Pj Bupati Lotim dan Wali Kota Bima Ditetapkan Pekan Ini

Dilantik oleh Pj Gubernur NTB di Mataram

Mataram, IDN Times - Setelah Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, kini giliran dua kepala daerah akan berakhir masa jabatannya pada 26 September 2023 mendatang. Dua kepala daerah yang berakhir masa jabatannya pada 26 September 2023 adalah Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy dan Wali Kota Bima Muhammad Lutfi.

Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB Lalu Hamdi menjelaskan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menetapkan nama Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim) dan Pj Wali Kota Bima pada pekan ini.

"Minggu-minggu ini dilaksanakan sidang Tim Penilai Akhir (TPA). Untuk Pj Bupati Lotim dan Pj Wali Kota Bima, kita nanti langsung menjemput SK-nya," kata Hamdi dikonfirmasi, Rabu (20/9/2023).

1. Pelantikan di Mataram oleh Pj Gubernur NTB

Pj Bupati Lotim dan Wali Kota Bima Ditetapkan Pekan IniPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Hamdi menjelaskan untuk pelantikan Pj Bupati Lotim dan Pj Wali Kota Bima merupakan gawe Pemprov NTB, sedangkan pelantikan Pj Gubernur NTB adalah gawe Kemendagri. Sehingga untuk pelantikan Pj Gubernur NTB dilaksanakan di Kantor Kemendagri pada 19 September 2023, kemarin.

Sementara untuk pelantikan Pj Bupati Lotim dan Pj Wali Kota Bima akan dilaksanakan di Kota Mataram, NTB. Hamdi menambahkan pelantikan Pj Bupati Lotim dan Pj Wali Kota Bima dilakukan oleh Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi pada 26 September mendatang.

Baca Juga: [WANSUS] Pj Gubernur Langsung Ganti Tagline NTB, Segera Rombak Pejabat

2. Daftar nama calon Pj Bupati Lotim dan Wali Kota Bima usulan Gubernur NTB dan DPRD

Pj Bupati Lotim dan Wali Kota Bima Ditetapkan Pekan IniMendagri Muhammad Tito Karnavian melantik 5 Penjabat kepala daerah dan 1 wakil bupati di Papua di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Jumat (27/5/2022). (Dok. Kemendagri).

Pada 7 Agustus 2023 lalu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah Gubernur Zulkieflimansyah telah mengajukan masing-masing tiga nama calon Pj Bupati Lotim dan Pj Walikota Bima ke Mendagri berdasarkan surat No.120/424/Pem dan OTDA/2023.

Surat usulan tersebut menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.1.3/3735/SJ, tanggal 21 Juli 2023 perihal usulan nama Calon Penjabat Bupati/Wali Kota. Bahwa masa jabatan Bupati/Wakil Bupati Lombok Timur dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Bima akan berakhir pada bulan September 2023.

Tiga nama calon Pj Bupati Lotim yang diusulkan Gubernur NTB Zulkieflimansyah, antara lain:
1. Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB Ahsanul Khalik.
2. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) NTB Iswandi.
3. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB Fathul Gani.

Sedangkan, DPRD Lotim mengajukan tiga nama calon Pj Bupati Lotim ke Mendagri, yaitu:
1. Sekretaris Daerah Kabupaten Lotim Muhammad Juaini Taofik
2. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB Fathul Gani
3. Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB Ahsanul Khalik

Sementara tiga nama calon Pj Wali Kota Bima usulan Gubernur NTB, antara lain:
1. Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti
2. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB Muslim
3. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB Mohammad Rum.

Sedangkan tiga nama calon Pj Wali Kota Bima yang diusulkan DPRD Kota Bima, yaitu:
1. Pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Edy Suharmanto
2. Kepala Dinas PUPR NTB Mohammad Rum
3. Sekda Kota Bima Muhtar Landa

3. Nama Sekda Lotim dan Kepala Dinas PUPR NTB menguat jadi Pj Kepala Daerah

Pj Bupati Lotim dan Wali Kota Bima Ditetapkan Pekan IniKepala Biro Pemerintahan Setda NTB Lalu Hamdi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Terkait informasi yang beredar bahwa nama Sekda Lotim Muhammad Juaini Taofik dan Kepala Dinas PUPR NTB Mohammad Rum yang menguat namanya menjadi Pj Bupati Lotim dan Pj Wali Kota Bima, Hamdi mengatakan pihaknya belum mengetahui. Karena nama-nama calon Pj Bupati Lotim dan Wali Kota Bima yang diajukan Gubernur dan DPRD kabupaten/kota digodok lagi di Kemendagri.

"Kita tunggu saja hasil sidang TPA. Setelah ditetapkan, kita langsung yang mengambil SK-nya ke Kemendagri," ucap Hamdi.

Kemendagri akan melakukan sidang TPA untuk menentukan Pj Bupati/Wali Kota dan Gubernur pada pekan ini. Jumlah Bupati/Wali Kota yang berakhir masa jabatannya pada 24, 26, 29 September dan 1 Oktober 2023 sebanyak 47 orang serta dua orang gubernur. Dari puluhan kepala daerah itu, ada dua di NTB yaitu Lombok Timur dan Wali Kota Bima.

Baca Juga: Lalu Gita Ariadi Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya