Porprov NTB 2023, Sprinter Indonesia Zohri Tak Ikut Bela Lombok Utara 

Porprov XI NTB diikuti 4.910 atlet dan ofisial

Mataram, IDN Times - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi NTB, Mori Hanafi memastikan sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri tidak ikut membela Kabupaten Lombok Utara pada Porprov XI. Karena sprinter Indonesia asal Lombok Utara itu sedang ikut training center (TC) Sea Games.

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan digelar 18 - 26 Februari 2023. Sebanyak 4.910 atlet dan ofisial dari 10 kabupaten/kota di provinsi NTB ikut ajang olahraga multievent empat tahunan tersebut.

"Zohri tidak ikut dia. Karena persiapan Zohri untuk kejuaraan internasional lain khususnya TC Sea Games. Tapi ada juga atlet nasional kita yang ikut tapi sebagian yang Pelatnas tidak ikut," kata Mori dikonfirmasi usai rapat persiapan Porprov XI di Gedung Sangkareang, Kantor Gubernur NTB, Senin (9/1/2023).

Lalu Muhammad Zohri adalah seorang pelari 100 meter Indonesia yang berhasil meraih medali emas dan menjadi juara dunia pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior 2018 yang berlangsung di Tampere, Finlandia. Dengan catatan waktu 10,18 detik. Zohri mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison.

1. Diikuti 4.910 atlet dan ofisial

Porprov NTB 2023, Sprinter Indonesia Zohri Tak Ikut Bela Lombok Utara Ketua KONI NTB Mori Hanafi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mori menyebutkan Porprov XI Tahun 2023 diikuti sebanyak 4.910 atlet dan ofisial dari 10 kabupaten/kota. Yaitu, Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima dan Kota Bima.

Dikatakan, jumlah atlet dan ofisial yang ikut meningkat dibandingkan Porprov Tahun 2018. Pada saat itu, jumlah atlet dan ofisial yang ikut sebanyak 3.600-an orang. Ada tambahan sekitar 1.300-an atlet dan ofisial pada Porprov XI Tahun 2023.

"Dan ini masih akan bertambah, bidang keabsahan finalnya sampai malam hari ini," terangnya.

Baca Juga: Tragis! Bocah Tujuh Tahun Tewas saat Berenang di Kolam

2. Persiapan sudah 70 persen

Porprov NTB 2023, Sprinter Indonesia Zohri Tak Ikut Bela Lombok Utara GOr 17 Desember, Turida, Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Saat ini, persiapan Porprov XI NTB sudah mencapai 70 persen. pemetaan venue dan cabor yang dipertandingkan dan diperlombakan sudah selesai. Kemudian pemetaan akomodasi atlet dan ofisial dari kebutuhan kamar 2.720 kamar, saat ini sudah tersedia 2.600 kamar.

Begitu juga catering untuk atlet dan ofisial sudah siap. Dengan progres persiapan yang sudah mencapai 70 persen, Mori optimis akan sempurna pada 18 Februari mendatang. Dari sisi anggaran, Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB ini menyebutkan Pemprov NTB mengalokasikan sebesar Rp8 miliar.

Dibandingkan Porprov Tahun 2018, anggarannya memang jauh lebih kecil. Pada Porprov Tahun 2018, Pemprov NTB mengalokasikan anggaran sebesar Rp10,5 miliar. "Anggaran memang jauh dari mencukupi. Tetapi kita cari jalan, cari solusi. Insyaallah bisa kita tutupi dari sponsor, ada kita jual air minum juga," ungkap Mori.

3. Targetkan gelaran Porprov serasa PON

Porprov NTB 2023, Sprinter Indonesia Zohri Tak Ikut Bela Lombok Utara Sekda NTB, H. Lalu Gita Ariadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Untuk Porprov XI Tahun 2023 ini, kata Mori, pihaknya menargetkan gelarannya serasa Pekan Olahraga Nasional (PON). Pasalnya, pada 2028 mendatang, NTB dan NTT menjadi tuan rumah PON.

"Kita sudah targetkan Porprov ini rasa PON. Kita targetkan standar nasional. Karena kita menuju PON 2028. Kita minta masyarakat membantu bagaimana atmosfer di seluruh kabupaten/kota," harap Mori.

Sementara itu, Sekda NTB, Lalu Gita Ariadi menyatakan siap ikut terlibat dalam mengawal perjalanan persiapan gelaran olahraga multievent ini. Gita mengataka. siap melakukan road show untuk menggaungkan Porprov XI NTB ke setiap kabupaten/kota.

Menurutnya, gelaran Porprov ini merupakan langkah awal menuju PON 2024 dan persiapan menjadi tuan rumah PON 2028. Ia optimis gelaran multi event ini akan terlaksana dengan baik. .

Baca Juga: Rekrutmen CASN Sepi Peminat, NTB Terancam Krisis Dokter Spesialis  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya