Libur Panjang dan MXGP, Penumpang Bandara Lombok Naik 10 Persen

Belum ada penambahan extra flight di Bandara Lombok

Lombok Tengah, IDN Times - Pergerakan penumpang dan pesawat meningkat 10 persen pada momentum libur panjang (long weekend) dan menjelang perhelatan kejuaraan dunia motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) seri Indonesia di Lombok dan Sumbawa 2023. PT. Angkasa Pura I Bandara Lombok mencatat jumlah penumpang pesawat pada minggu ketiga Juni 2023 sebanyak 51.764 orang.

"Minggu ketiga Juni atau 18 - 24 Juni 2023, jumlah pergerakan penumpang Bandara Lombok meningkat 10 persen dibandingkan pekan sebelumnya," ungkap Manager Humas PT. AP I Bandara Lombok Arif Haryanto dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (1/7/2023) pagi.

1. Pergerakan pesawat naik 20 persen

Libur Panjang dan MXGP, Penumpang Bandara Lombok Naik 10 PersenIlustrasi pesawat (IDN Times/Arief Rahmat)

Arif menyebutkan pada minggu kedua Juni 2023, jumlah penumpang di Bandara Lombok sebanyak 47.118 orang. Sedangkan pada minggu ketiga Juni 2023, jumlah penumpang naik 10 persen menjadi 51.764 orang.

Sedangkan pergerakan pesawat pada periode yang sama meningkat 20 persen, dari 472 pergerakan pesawat pada minggu kedua Juni 2023 menjadi 567 pergerakan pesawat Minggu ketiga Juni 2023.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat ke Lombok Melonjak Jelang MXGP dan Libur Panjang

2. Tiga penyebab naiknya pergerakan penumpang dan pesawat

Libur Panjang dan MXGP, Penumpang Bandara Lombok Naik 10 PersenIlustrasi jemaah haji (dok. Angkasa Pura I)

Sementara pada minggu keempat Juni 2023, Arif mengatakan pihaknya masih menunggu data penerbangan hari ini. Ia menyebutkan peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat pada minggu ketiga Juni 2023 disebabkan tiga faktor.

"Peningkatan ini antara lain dipengaruhi oleh pelayanan penerbangan haji 2023, libur sekolah, serta beberapa event yang ada di NTB seperti MXGP 2023," terangnya.

3. Belum ada maskapai ajukan extra flight di Bandara Lombok

Libur Panjang dan MXGP, Penumpang Bandara Lombok Naik 10 PersenManager Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Arif Haryanto (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ditanya terkait permintaan Pemprov NTB supaya ada penambahan penerbangan (extra flight) pada momentum libur panjang dan MXGP Lombok, Arif mengatakan sejauh ini belum ada maskapai yang mengajukan extra flight. Pemprov NTB meminta penambahan penerbangan menuju Lombok karena harga tiket pesawat yang melonjak tajam.

"Untuk saat ini tidak ada maskapai yang mengajukan extra flight di Bandara Lombok," terang Arif.

Pemprov NTB mengajukan permintaan penambahan penerbangan atau extra flight ke Lombok, baik rute Jakarta - Lombok maupun Bali - Lombok.

"Jadi harga tiket pesawat dari dan menuju ke NTB sedang naik sekarang. Solusinya kita berjuang untuk meminta extra flight," kata Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Lalu Gita AriAdi.

Pada saat perhelatan MXGP Lombok di Sirkuit Selaparang, Kota Mataram, NTB, pada Sabtu dan Minggu, 1 - 2 Juli 2023, harga tiket pesawat mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Harga tiket rute Jakarta - Lombok pada hari tersebut mencapai Rp1,5 juta. Pada hari-hari normal, biasanya harga tiket pesawat rute Jakarta - Lombok antara Rp800 ribu sampai Rp900 ribu.

Sedangkan rute Bali - Lombok pada saat perhelatan MXGP Lombok, harga tiket pesawat mencapai Rp1 juta lebih. Pada hari-hari biasanya, harga tiket pesawat rute Bali - Lombok sekitar Rp600 ribu. Menyikapi kenaikan harga tiket pesawat ini, Gita mengatakan Dinas Perhubungan NTB akan berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura I dan maskapai penerbangan.

Perhelatan MXGP Lombok di Sirkuit Selaparang Kota Mataram akan digelar pada Sabtu dan Minggu, 1 - 2 Juli 2023. Panitia menargetkan jumlah penonton mencapai 100.000 orang. Sebelum perhelatan MXGP Lombok, digelar konser Dewa 19 yang menjadi side event MXGP Lombok pada 30 Juni 2023

Baca Juga: Dewa 19 Dinobatkan Jadi Ambassador Wisata Gili Trawangan Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya