PLN Siapkan Listrik Tanpa Kedip Jelang WSBK Mandalika 2022 

Pasokan listrik sistem Lombok surplus 43 MW

Mataram, IDN Times - Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali menyiapkan pasokan listrik tanpa kedip atau zero down time menjelang perhelatan kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) Mandalika 2022. PLN kembali menghadirkan skema zero down time, yaitu sistem suplai listrik berlapis untuk layanan kelistrikan yang andal, bermutu dan berkualitas.

Perhelatan ajang balap motor internasional WSBK 2022 akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 11 - 13 November 2022. Skema zero down time kembali dipersiapkan oleh PLN sebagai penyuplai sistem kelistrikan untuk menghadirkan layanan yang andal dan berkualitas selama gelaran WSBK berlangsung.

1. Siapkan 384 petugas dan 17 UPS

PLN Siapkan Listrik Tanpa Kedip Jelang WSBK Mandalika 2022 Petugas PLN siaga menjaga keandalan jaringan listrik (dok. PLN)

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo di Mataram, Selasa (18/10/2022) menjelaskan persiapan dilakukan menyeluruh untuk memastikan keandalan sistem. Mulai dari sisi pembangkitan, transmisi 150 kV hingga jaringan distribusi 20 kV.

Pada gelaran WSBK Mandalika 2022, PLN kembali menyiapkan 384 petugas yang akan siaga di 16 titik lokasi. Kemudian tiga belas unit trafo mobile, 15 unit mobile gen set, dan 17 Uninterruptible Power Supply (UPS) juga akan disiagakan.

2. Total daya sistem kelistrikan Lombok 323 MW

PLN Siapkan Listrik Tanpa Kedip Jelang WSBK Mandalika 2022 Ilustrasi Pembangunan PLTU (IDN Times/Dokumen)

Sudjarwo menjelaskan kesiapan dAri sisi pembangkitan. Bahwa kondisi sistem kelistrikan Lombok saat ini memiliki daya mampu sebesar 323 MW.

"Dengan beban puncak 280 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 43 MW yang dapat dioptimalkan," ungkapnya.

3. Sukses hadirkan listrik tanpa kedip saat MotoGP Mandalika

PLN Siapkan Listrik Tanpa Kedip Jelang WSBK Mandalika 2022 Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder memacu kecepatan sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Pada gelaran MotoGP Mandalika pada bulan Maret lalu, PLN juga sukses menghadirkan listrik tanpa kedip. PLN mengalirkan listrik dari sumber dua Gardu Induk (GI), yaitu GI Kuta dan GI Sengkol dengan pasokan daya sebesar 5,19 Mega Volt Ampere (MVA).

Aliran ini khususnya untuk memenuhi kebutuhan listrik di area sirkuit, mulai dari paddock hingga medical center. Selain itu, PLN juga menyiapkan 20 UPS dengan daya total sebesar 2,52 MVA yang didatangkan dari Bima, Sumbawa, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, hingga Papua.

Baca Juga: Band Kotak dan Armada akan Hibur Penonton WSBK Mandalika 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya