Sirkuit Mandalika Jadi Penentu Juara Dunia World SBK 2022?

Balapan WSBK seri Mandalika masuk kategori penultimate

Lombok Tengah, IDN Times - Ada keseruan menarik yang akan tersaji di kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (13/11/2022). Penentuan pembalap yang akan menjadi juara dunia kemungkinan besar ditentukan di Sirkuit Mandalika.

Seri WSBK di Sirkuit Mandalika kali ini merupakan kategori Penulitime atau dua seri balapan terakhir dari WSBK 2022. Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, biasanya jika sudah tiga atau dua balapan terakhir dari WSBK, juara dunia sudah kelihatan.

"Bakal ditentukan di Mandalika, jika poin yang sudah didapatkan tidak mampu dikejar oleh pembalap lainnya. Kalau sudah semifinal, sudah kelihatan siapa yang bakal juara dunia," kata Priandhi dalam keterangan yang diterima, Senin (10/10/2022).

1. Kategori penulitime

Sirkuit Mandalika Jadi Penentu Juara Dunia World SBK 2022?Balapan WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika. (dok. MGPA)

Dengan adanya kategori penulitime, pembalap WSBK tidak perlu memperebutkan juara dunia di seri terakhir jika poinnya sudah jauh lebih unggul. Dengan demikian, final dari WSBK 2022 yang diselenggarakan di Sirkuit Philip Island, Australia hanya sekadar formalitas saja.

Sementara itu, pada gelaran WSBK Mandalika 2021, Toprak Razgatlioglu mengukir catatan bersejarah di Sirkuit Mandalika. Pebalap asal Turki itu memastikan diri sebagai juara dunia WSBK pada seri terakhir yang digelar di Indonesia.

Baca Juga: 3 Destinasi Air Terjun Kawasan Rinjani Ditutup hingga Maret 2023 

2. Toprak mengunci gelar juara dunia WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika Jadi Penentu Juara Dunia World SBK 2022?Toprak, Juara dunia World Superbike 2021 sedang membantu warga lokal mencabut rumput liar di Mandalika (Instagram Toprak)

Toprak Razgatlioglu mengunci gelar juara dunia WSBK 2021 setelah finis di urutan kedua pada Race 1 di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021). Kemudian pada Race 2, ia menempati posisi keempat. Hasil WSBK Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika membuat Razgatlioglu dari Pata Yamaha, mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia baru ajang balap motor produksi massal tersebut.

Di klasemen akhir WSBK 2021, Razgatlioglu mengoleksi 564 poin, unggul 13 poin atas juara bertahan Jonathan Rea (Kawasaki). Toprak Razgatlioglu pun mengakhiri dominasi Jonathan Rea pada ajang WSBK yang telah berlangsung selama enam musim.

3. Tiket WSBK Mandalika dijual keliling pakai mobile ticketing

Sirkuit Mandalika Jadi Penentu Juara Dunia World SBK 2022?Salah satu dampak langsung gelaran MotoGP Mandalika adalah pendapatan yang berasal penjualan tiket. Tampak warga sedang menukarkan tiket di Eks Bandara Selaparang Kota Mataram, Rabu (16/3/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Saat ini, kata Priandhi, tiket WSBK Mandalika dapat dibeli secara online melalui aplikasi Xplorin dan ticketing partner. Diantaranya, aplikasi Livin’ By Mandiri, Loket, Gotix, Tiket.com, Tokopedia, Shopee, Blibli, tiketapasaja.com, BRImo, BookMyShow.com, Bank NTB Syariah dan travel agent lokal.

ITDC dan MGPA menyiapkan penjualan offline berupa ticketing booth yang berlokasi di Red Gate Pertamina Mandalika International Circuit dan Lombok Epicentrum Mall Mataram. Selain itu, juga disiapkan mobile ticketing yang berkeliling di area Pulau Lombok.

Baca Juga: OTT 3 Pejabat Disdag Mataram, Wali Kota: Hormati Proses Hukum 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya