Serunya Belajar Menulis di PERSAMI NTB, Diikuti Mahasiswa dan Pelajar 

PERSAMI NTB digelar 20 - 21 Mei 2023 di Poltekpar Lombok

Lombok Tengah, IDN Times - IDN Times menggelar 'Pelatihan Menulis Bersama IDN Times Community (PERSAMI)' di NTB selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 20 - 21 Mei 2023. Kegiatan PERSAMI NTB 2023 bekerja sama dengan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok, Praya, Lombok Tengah.

Kegiatan yang digelar di Aula Rektorat Poltekpar Lombok pada hari pertama, Sabtu (20/5/2023) berjalan seru. Puluhan mahasiswa Poltekpar Lombok dan pelajar SMA/SMK di Lombok Tengah mengikuti kegiatan pelatihan menulis tersebut. Mereka bertemu langsung Community Editor IDN Times Gagah Nurjanuar Putra dan Kidung Swara Mardika serta Editor IDN Times NTB Linggauni.

1. Poltekpar Lombok berikan apresiasi

Serunya Belajar Menulis di PERSAMI NTB, Diikuti Mahasiswa dan Pelajar Pembantu Direktur II Poltekpar Lombok Ramdah Rajab saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan PERSAMI NTB, Sabtu (20/5/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pembantu Direktur II Bidang Administrasi Umum Poltekpar Lombok Ramdah Rajab memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan PERSAMI NTB di Kampus Poltekpar Lombok. Diharapkan kegiatan ini bermanfaat nantinya bagi mahasiswa dan pelajar yang ikut pelatihan menulis.

"Sesuai dengan tajuk rencana kegiatan kita hari ini, bahwa ada pelatihan menulis. Menulis adalah satu salah satu dari 4 kemampuan berbahasa yang wajib dimiliki oleh pendidik. Dimana kemampuan berbahasa pertama yang dimiliki manusia adalah mendengar. Kemudian berbicara, membaca dan menulis. Jadi bisa dikatakan menulis adalah kemampuan berbahasa paling tinggi yang dimiliki oleh manusia," kata Ramdah.

Baca Juga: Perbaiki Jalan Rusak Parah, Pemda NTB Usulkan Anggaran Rp1,5 Triliun 

2. Ajak peserta berpartisipasi secara aktif

Serunya Belajar Menulis di PERSAMI NTB, Diikuti Mahasiswa dan Pelajar Puluhan peserta mengikuti pelatihan menulis yang digelar IDN Times Community di PERSAMI NTB 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ramdah mengajak seluruh peserta berpartisipasi secara aktif selama berlangsungnya pelatihan menulis yang digelar selama dua hari tersebut. Dalam pelatihan menulis itu, ada sesi diskusi kelompok dan juga latihan menulis kolaboratif. Sehingga ininakan membantu para peserta membangun jaringan penulis yang saling mendukung.

"Kesuksesan tidak mutlak ditentukan oleh intelektualitas. Tetapi orang sukses hari ini lebih banyak ditentukan oleh seberapa besar dan kuat jaringan yang dimilikinya. Karena itu saya harapkan semua bersama-sama memperluas jaringan," harapnya.

3. Menulis sambil jalan-jalan

Serunya Belajar Menulis di PERSAMI NTB, Diikuti Mahasiswa dan Pelajar Suasana diskusi saat Persami di Poltekpar Lombok (IDN Times/Linggauni)

Pada hari pertama PERSAMI NTB, dua orang Community Editor IDN Times Gagah Nurjanuar Putra dan Kidung Swara Mardika serta Editor IDN Times NTB Linggauni memberikan materi pelatihan menulis artikel yang menarik kepada para peserta. Materi yang disampaikan antara lain mengenai creative writing dan tips fotografi.

Kemudian, materi pelatihan terkait teknik reportase. Selanjutnya brainstorming dan membuat outline artikel. Para pemateri juga melakukan review artikel atau outline yang sudah dibuat para peserta.

Pada hari kedua, Minggu (21/5/23), para peserta akan diajak mengunjungi destinasi wisata, di antaranya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta, Lombok Tengah. Dari kegiatan itu, para peserta nantinya akan membuat tulisan tentang destinasi wisata yang dikunjungi.

Baca Juga: Pemprov NTB Belum Pikirkan Bonus Atlet Peraih Medali SEA Games Kamboja

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya