Comscore Tracker

Mahasiswa Unram Demo Tolak Kuliah Umum Sekjen PDIP 

Hasto : Saya dulu juga sering demo

Mataram, IDN Times - Puluhan mahasiswa Universitas Mataram (Unram), Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar aksi demonstrasi menolak kedatangan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto untuk memberikan kuliah umum, Kamis (15/9/2022). Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Unram sempat bersitegang dengan Satpam Kampus karena tidak diizinkan mendekati Rektorat Unram, yang menjadi tempat digelarnya kuliah umum.

"Kita ingin pastikan mimbar akademik yang ada di Unram bersih dari intrik-intrik partai politik. Ini yang ingin kita jamin dan mahasiswa punya tugas menjaga itu," kata Koordinator Umum Aksi Aliansi Mahasiswa Unram, Muhammad Isnaini Hamidi, Kamis (15/9/2022) sore.

1. Penolakan terhadap Rocky Gerung dan kedatangan Sekjen PDIP jadi pemantik aksi

Mahasiswa Unram Demo Tolak Kuliah Umum Sekjen PDIP Demo mahasiswa di depan gedung rektorat Unram, Kamis (15/9/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Hamidi menjelaskan penolakan pihak kampus Unram terhadap Rocky Gerung yang akan menjadi narasumber seminar nasional di Unram menjadi salah satu penyebab yang memicu aksi mahasiswa. Kemudian ditambah lagi dengan kedatangan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang memberikan kuliah umum di Unram.

"Tiba-tiba surat edaran menyebar terkait kuliah umum yang diisi oleh Sekjen PDIP. Kapasitasnya dijelaskan dia dosen. Kita ingin menjaga mimbar akademik di Unram dari intrik partai politik," kata Hamidi.

Baca Juga: Polisi Tangkap Ketua BPPD Loteng, Tersangka Penipuan Tiket MotoGP 

2. Tolak intrik politik masuk kampus

Mahasiswa Unram Demo Tolak Kuliah Umum Sekjen PDIP Aksi demo mahasiswa menolak kedatangan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Unram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua Umum UKM Pembina Ideologi Bangsa (PIB) Unram, Adrian Islah Perdana menambahkan mahasiswa menginginkan agar kampus Unram lebih maju. Untuk menjadi kampus yang maju, harus bebas dari intrik partai politik.

"Kalau kita komitmen memajukan kampus, maka kita harus berani menolak secara tegas intrik politik di kampus kita," katanya.

Kedepan mahasiswa berharap kepada rektor agar menjalin komunikasi yang lebih cair dengan mahasiswa. Karena dalam beberapa bulan terakhir, BEM Fakultas dan BEM Universitas cukup sulit menemui rektor.

3. Hasto : Saya juga dulu sering demo

Mahasiswa Unram Demo Tolak Kuliah Umum Sekjen PDIP Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai memberikan kuliah umum di Unram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi santai penolakan mahasiswa terhadap dirinya yang memberikan kuliah umum di Unram. Ia mengatakan menghormati mahasiswa yang menolak kedatangannya di kampus perguruan tinggi terbesar di NTB itu.

"Itu hal yang biasa, demokrasi. Saya dulu mahasiswa juga sering demo. Jadi kita hormati haknya. Tetapi mereka bisa bertanya terhadap apa yang saya sampaikan. Itu yang paling fair seperti itu," ucap Hasto.

Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., mengatakan setiap mahasiswa bebas menyampaikan pendapatnya. Baik yang menolak maupun mendukung kuliah umum yang dihadiri Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Seperti apa yang dikatakan pak Hasto, masing-masing orang bebas menyampaikan pendapatnya. Kita ini alam demokrasi," katanya singkat.

Baca Juga: Oknum PNS dan Seorang Pelajar di Mataram Terlibat Kasus Narkoba

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya