Rute Penerbangan Lombok - Perth via Bali Dibuka Sebelum MotoGP 2023

Maskapai sedang urus perizinan di Australia

Mataram, IDN Times - Rute penerbangan internasional Lombok - Perth, Australia rencananya akan dibuka oleh maskapai nasional Lion Air Group sebelum perhelatan MotoGP Mandalika 2023. Namun, penerbangan dari Lombok tidak langsung ke negeri Kangguru, tetapi via Bali.

Rute itu rencananya akan dilayani maskapai Batik Air yang merupakan bagian dari Lion Air Group. Saat ini, maskapai sedang mengurus perizinan pembukaan rute tersebut di Australia.

1. Uji coba rute Lombok - Bali - Perth

Rute Penerbangan Lombok - Perth via Bali Dibuka Sebelum MotoGP 2023Kepala Dispar NTB Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi mengatakan sebelum perhelatan MotoGP Mandalika 2023, akan dilakukan uji coba penerbangan internasional rute Lombok - Bali - Perth dan sebaliknya. Jika nanti dalam perjalanannya penumpang dari Australia banyak yang turun di Lombok, maka Batik Air akan membuka rute Lombok - Perth.

"Ini diusahakan sebelum MotoGP 2023, sekarang lagi diurus perizinannya di Australia," kata Jamaluddin dikonfirmasi IDN Times, Rabu (23/8/2023).

Menurut Jamaluddin, hal tersebut berdasarkan pertemuan dengan manajemen Lion Air Group dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Dalam pertemuan itu juga disebutkan bahwa maskapai yang akan melayani rencananya Batik Air.

Baca Juga: Buka Rute Lombok - Kuala Lumpur, Super Air Jet Angkut 141 Penumpang

2. Rute Lombok - Kuala Lumpur dapat dimanfaatkan jemaah umroh

Rute Penerbangan Lombok - Perth via Bali Dibuka Sebelum MotoGP 2023Kru maskapai Super Air Jet. (superairjet.com)

Jamaluddin menambahkan mulai Rabu (23/8/2023), penerbangan langsung Lombok - Kuala Lumpur dilayani maskapai Super Air Jet yang merupakan bagian dari Lion Air Group. Super Air Jet nomor penerbangan IU160 berangkat dari Lombok pukul 06.15 WITA dan tiba di Kuala Lumpur pukul 09.25 waktu setempat.

Sedangkan Super Air Jet nomor penerbangan IU161 akan berangkat dari Kuala Lumpur pukul 16.50 waktu setempat dan tiba di Lombok pukul 20.00 WITA. Jamaluddin menjelaskan jemaah umroh dari NTB dapat memanfaatkan rute penerbangan tersebut.

"Ada rencana beberapa minggu ke depan dicoba, Lombok - Kuala Lumpur - Arab Saudi. Sebelum ke Arab Saudi, jemaah umroh sekitar 3 - 4 jam akan transit di Kuala Lumpur sebelum terbang ke Jeddah," tutur Jamaluddin.

3. Wisatawan Malaysia suka berwisata ke Lombok

Rute Penerbangan Lombok - Perth via Bali Dibuka Sebelum MotoGP 2023Bukit Pantai Seger Mandalika Lombok Tengah ramai dikunjungi wisatawan sambil berswafoto dengan latar belakang Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Menurut Jamaluddin, wisatawan Malaysia sangat suka liburan ke Lombok. Dengan adanya pembukaan rute Lombok - Kuala Lumpur yang dilayani maskapai Super Air Jet, diyakini akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke Lombok.

"Data kami, wisatawan mancanegara yang mengunakan transportasi udara paling banyak dari Malaysia. Mereka suka berlibur ke Sembalun, Gunung Rinjani, Mandalika dan gili-gili yang ada di Lombok. Tapi kebanyakan mereka trekking ke Gunung Rinjani," ungkapnya.

Dengan tambahan penerbangan tersebut, saat ini ada tiga maskapai yang melayani rute internasional dari Lombok. Yaitu AirAsia (Lombok-Kuala Lumpur), Scoot (Lombok-Singapura), dan Super Air Jet (Lombok-Kuala Lumpur). Pada penerbangan perdana rute Lombok - Kuala Lumpur, Super Air Jet mengangkut sebanyak 141 penumpang.

Baca Juga: Pertama di NTB, Anak 2,5 Tahun Dipasangi Alat Pacu Jantung Permanen 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya