NTB Wakili Indonesia pada Kompetisi Pariwisata Ramah Muslim Dunia 

Pernah meraih predikat wisata halal terbaik dunia pada 2017

Mataram, IDN Times - Setelah sukses meraih peringkat pertama Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) tahun 2023, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mewakili Indonesia di ajang kompetisi wisata ramah muslim tingkat dunia atau Global Muslim Travel Index (GMTI) 2024. NTB berhasil meraih juara 1 sebagai destinasi pariwisata ramah muslim tahun 2023 setelah mengalahkan 14 provinsi lain yang masuk nominasi.

"Peringkat pertama akan mewakili Indonesia di tingkat dunia. Dalam proses di Kementerian Pariwisata. Kita NTB sebagai locus, yang juara 1. Jadi kita yang mewakilinya," ungkap Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi di Mataram, Sabtu (28/10/2023).

1. Tingkatkan hospitality di destinasi wisata

NTB Wakili Indonesia pada Kompetisi Pariwisata Ramah Muslim Dunia Sajian kuliner khas Desa Wisata Bilebante, Kecamatan Pringgarata, Lombok tengah, NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jamaluddin mengatakan pihaknya sedang melakukan persiapan untuk mengikuti ajang di tingkat dunia tersebut. Nantinya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan turun ke NTB untuk melihat berbagai kesiapan di daerah.

Menurut Jamaluddin, pihaknya sudah menyampaikan ke pelaku wisata di NTB. Baik pengelola desa wisata, kelompok sadar wisata (pokdarwis), pengelola perhotelan dan rumah makan untuk meningkatkan hospitality.

"Supaya wisatawan merasa aman, nyaman, indah, sejuk dan meninggalkan kenangan ketika berkunjung ke NTB," ujar Jamaluddin.

Baca Juga: NTB Sayangkan Pencoretan Event WSBK 2024 di Sirkuit Mandalika 

2. NTB pernah menjadi destinasi wisata halal terbaik dunia pada 2017

NTB Wakili Indonesia pada Kompetisi Pariwisata Ramah Muslim Dunia Wisata balon udara di Sembalun Lombok Timur. (instagram.com/lombodocia.id)

Sebagaimana diketahui, Lombok pernah meraih predikat wisata halal terbaik di dunia pada 2017. NTB mendapatkan anugerah World Halal Tourism Award yang digelar di Dubai pada 2017. Selain itu, NTB juga pernah mendapatkan predikat wisata halal terbaik di Indonesia pada ajang GMTI 2019.

"Mudah-mudahan kita bisa menjadi juara di tingkat dunia, " harap Jamaluddin.

IMTI Award 2023 merupakan program yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Bank Indonesia, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI).

3. 15 provinsi yang masuk nominasi IMTI Award 2023

NTB Wakili Indonesia pada Kompetisi Pariwisata Ramah Muslim Dunia Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Daftar 15 daerah yang mendapatkan nominasi penghargaan IMTI Award 2023. Antara lain NTB, Aceh, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Banten dan Sumatera Selatan.

Jamaluddin menjelaskan penilaian IMTI Award 2023 dilaksanakan pada bulan Juli lalu dengan tim juri inti sebanyak 2 orang dan 3 orang dari Kemenparekraf. Ada sejumlah destinasi yang menjadi sasaran penilaian, antara lain Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok, Hotel Svarga Senggigi Lombok Barat, Rumah Makan Taliwang Irama Kota Mataram, Taman Loang Baloq Kota Mataram dan Dinas Pariwisata NTB.

Baca Juga: Tiket Pesawat ke Lombok Mahal, NTB Lobi Bos Maskapai Penerbangan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya