Setelah itu, baru dibuka rekrutmen CPNS 2023. "Rencananya akan ada formasi CPNS selain PPPK. Cuma PPPK akan diselesaikan lebih awal, rekrutmen CPNS ada, tapi terbatas kuotanya pada 2023," terangnya.

Baca Juga: Pengemudi Mobil Ertiga Jadi Tersangka Tewasnya Mahasiswi Asal Lotim

2. Kemungkinan dapat ratusan formasi

Siap-siap! Ada Pembukaan Rekrutmen CPNS 2023 Kepala BKD Provinsi NTB, Muhammad Nasir (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dikatakan, rekrutmen CPNS 2023 kemungkinan akan dibuka pada bulan Juli atau Agustus mendatang. Formasi CPNS yang akan diusulkan sekitar 500 - 600 formasi. Tetapi, berkaca dari rekrutmen CPNS beberapa tahun lalu, biasanya kuota yang diperoleh sekitar 200 formasi.

Sebelum mengajukan usulan formasi CPNS 2023, BKD dan Biro Organisasi Setda NTB akan menggelar rapat dengan semua perangkat daerah. "Karena ndak bisa BKD mengusulkan sendiri. Ada analisis jabatan dan analisis beban kerja dari Biro Organisasi. Kita mengusulkan formasi harus ada tandatangan Kepala BKD dan Kepala Biro Organisasi," terangnya.

3. CPNS untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis

Siap-siap! Ada Pembukaan Rekrutmen CPNS 2023 Ilustrasi CPNS (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Nasir mengungkapkan, rekrutmen CPNS hanya untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Sedangkan tenaga guru dilakukan lewat rekrutmen PPPK. Rekrutmen CPNS dilakukan untuk mengisi PNS-PNS yang memasuki usia pensiun.

Terakhir, Pemprov NTB mendapatkan jatah rekrutmen CPNS pada 2021 sebanyak 422 formasi. Dengan jumlah peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) sebanyak 7.843 orang. Namun, saat pelaksanaan SKD, sebanyak 7.166 peserta yang hadir. Sedangkan 677 peserta tidak menghadiri tes SKD.

Dari 7.166 peserta SKD CPNS Pemprov NTB, sebanyak 3.840 orang memenuhi passing grade atau nilai ambang batas. Namun, dari 3.840 peserta SKD yang memenuhi passing grade, hanya 1.012 pelamar yang berhak ikut seleksi kompetensi bidang (SKB). Berdasarkan hasil integrasi nilai SKD dan SKB, sebanyak 385 pelamar yang dinyatakan lulus menjadi CPNS Pemprov NTB tahun 2021.

Baca Juga: Gubernur NTB Mutasi Pejabat, Kadiskominfotik dan Kadispar Diganti 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya