Perbanyak 'Flight' Jelang WSBK, NTB Surati Menko Marves dan Menhub 

Harga tiket pesawat Bali - Lombok masih mahal

Mataram, IDN Times - Perhelatan kejuaraan balap dunia World Superbike (WSBK) Mandalika 2023 tinggal 1,5 bulan lagi. Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) berharap connecting flight ke Lombok lebih terjamin menjelang WSBK 2023.

Pemprov NTB menyurati Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan (Mehub) Budi Karya Sumadi, supaya flight atau penerbangan ke NTB diperbanyak untuk menarik penonton dari luar daerah.

"Kita lagi berupaya connecting flight lebih terjamin menjelang WSBK. Surat kita ke Menko Marves dan Menteri Perhubungan bahwa flight harus tersedia untuk mendorong kehadiran penonton dari luar NTB," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal dikonfirmasi di Mataram, Kamis (19/1/2023).

1. Siapkan rekayasa lalu lintas dan transportasi WSBK 2023

Perbanyak 'Flight' Jelang WSBK, NTB Surati Menko Marves dan Menhub Kepala Dishub NTB, Lalu Moh. Faozal (IDN Times/Muhammad Nasir)

Perhelatan WSBK Mandalika 2023, akan digelar pada 3 - 5 Maret mendatang. Dengan target jumlah penonton 70.000 - 75.000 orang. Dinas Perhubungan Provinsi NTB, kata Faozal, menunggu perkiraan jumlah tiket yang terjual untuk menyiapkan rekayasa lalu lintas dan fasilitas transportasi.

"Begitu karuan jumlah penonton, maka fasilitas transportasi disiapkan," terangnya.

Pada saat gelaran WSBK 2022, Pemprov NTB melalui Dinas Perhubungan menyiapkan 30 bus gratis untuk penonton pada tiga koridor. Tiga koridor itu adalah Bandara Internasional Lombok - Sirkuit Mandalika, Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram - Sirkuit Mandalika dan Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara - Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Polda NTB Temukan Pemilik Akun TikTok Nenek Mandi Lumpur 

2. Harga tiket pesawat ke Lombok mulai normal

Perbanyak 'Flight' Jelang WSBK, NTB Surati Menko Marves dan Menhub Bandara Internasional Lombok (IDN Times/Sunariyah)

Faozal mengatakan harga tiket pesawat dari Jakarta - Lombok sudah mulai normal di kisaran Rp700 ribu sampai Rp800 ribu. Begitu juga untuk rute Surabaya - Lombok, harga tiket sudah mulai normal.

Tetapi untuk rute Bali - Lombok, harga tiket pesawat masih tinggi. Hal ini lantaran maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut hanya satu yaitu Wings Air. "Kalau Bali - Lombok memang kompetitornya gak ada, cuma Wings Air saja. Itu masalahnya, sama dengan ke Sumbawa dan Bima. Tapi begitu ke Surabaya atau Jakarta sudah mulai landai harga tiket," ucap Faozal.

3. Diskon harga tiket WSBK Mandalika 75 persen

Perbanyak 'Flight' Jelang WSBK, NTB Surati Menko Marves dan Menhub Pembalap Aruba.it Racing Ducati Alvaro Bautista usai race 1 WSBK Mandalika, Sabtu (12/11/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Penjualan tiket menonton WSBK Mandalika 2023 telah dimulai 12 Januari lalu. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memberikan diskon sebesar 75 persen mulai tanggal 12 – 30 Januari 2023 untuk semua kategori tiket. Yaitu, general admission, regular grandstand, premium grandstand, premiere class, dan deluxe class dengan kuota terbatas.

Adapun tiket WSBK yang mulai dijual terdiri dari 3 days pass (Jumat, Sabtu, Minggu) dimulai pada harga Rp250.000 – Rp1.250.000. Kemudian Daily Pass (Minggu) dengan harga Rp250.000 – Rp1.250.000, Premiere Class dengan harga Rp5.500.000 dan Deluxe Class Rp3.500.000.

Baca Juga: Sumbang Pengangguran, Ijazah Siswa Banyak Ditahan Sekolah di NTB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya