Moyo Satonda di Sumbawa akan Ditetapkan Jadi Taman Nasional 

Pernah dikunjungi para pesohor dunia seperti Lady Diana

Mataram, IDN Times - Pulau Moyo dan Satonda di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan ditetapkan menjadi Taman Nasional Moyo Satonda. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya telah mengeluarkan SK Nomor SK.901/MENLHK/SETJEN/PL.2/8/2022.

SK tersebut tentang perubahan fungsi kawasan hutan dari kawasan taman buru Pulau Moyo, taman wisata alam laut Pulau Moyo dan taman wisata alam Pulau Satonda menjadi Taman Nasional Moyo Satonda di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu Provinsi NTB. Luas Taman Nasional Moyo Satonda nantinya sekitar 31.200 hektare.

1. Menteri LHK keluarkan SK perubahan fungsi Pulau Moyo dan Satonda

Moyo Satonda di Sumbawa akan Ditetapkan Jadi Taman Nasional instagram.com/country_bumpkin_dude

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB Joko Iswanto yang dikonfirmasi IDN Times, Senin (29/8/2022) mengatakan Menteri LHK Siti Nurbaya baru mengeluarkan SK terkait perubahan fungsi. Sedangkan penetapannya menjadi taman nasional masih berproses

"Penetapan belum. Yang sudah ada itu SK menteri terkait perubahan fungsi. Dari awalnya Taman Wisata Alam dan Taman Buru berubah fungsi menjadi Taman Nasional," kata Joko.

Joko tidak menjelaskan secara rinci dijadikannya Pulau Moyo dan Satonda menjadi taman nasion. Karena prosesnya dilakukan sebelum dirinya menjabat Kepala BKSDA NTB. "Yang pasti, pasti ada kajian terkait penyesuaian fungsi kawasan," terangnya.

Baca Juga: Melawan Praktik Perdagangan Satwa Langka di NTB

2. Akan menjadi taman nasional ke-55 di Indonesia

Moyo Satonda di Sumbawa akan Ditetapkan Jadi Taman Nasional Kepala BKSDA NTB Joko Iswanto. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dengan keluarnya SK Menteri LHK tentang perubahan fungsi Taman Wisata Alam dan Taman Buru, maka Moyo Satonda akan menjadi taman nasional ke-55 di Indonesia. Pulau Moyo merupakan objek wisata daya tarik wisata yang sangat menarik. Pulau Moyo dengan air terjun Matajitu yang airnya berwarna hijau toska menjadi tujuan banyak pesohor dunia, seperti Lady Diana, Maria Sarapova dan Mick Jagger.

Taman Nasional Moyo Satonda ini memang menawan, keindahan bawah laut yang sangat indah dan daratannya yang menakjubkan. Ikan menari bersama penyu juga dengan mudah ditemui di sebelah barat dermaga. Hiu Manta bercengkrama dengan pasangannya tampak di dasar perairan ujung barat Pulau Satonda.

3. Masuk kawasan cagar biosfer Samota

Moyo Satonda di Sumbawa akan Ditetapkan Jadi Taman Nasional Jembatan Samota, salah satu akses menuju kawasan Pulau Moyo. (Dok. Diskominfotik NTB)

Di Pulau Satonda, ada danau vulkanik purba yang terbentuk dari letusan yang membentuk simbol cinta (love). Selain itu juga hutan musim sekunder di wilayah ini menyajikan keindahan hayati, burung gosong, burung makatua kecil jambul kuning, rusa timor, beo nusa tenggara, rusa, elang dan piton juga menjadi penghuni alam ini.

Taman Nasional Moyo Satonda juga masuk dalam delineasi Cagar Biosfer Saleh Moyo Tambora (Samota). Dengan masuknya Moyo Satonda menjadi taman nasional. Maka akan ada tiga taman nasional di NTB. Yaitu, Taman Nasional Gunung Rinjani, Taman Nasional Gunung Tambora dan Taman Nasional Moyo Satonda.

Baca Juga: Ekonomi Makin Sulit, Nelayan di Mataram Banting Setir Jadi TKI 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya