Comscore Tracker

Pihak Indomaret Tanggapi Masukan Wagub NTB Soal Sampah di Dekat Toko

Marketing Director: kami menyambut positif masukan Wagub NTB

Mataram, IDN Times - Pada Jumat (11/2/2022) lalu, potongan video berdurasi 02.51 menit yang memperlihatkan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang memarahi karyawan Indomaret di kawasan Mandalika. Itu disebabkan karena retail modern tersebut diduga membuang sampah sembarangan di pinggir jalan.

Marketing Director PT Indomarco Prismatama Darmawie Alie dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (16/2/202) menanggapi pemberitaan di media massa mengenai sampah berserakan di samping toko Indomaret Kuta Lombok Tengah.

"Kami menyambut positif masukan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalillah," kata Alie.

1. Tindaklanjuti masukan Wagub

Pihak Indomaret Tanggapi Masukan Wagub NTB Soal Sampah di Dekat TokoWarga membersihkan sampah yang berada di pinggir jalan kawasan Kuta Mandalika (Dok. Dinas LHK NTB)

Menindaklanjuti masukan Wagub, kata Alie, Indomaret telah berkoordinasi dengan petugas kebersihan untuk mengambil sampah secara periodik dan menjaga kebersihannya. Pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh karyawan toko untuk menjaga kebersihan di dalam toko maupun lingkungan toko.

"Dan tidak boleh hanya mengandalkan tenaga petugas kebersihan," ujar Alie.

Baca Juga: Sandiaga Uno Kecam Hotel yang Naikkan Tarif Tak Rasional saat MotoGP

2. Indomaret siapkan tempat sampah

Pihak Indomaret Tanggapi Masukan Wagub NTB Soal Sampah di Dekat TokoTempat yang dulunya jadi lokasi pembuangan sampah kini di kawasan Mandalika kini sudah bersih. (Dok. Dinas LHK NTB)

Selain itu, Indomaret akan menyiapkan tempat sampah di toko-toko Indomaret di Kuta yang berada di area Mandalika. Lingkungan Sirkuit Mandalika diharapkan tetap terjaga kebersihannya, terutama pada pelaksanaan ajang MotoGP yang digelar 18 – 20 Maret 2022.

Sebelumnya, Wagub NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah marah besar melihat sampah berserakan di pinggir jalan yang berada di samping sebuah retail modern, Jumat (11/2/2022) lalu. Didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB Madani Mukarom, Wagub mengancam akan menutup retail modern yang berada di sekitar kawasan Mandalika jika tidak bisa menjaga kebersihan.

"Mana penanggungjawabnya Indomaret ini. Siapa yang buang sampah di situ (pinggir jalan). Nanti saya suruh tutup loh ini. Mana supervisornya, keluar, kita cek. Sekarang juga bersihin," kata Wagub dalam video berdurasi 02.51 menit yang viral di media sosial.

Wagub memberikan ultimatum kepada pengelola retail modern. Sampah yang dibuang sembarangan di pinggir jalan harus dibersihkan hari itu juga. Dia meminta tidak boleh lagi pengelola retail modern membuang sampah sembarangan. Dia menegaskan tidak boleh ada sampah di pinggir jalan.

3. Desa penyangga KEK Mandalika harus bersih

Pihak Indomaret Tanggapi Masukan Wagub NTB Soal Sampah di Dekat TokoPantai Kuta Mandalika yang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara dan domestik (IDN Times/Muhammad Nasir)

Wagub ingin memastikan lingkungan sekitar Mandalika bersih dari timbunan sampah. Termasuk jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten, sungai dan kawasan pesisir.

Setelah melakukan pemantauan di sekitar kawasan Mandalika, Wagub juga berkunjung ke TPA Pengengat, Kabupaten Lombok Tengah. Wagub meminta agar TPA Pengengat juga dilengkapi dengan teknologi pengolahan sampah begitu juga dengan TPA lainnya di seluruh NTB.

Kesuksesan perhelatan event MotoGP 2022, tidak terlepas dari kerja sama dari semua pihak. Pemerintah, pihak swasta dan masyarakat harus memilki tujuan yang sama yaitu NTB sukses dengan penyelenggaraan event MotoGP pada Maret mendatang.

Baca Juga: Buang Sampah Sembarangan, Wagub Ancam Tutup Retail Modern di Mandalika

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya