Lombok dan Sumbawa Resmi Masuk Kalender Balap MXGP 2023 

MXGP Sumbawa digelar 25 Juni dan Lombok pada 2 Juli 2024

Mataram, IDN Times - Penyelenggara kejuaraan dunia motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP), Infront Moto Racing mengumumkan kalender balap tahun 2023. Dilansir dari laman mxgp.com, Selasa (11/10/2022), Infront memastikan gelaran MXGP 2023 akan berlangsung dua seri di Indonesia, yaitu Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gelaran balap MXGP 2023 akan berlangsung selama 21 seri, dengan seri pembuka MXGP Patagonia Argentina pada 12 Maret dan seri penutup MXGP Prancis, 22 Oktober 2023. Sedangkan untuk gelaran MXGP Indonesia di Sumbawa akan digelar pada 25 Juni dan Lombok pada 2 Juli 2023.

1. Sambut baik dua seri MXGP di NTB

Lombok dan Sumbawa Resmi Masuk Kalender Balap MXGP 2023 Kalender balap kejuaraan dunia MXGP 2023. (IDN Times/mxgp.com)

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyambut baik dua seri kejuaraan dunia MXGP di Indonesia pada 2023. Dua seri kejuaraan dunia balap motocross itu semuanya digelar di provinsi NTB.

"Alhamdulillah sudah keluar jadwal MXGP untuk tahun 2023. Dan Alhamdulillah kita di Indonesia dapat 2 seri MXGP tahun depan. Dan dua-duanya alhamdulillah di NTB. 25 Juni di Sumbawa dan 2 Juli di Lombok," ungkap Zulkieflimansyah.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Jadi Penentu Juara Dunia World SBK 2022?

2. Punya pengalaman gelar MXGP Samota di Sumbawa

Lombok dan Sumbawa Resmi Masuk Kalender Balap MXGP 2023 Sirkuit MXGP Samota, Sumbawa, NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Provinsi NTB sudah punya pengalaman menjadi lokasi perhelatan balap MXGP 2022 di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa pada 24 - 26 Juni lalu. MXGP Samota, Sumbawa dihadiri 55.000 penonton. Berdasarkan hasil kajian BPS NTB, perputaran uang selama gelaran MXGP Samota Sumbawa 2022 sebesar Rp154 miliar.

Gubernur mengatakan perputaran uang selama gelaran MXGP Samota yang mencapai Rp154 miliar sesuatu yang luar biasa. Hal ini menjadi penyemangat bagi NTB untuk menyelenggarakan event-event serupa di waktu mendatang. Karena pelaksanaan MXGP Samota menggerakkan sektor akomodasi, makan minum, konstruksi bahkan pertanian. Berdasarkan kajian BPS, sektor pertanian juga mendapatkan berkah.

Kepala BPS NTB Wahyudin menyebabkan sektor-sektor yang mendapatkan dampak ekonomi dari perhelatan MXGP Samota sebesar Rp154 miliar. Sektor akomodasi dan makan minum mendapatkan dampak ekonomi terbesar mencapai Rp35 miliar lebih.
Kemudian sektor konstruksi mencapai Rp34 miliar, dan sisanya sektor transportasi, pertanian dan lainnya. Khusus untuk sektor pertanian, perputaran uang mencapai Rp12 miliar lebih.

Kajian dampak ekonomi yang dilakukan BPS yaitu selama 20 hari perhelatan MXGP Samota. Mulai dari pra event sampai pascagelaran event. Namun, BPS juga melakukan kajian dampak ekonomi 2 bulan sebelumnya.

"Karena ada konstruksi di arena MXGP sekitar 2 bulan. Kemudian juga para wisatawan. Kami lihat itu paling lama walaupun kecil ada sampai 36 hari. Dia berwisata dulu ke Lombok baru ke sana," kata Wahyudin.

3. NTB akan jadi tuan rumah selama 5 tahun ke depan

Lombok dan Sumbawa Resmi Masuk Kalender Balap MXGP 2023 Pembalap MXGP menjalani sesi latihan bebas di Rocket Motor Circuit, Samota Sumbawa. Pembalap Honda Racing Team, Tim Gajser berhasil menjadi yang tercepat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelumnya, Infront Moto Racing telah mengumumkan PT. Samota Endurance Gemilang (SEG) akan menjadi penyelenggara baru dari dua seri MXGP yang akan diadakan di Indonesia selama 5 tahun ke depan. Kesepakatan baru ini akan membuat dua seri MXGP di Indonesia menjadi lebih menarik bagi penggemar.

Para penggemar dapat menikmati Kejuaraan FIM Motocross World di daerah sendiri serta mendapat kesempatan untuk bertemu jagoan balap mereka. SEG sendiri telah terlibat dalam penyelenggaraan MXGP Indonesia tahun ini di Samota, Sumbawa.

Event tersebut sukses besar berkat trek luar biasa yang khusus dibangun untuk acara tersebut. MXGP Samota sangat dinikmati oleh para pebalap serta mendapat banyak dukungan baik dari pemerintah setempat, maupun komunitas penggemar Motocross yang bersemangat datang untuk menonton balapan.

Lokasi yang telah ditentukan untuk MXGP Indonesia mendatang antara lain Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Dua lokasi tersebut merupakan dua destinasi yang sangat menggairahkan untuk olahraga motor. Infront Moto Racing dengan senang hati memulai kerja sama dengan SEG dan menumbuhkan popularitas motorcross di Indonesia.

CEO Infront Moto Racing, David Luongo dalam keterangannya, Jumat (16/9/2022) lalu mengatakan pihaknya senang dengan pengumuman ini. MXGP Indonesia terakhir di Sumbawa sukses luar biasa. Keluarga besar MXGP telah disambut dengan cara yang sangat unik dengan parade yang mengesankan melintasi kota dan puluhan ribu penggemar Indonesia datang untuk menikmati akhir pekan balap.

"Lintasan yang dikelilingi oleh laut Sumbawa sangat spektakuler dan kami semua sangat bersemangat untuk kembali selama 5 tahun ke depan untuk dua Grand Prix dengan tambahan Lombok, di samping fasilitas MotoGP," kata David.

CEO Samota Enduro Gemilang (SEG), Muhammad Ihsan Zulkieflimansyah mengatakan pihaknya sangat senang mendapat kesempatan menggelar MXGP 2022 di Sumbawa, Indonesia. Menurutnya, membawa acara MXGP ke Indonesia adalah salah satu momen yang paling membanggakan.

MXGP Samota di Sumbawa yang digelar Juni lalu menerima penghargaan MXGP Best Media Opportunity. SEG dan tim akan memberikan upaya terbaik dalam melaksanakan dan menyelenggarakan acara MXGP Sumbawa dan Lombok pada tahun 2023.

Baca Juga: Penyidik Tipikor Sita Dua Kardus Dokumen dari Kantor Disdag Mataram 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya