Mbak Rara Gak Dipakai Lagi, WSBK Mandalika Gunakan Pawang Hujan Lokal 

Target penonton WSBK Mandalika 45.000 orang

Mataram, IDN Times - Panitia lokal penyelenggaraan World Superbike (WSBK) Mandalika tidak lagi memanfaatkan jasa Rara Istiati Wulandari atau Mbak Rara si pawang hujan dalam ajang balap motor bergengsi internasional itu. Panyelenggara akan menggunakan pawang hujan lokal pada saat WSBK Mandalika, 11 - 13 November mendatang.

"Saya sebagai Komandan Lapangan WSBK Mandalika, kalau ada orang lokal kita baik laki-laki dan perempuan, yang mempunyai ilmu bisa menghalau hujan, tidak turun hujan pada saat race, mohon dapat menghubungi saya," kata Komandan Lapangan WSBK Mandalika 2022, Jamaluddin Maladi dikonfirmasi di Mataram, Senin (19/9/2022).

1. Berdayakan masyarakat lokal

Mbak Rara Gak Dipakai Lagi, WSBK Mandalika Gunakan Pawang Hujan Lokal Komandan Lapangan WSBK Mandalika Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jamaluddin mengatakan harus ada pawang hujan lokal yang diberdayakan. Pemprov NTB dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), kata Jamaluddin, telah bekerja sama untuk menyukseskan WSBK Mandalika 2022.

MGPA telah meminta tolong ke Pemprov NTB untuk membantu menyukseskan WSBK Mandalika 2022. "Kita cari orang lokal yang bisa menghentikan hujan. Gak pakai Mbak Rara lagi. Sekarang Rara sudah terkenal sampai seluruh penjuru dunia," ucapnya.

Baca Juga: NTB Siapkan Atraksi Sambut Ribuan Wisatawan Kapal Pesiar 

2. Umbrella girl gunakan pakaian adat

Mbak Rara Gak Dipakai Lagi, WSBK Mandalika Gunakan Pawang Hujan Lokal potret Sarah Menzel pakai baju adat NTB (instagram.com/ssarah_menzel)

Selain itu, kata Jamaluddin, umbrella girl atau gadis payung tidak akan menggunakan bule. Tetapi umbrella girl akan menggunakan gadis lokal yang memakai pakaian adat daerah NTB.

"Jadi gadis payung di WSBK Mandalika bukan bule tapi gadis lokal pakai pakaian adat NTB," katanya.

Jamaluddin mengatakan adat istiadat lokal akan ditonjolkan pada event internasional tersebut. Nantinya sebelum event WSBK, akan dilakukan lomba pemilihan umbrella girl oleh Dinas Pariwisata NTB.

"Seleksinya dalam waktu dekat. Karena waktunya tinggal 54 hari. Kenapa orang lokal supaya mempromosikan destinasi wisata kita," ucapnya.

3. Penonton WSBK Mandalika ditargetkan 45.000 orang

Mbak Rara Gak Dipakai Lagi, WSBK Mandalika Gunakan Pawang Hujan Lokal Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo saat meninjau Sirkuit Pertamina Mandalika, Jumat 11 Maret 2022. (IDN Times/Umi Kalsum)

Sementara itu, terkait jumlah penonton WSBK Mandalika ditargetkan sebanyak 45.000 orang. Dengan harga tiket termurah kelas festival sebesar Rp74.750 diharapkan target sebanyak itu akan tercapai.

"Jadi sekarang pembatasan jumlah penonton tidak ada. Tapi kapasitas tempat duduk lebih dari itu, sebanyak 100 ribu lebih. Dalam penyelenggaraan WSBK ini bisa mendatangkan penonton sampai 45 ribu orang, itu sudah sukses," tandasnya.

Baca Juga: Dekat Sirkuit Mandalika, Siswa Belajar di Gedung Sekolah Nyaris Roboh

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya