Polisi Tangkap 4 Calo Asal NTB yang Berangkatkan Calon TKI Ilegal

Calon TKI korban selamat mulai dipulangkan ke Lombok

Mataram, IDN Times - Aparat kepolisian menangkap 4 tersangka dalam kasus tenggelamnya kapal pengangkut calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTB di Perairan Pulau Putri Nongsa Batam pada 16 Juni lalu. Keempatnya merupakan calo asal NTB.

Sementara itu, 8 calon TKI asal Lombok Barat dan Lombok Timur korban selamat kapal tenggelam di Batam sudah dipulangkan ke Lombok pada Rabu (13/7/2022). 8 calon TKI yang dipulangkan sebanyak 2 orang dari Lombok Barat dan 6 orang dari Lombok Timur.

"Dilaporkan juga bahwa atas koordinasi BP2MI Kepri dengan Polresta Barelang Batam serta BP2MI NTB bersama Polda NTB telah diamankan 4 tersangka asal NTB dan kasus sedang dalam tahap penyidikan," ungkap Kepala UPT BP2MI NTB Abri Danar Prabawa di Mataram, Rabu (13/7/2022).

1. Sebanyak 17 calon TKI korban kapal tenggelam dipulangkan 15 Juli

Polisi Tangkap 4 Calo Asal NTB yang Berangkatkan Calon TKI IlegalTKI NTB korban kapal tenggelam yang selamat. (Dok. Istimewa)

Sementara itu, kata Abri, sebanyak 17 calon TKI korban kapal tenggelam yang selamat asal Lombok Tengah direncanakan pemulangannya tanggal 15 Juli 2022. Mereka dijemput langsung oleh Pemda Kabupaten Lombok Tengah melalui 2 orang petugas Disnaker Lombok Tengah ke Batam didampingi petugas BP2MI NTB.

"Seluruh biaya tiket pemulangan dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten daerah asal atas koordinasi BP2MI Kepri dan BP2MI NTB dengan pihak Pemkab terkait," terangnya.

Baca Juga: 8 Calon TKI Korban Kapal Tenggelam Asal Lombok Dipulangkan dari Batam

2. Identitas 8 calon TKI yang dipulangkan

Polisi Tangkap 4 Calo Asal NTB yang Berangkatkan Calon TKI IlegalTKI asal NTB yang menjadi korban kapal tenggelam di perairan Pulau Putri Nongsa Batam. (Dok. Istimewa)

Berdasarkan informasi dari Direktorat Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI, dan UPT BP2MI Provinsi Kepulauan Riau. Bahwa pada Rabu, 13 Juli 2022 telah terjadwal pemulangan 8 CPMI korban kecelakaan kapal dan hasil pencegahan di Batam Kepri. Mereka yang dipulangkan sebanyak 2 orang dari Lobar yaitu Herman asal Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong.

Kemudian 6 orang dari Lotim yaitu Suardi asal Desa Rarang, Kecamatan Terara, Ahmad Yani asal Desa Wakang, Kecamatan Jerowaru, Danil asal Desa Rarang, Kecamatan Terara, Muhammad Jefri asal Desa Pandak Guar, Kecamatan Sambelia, Masrin asal Desa Rarang, Kecamatan Terara dan Sahman asal Desa Rarang, Kecamatan Terara.

Kepulangan 8 CPMI dari Bandara Internasional Hang Nadim, Batam ke Bandara Internasional, Lombok di Biayai oleh Pemda Kabupaten Lombok Barat dan Pemda Kabupaten Lombok Timur. Selanjutnya para CPMI tersebut dipulangkan pada Rabu, 13 Juli 2022 menggunakan penerbangan Citilink QG640 rute Batam – Jakarta – Lombok. Mereka diperkirakan tiba di kedatangan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok pukul 14.10 Wita.

3. Dijemput Pemda untuk dilakukan pembinaan

Polisi Tangkap 4 Calo Asal NTB yang Berangkatkan Calon TKI IlegalIlustrasi TKI yang akan berangkat ke luar Indonesia di masa pandemik (Dok. IDN Times)

Abri mengatakan 8 CPMI asal Lobar dan Loteng itu diminta dijemput oleh Pemda setempat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok. Selanjutnya mereka dilakukan pembinaan serta memfasilitasi pemulangan PMI terkendala tersebut ke daerah asal.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 23 CPMI asal Lombok berhasil diselamatkan dalam insiden kapal tenggelam di Perairan Pulau Putri Nongsa Batam Kepulauan Riau. Mereka berhasil diselamatkan TNI AL dan dievakuasi ke selter UPT BP2MI Batam. Namun dari 23 orang tersebut ada 4 orang yang berhasil kabur dari jendela lantai tiga selter UPT BP2MI Batam.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Pusuk Sembalun, 3 Korban Meninggal di Tempat

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya