Lombok Masuk 10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara Tahun 2022 

Kepala Dispar NTB: Jangan cepat puas, masih banyak PR

Mataram, IDN Times - Majalah Travel and Leisure merilis 10 pulau terbaik di Asia Tenggara tahun 2022. Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) masuk menjadi salah satu 10 pulau terbaik di Asia Tenggara dan berada di peringkat keenam.

Selain Lombok, ada juga Bali yang berada diperingkat ketiga. Predikat tersebut diberikan melalui penghargaan Travel and Leisure Asia’s Best Awards 2022: Top 10 Islands in Southeast Asia. Penghargaan digelar Travel and Leisure, majalah perjalanan dan gaya hidup global yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS).

Adapun 10 pulau terbaik di Asia Tenggara versi Travel and Leisure. Yaitu, Phuket Thailand, Koh Samui Thailand, Bali Indonesia, Phu Quoc Vietnam, Langkawi Malaysia, Lombok Indonesia, Palawan Filipina, Penang Malaysia, Koh Phi Phi Thailand dan Con Dao Vietnam.

1. Bersinergi menjadikan Lombok sebagai tempat yang nyaman

Lombok Masuk 10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara Tahun 2022 Gili Trawangan, salah satu pulau kecil yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB Yusron Hadi menanggapi masuknya Lombok menjadi 10 pulau terbaik di Asia Tenggara. Ia bersyukur dan berterima kasih kepada pihak yang telah menilai dan menempatkan Pulau Lombok sebagai salah satu dari 10 pulau terbaik di Asia Tenggara.

"Seluruh komponen masyarakat, pemerintah dari segala level, hingga pelaku usaha telah bersinergi menjadikan Lombok sebagai tempat yang nyaman dan indah untuk dikunjungi," kata Yusron dikonfirmasi IDN Times, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga: Moyo Satonda di Sumbawa akan Ditetapkan Jadi Taman Nasional 

2. Jadi pemacu dalam pembangunan sektor kepariwisataan di NTB

Lombok Masuk 10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara Tahun 2022 Pemandangan salah satu sudut di Gili Trawangan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Yusron mengatakan masuknya Lombok sebagai 10 pulau terbaik di Asia Tenggara hendaknya menjadi pemacu bagi semua unsur pentahelix termasuk kepariwisataan di NTB untuk terus menjaga keberlanjutan pembangunan di Pulau Lombok.

Di mana Pulau Lombok terkenal dengan keindahan alamnya, kaya potensi sport tourism, punya seni budaya yang elok, dan produk ekonomi kreatif yang bagus. "Jangan kita cepat puas, masih banyak PR yang harus kita benahi. Semoga ke depan pembangunan Pulau Lombok tetap sustainable dan memberi kesejahteraan bagi masyarakatnya," harapnya.

3. Sejumlah hal yang harus jadi perhatian

Lombok Masuk 10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara Tahun 2022 Salah satu budaya masyarakat di Pulau Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Yusron menyebutkan sejumlah hal yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah dan pelaku pariwisata. Antara lain infrastruktur dan sarana prasarana wisata yang memadai, dan aksesibilitas yang menjangkau semua kawasan.

Kemudian hospitality yang harus terus ditingkatkan, daerah dan masyarakat yang aman dan tertib. Selanjutnya, atraksi wisata yang tetap menarik, pengembangan ekonomi kreatif yang berkulitas, lingkungan yang bersih dan sehat, serta SDM yang aware dengan sapta pesona wisata.

Baca Juga: Unram Larang Seminar, Dosen FH: Seharusnya Didebat dengan Pemikiran 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya