Perbaiki Jalan Rusak Parah, Pemda NTB Usulkan Anggaran Rp1,5 Triliun 

Empat ruas jalan diperbaiki dengan anggaran Rp428 miliar

Mataram, IDN Times - Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan 10 Bupati/Walikota mengusulkan anggaran ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk perbaikan jalan yang rusak parah sekitar Rp1,5 triliun.

Pada pekan lalu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah memboyong 10 Bupati/Walikota bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk menyampaikan usulan penanganan infrastruktur jalan dan sumber daya air (SDA).

Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah menjelaskan Kementerian PUPR membuka pintu bagi Pemda untuk penanganan jalan yang rusak parah melalui Inpres Jalan Daerah. Pemprov NTB sudah mengusulkan ruas-ruas jalan rusak parah yang belum ditangani. Begitu juga Pemda kabupaten/kota.

"Total usulan kita dari provinsi hampir Rp500 miliar, usulan dari kabupaten /kota rata-rata Rp100 miliar. Sehingga totalnya sekitar Rp1,5 triliun," sebut Ridwan di Mataram, Jumat (19/5/2023).

1. Inpres Jalan Daerah bakal turun selama dua tahun

Perbaiki Jalan Rusak Parah, Pemda NTB Usulkan Anggaran Rp1,5 Triliun Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah. (dok. Dinas PUPR NTB)

Ridwan menjelaskan usulan Pemda NTB direspons oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Kementerian PUPR akan menangani perbaikan jalan daerah yang rusak parah dengan beberapa syarat. Antara lain, semua ruas jalan yang diusulkan jenis kriterianya yaitu sudah ada desainnya, dokumen lingkungan dan tidak ada masalah terkait pembebasan lahan.

"Dari semua persyaratan itu hampir semua sudah kita penuhi di jalan provinsi. Inpres Jalan Daerah akan turun dua tahun yaitu 2023 dan 2024," terangnya.

Baca Juga: Jalan Rusak Parah, Gubernur NTB dan Bupati/Walikota Temui Menteri PUPR

2. Empat ruas jalan prioritas ditangani dengan anggaran Rp428 miliar

Perbaiki Jalan Rusak Parah, Pemda NTB Usulkan Anggaran Rp1,5 Triliun Ruas jalan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat yang bergelombang dan berlubang. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pada tahun 2023 ini, kata Ridwan, penanganan jalannrusak parahbmelalui Inpres Jalan Daerah di NTB diprioritaskan untuk empat ruas jalan dengan anggaran sebesar Rp428 miliar. Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTB akan mulai melakukan proses lelang pada bulan Mei ini.

"Kita prioritas pada beberapa ruas jalan dan itu sudah disetujui oleh pak menteri sebesar Rp428 miliar yang akan dilelang BPJN NTB bulan Mei ini. Jalan provinsi dan jalan kabupaten," sebutnya.

3. Empat ruas jalan yang prioritas ditangani 2023

Perbaiki Jalan Rusak Parah, Pemda NTB Usulkan Anggaran Rp1,5 Triliun Ruas jalan menuju Pelabuhan Gili Mas yang sempit. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Adapun empat ruas jalan rusak parah yang ditangani lewat Inpres Jalan Daerah di NTB pada 2023, antara lain ruas jalan Lembar - Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat sepanjang 7,5 km dengan anggaran sebesar Rp91 miliar.

Kemudian, ruas jalan Wilamaci - Karumbu dan ruas Karumbu - Sape di Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima yang rusak parah dengan anggaran sebesar Rp92 miliar.

Selanjutnya, ruas jalan di daerah Samota Kabupaten Sumbawa dengan anggaran sebesar Rp176 miliar. Sehingga, kata Ridwan, total anggaran penanganan jalan rusak parah yang akan turun pada bulan Mei ini hampir Rp500 miliar.

"Ruas jalan yang lain berikutnya, kita akan kawal karena ada tahap kedua bulan Juli atau Agustus. Sisanya kita usulkan 2024. Batas akhir penyelesaian jalan ini tidak boleh lewat bulan September 2024," terangnya.

Baca Juga: Akses Jalan Pintu Masuk NTB di Pelabuhan Gili Mas Lombok Rusak Parah 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya