[WANSUS] Pj Gubernur Langsung Ganti Tagline NTB, Segera Rombak Pejabat

Tagline NTB Gemilang tak dipakai lagi, kini NTB Maju Melaju

Mataram, IDN Times - Masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Zulkieflimansyah - Sitti Rohmi Djalilah resmi berakhir pada Selasa (19/9/2023). Hal ini ditandai dengan keluarnya Keputusan Presiden (Keppres) No. 73/P Tahun 2023. Selanjutnya, untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menetapkan Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Lalu Gita Ariadi sebagai Penjabat (Pj) Gubernur NTB.

Penunjukan Lalu Gita berdasarkan Keppres No. 74/ Tahun 2023. Pelantikan Gita Ariadi sebagai Pj Gubernur NTB dilakukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Selasa (19/9/2023) pagi.

Dalam wawancara khusus usai pelantikan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri di Jakarta, Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi mengaku akan membuat sejumlah gebrakan. Mulai dari penyehatan fiskal daerah, mengganti tagline NTB Gemilang menjadi NTB Maju Melaju hingga merencanakan perombakan pejabat dalam waktu dekat.

Berikut wawancara khusus IDN Times bersama Pj Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi.

1. Apakah tagline NTB Gemilang akan diganti?

[WANSUS] Pj Gubernur Langsung Ganti Tagline NTB, Segera Rombak PejabatPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Saya akan pakai taglinenya NTB Maju Melaju. Jadi bukan berarti berhentinya NTB Gemilang ini, kemudian stagnan tapi kita tetap maju. Jadi NTB juga harus maju. Bukan berarti akan setop tapi harus tetap ada gerakan pembangunan menuju NTB yang maju dan melaju yang lebih akseleratif lagi.

2. Apakah ada perombakan pejabat untuk mewujudkan NTB Maju Melaju?

[WANSUS] Pj Gubernur Langsung Ganti Tagline NTB, Segera Rombak PejabatIlustrasi mutasi pejabat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Itu (perombakan pejabat) nanti tergantung kebutuhan. Karena kita ingin NTB Maju Melaju, spiritnya akseleratif, berarti kita menyesuaikan formasi (perombakan pejabat).

Mana gas yang kendor, mana rem yang kurang kita cek lagi. Karena misi, situasinya seperti ini maka siapa the man behind the gun. OPD siapa (dirombak), nanti kita lihat sesuai dengan kebutuhan.

3. Apa yang akan dilakukan dalam seminggu kedepan setelah dilantik menjadi Pj Gubernur NTB?

[WANSUS] Pj Gubernur Langsung Ganti Tagline NTB, Segera Rombak PejabatSerah terima jabatan dari Gubernur NTB periode 2018 - 2023 Zulkieflimansyah ke Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Tadi kan boleh mutasi (pejabat) tapi kami harus konsultasi dengan Kemendagri. Minimal seminggu ini harus ada partner saya yang menjadi pengendali internal. Harus ada Penjabat Sekda, untuk berjalan seiring maka harus ada penyesuaian formasi (pejabat).

Baca Juga: Kapolda NTB Keluarkan Maklumat, Tindak Pihak yang Ganggu MotoGP 2023

4. Apakah Pj Gubernur NTB akan melanjutkan program pejabat sebelumnya?

[WANSUS] Pj Gubernur Langsung Ganti Tagline NTB, Segera Rombak PejabatSerah terima jabatan dari gubernur sebelumnya ke pj gubernur (IDN Times/Muhammad Nasir)

Saya kan bagian dari rezim pemerintahan 2018 - 2023. Saya selaku Sekda mengawal, menyiapkan skenario-skenario dalam konteks penyehatan fiskal daerah kita. Itu akan kami kawal, melanjutkan.

Menyehatkan anggaran, menuntaskan program-program seperti penanganan stunting, inflasi tetap kita kendalikan. Ini lanjutan semua artinya. Ndak ada sesuatu yang baru dulu.
Kemudian bagaimana pilkada, itu sebelumnya kita siapkan sampai dengan PON 2028. Saya bagian dari proses mendesain, sekarang melanjutkan. Andai pejabat dari luar, ada waktu untuk penyesuaian.

Kalau saya bisa bergerak langsung dengan OPD karena kami sudah tahu. Jadi tidak ada sesuatu yang baru sehingga kita harus tetap maju dan melaju.

5. Banyak PR besar yang dihadapi Pj Gubernur NTB seperti kemiskinan, stunting, fiskal daerah dan lainnya. Bagaimana strateginya?

[WANSUS] Pj Gubernur Langsung Ganti Tagline NTB, Segera Rombak PejabatIlustrasi Kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Strategi itu kita lihat dengan daya dukung, ruang waktu. Artinya situasinya bagaimana. Ketika kita beban fiskal sudah ringan, akan tertuntaskan tentu yang menjadi fokus apalagi berikutnya.

Sekarang ini penyelesaian fiskal daerah itu penting, penyehatan anggaran itu. Kalau itu sudah sehat, program-program apa yang kita pertajam, akselerasi. Dimensi ruang fiskal daerah dan waktunya yang menentukan.

Waktu kedepan ini membaik, karena kemarin masih berat pasca-pandemik COVID-19, bergeraknya lamban. Tetapi seiring dengan waktu kalau sudah beban fiskal itu tidak ada,berarti kita bisa bergerak lebih lincah lagi.

6. Perhelatan MotoGP 2023 sudah di depan mata, apa yang dilakukan dalam jangka pendek?

[WANSUS] Pj Gubernur Langsung Ganti Tagline NTB, Segera Rombak PejabatSejumlah penonton MotoGP Mandalika 2022 terlantar dan menunggu jemputan bus hingga larut malam (Istimewa)

Pelantikan Pj Gubernur ini adalah bagian dari proses ketatanegaraan untuk memastikan bahwa momentum pembangunan, pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan harus tetap berjalan sebagaimana biasanya meski masa pengkhidmatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2018 - 2023 telah usai dan menunggu pelaksanaan pilkada serentak 2024.

Tadi pak Sekjen Kemendagri sudah menguraikan latar belakang, filosofis dan hukumnya sehingga kenapa Pj Gubernur harus diadakan dengan tugas-tugasnya.

Dalam prakteknya nanti, jelas ada program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Jangka pendek seperti sudah akan menghitung hari kita menjadi tuan rumah pelaksanaan MotoGP 2023. Mau tidak mau kita harus segera sukseskan.

7. Apa saja program jangka menengah dan panjang yang akan dikawal?

[WANSUS] Pj Gubernur Langsung Ganti Tagline NTB, Segera Rombak PejabatIlustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Jangka menengahnya, kita akan menghadapi perhelatan politik, pemilu, pilpres dan pilkada serentak 2024. Yang pasti bagaimana pesta demokrasi harus kita lewati dengan suasana tenang, aman dan damai.

Sedangkan untuk jangka panjang, kita menjadi tuan rumah PON 2028. Kita sekarang sedang menyiapkan roadmap itu menuju sukses PON 2028 yang akan datang.
Itu yang mewarnai tugas-tugas saya ke depan. Bagaimana kita bersiap menyongsong masa depan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Terungkap! ini Alasan Presiden Pilih Gita Ariadi Jadi Pj Gubernur NTB 

Baca Juga: Lalu Gita Ariadi Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya