Pemprov NTB Siap Kirim Tenaga Medis ke Gaza Palestina 

NTB tunggu arahan dari pemerintah pusat

Mataram, IDN Times - Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan siap mengirim bantuan dan tenaga medis ke Gaza Palestina. Sejak konflik Hamas - Israel meletus 7 Oktober 2023 sampai Kamis 4 Oktober 2023, sekitar 10 ribu nyawa di Palestina melayang, termasuk di antaranya 3.700 anak-anak.

Untuk mengirim bantuan logistik dan tenaga medis, Pemprov NTB menunggu arahan dari Pemerintah Pusat. Meski pada dasarnya Pemprov NTB siap, namun perlu ada arahan dari pusat.

"Jadi kita Provinsi NTB siapa juga dengan jadwal dan pengaturan yang selanjutnya ditentukan oleh pemerintah pusat kapan distribusi bantuan untuk saudara kita yang menjadi korban di Gaza. Kita terus melihat perkembangannya," kata Penjabat (Pj) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi di Mataram, Senin (6/11/2023).

1. Tunggu arahan pemerintah pusat

Pemprov NTB Siap Kirim Tenaga Medis ke Gaza Palestina Anak Palestina menarik gerobak yang ditumpangi saudaranya saat mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/foc.)

Gita menjelaskan Pemprov NTB akan mengikuti arahan dari pemerintah pusat terkait penyaluran bantuan untuk warga Gaza Palestina. Pemerintah Pusat sudah mengirim bantuan kemanusiaan sekitar 51,1 ton pada pekan lalu.

"Kita pun akan mengikuti hal yang sama. Tinggal pengaturan, negara yang mengatur karena ini keluar negeri. Sekarang yang dikerahkan bantuan oleh pemerintah pusat, nanti pada saatnya pemerintah daerah dan lain sebagainya," terang Gita.

Baca Juga: PDIP Tidak akan Tarik Menteri dari Kabinet Jokowi

2. Siap kirim tenaga medis

Pemprov NTB Siap Kirim Tenaga Medis ke Gaza Palestina Ilustrasi dokter spesialis RSUD NTB. (dok. RSUD NTB))

Selain logistik, Gita menyatakan Pemprov NTB juga siap mengirim tenaga medis untuk menjalankan misi kemanusiaan ke Gaza Palestina. Menurutnya, NTB memiliki banyak tenaga medis yang sudah terlatih dalam situasi kegawatdaruratan.

"Jadi logistik, tenaga medis, apa yang dibutuhkan dan diperintahkan negara, kita siap. Jadi itu semua dalam pengaturan pemerintah pusat. NTB tegak lurus siap. Itu sedang dikoordinasikan," ucapnya.

3. Punya SDM tenaga kesehatan yang diakui dunia

Pemprov NTB Siap Kirim Tenaga Medis ke Gaza Palestina Direktur RSUD NTB dr Lalu Herman Mahaputra. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Terpisah, Direktur RSUD NTB dr. Lalu Herman Mahaputra menyatakan pihaknya siap apabila pemerintah membutuhkan bantuan dari sisi kesehatan. RSUD Provinsi NTB akan menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus-kasus bilamana dibutuhkan di Palestina.

"Kami tinggal menunggu perintah dari pusat, kemudian nanti kami juga menunggu perintah dari Bapak Gubernur," kata pria yang akrab disapa Dokter Jack ini.

Menurutnya, RSUD NTB memiliki SDM kesehatan yang sudah diapresiasi dunia internasional. RSUD NTB memiliki NTB Medical Expert yang khusus mengawal event - event internasional seperti MotoGP. Sehingga sudah terlatih melakukan penanganan pasien dalam kondisi kegawatdaruratan.

"SDM kita sangat diapresiasi dunia luar. Bagaimana penanganan kita yang responsif dalam kasus emergency. Kalau kasus-kasus perang gak masalah. Sangat-sangat kita mumpuni," kata Dokter Jack.

Baca Juga: E-Tiket Dikeluhkan Warga, Pj Gubernur NTB Sidak Pelabuhan Pototano

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya