ITDC Jajaki Pembangunan Stadion Sepakbola di KEK Mandalika

Jajaki kolaborasi dengan investor 

Mataram, IDN Times - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menjajaki pembangunan stadion sepakbola di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rencana pembangunan stadion sepakbola ini untuk memperkuat branding The Mandalika sebagai sport tourism and entertainment di Indonesia.

"Lapangan sepakbola adalah salah satu yang kami pertimbangkan. Karena olahraga paling populer di dunia. Saat ini, sepakbola lagi bagus, kita sedang mempertimbangkan itu. Yang pasti ITDC harus berkolaborasi entah dengan pihak swasta, BUMN, maupun investor lainnya, entah dengan PSSI. Tapi kita sedang jajaki," ungkap Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka dikonfirmasi di Kantor Gubernur NTB, Rabu (11/10/2023).

1. Undang investor dalam dan luar negeri

ITDC Jajaki Pembangunan Stadion Sepakbola di KEK MandalikaKawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). (dok. ITDC)

Troy mengundang para investor baik dalam dan luar negeri untuk berkolaborasi membangun pelbagai fasilitas olahraga di KEK Mandalika. Para investor diajak melihat peluang membangun fasilitas olahraga yang memberikan dampak bagi pengembangan sport tourism di Mandalika.

"Karena kami masih memiliki lahan yang cukup luas. Memadai untuk membuat area olahraga yang cukup besar seperti stadion sepakbola," ucapnya.

Baca Juga: 61.500 Tiket MotoGP Terjual, Penonton Luar NTB Terbanyak dari Jakarta

2. Sepakbola olahraga populer di dunia

ITDC Jajaki Pembangunan Stadion Sepakbola di KEK MandalikaPesepak bola Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Binh Nguyen Thanh (kiri) dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/Aditya Pradana Putra/nym).

Menurut Troy, sepakbola merupakan olahraga yang paling populer di dunia dan Indonesia. Untuk menangkap peluang tersebut, ITDC mempertimbangkan membangun stadion sepakbola dengan mengajak investor yang berminat.

"Kita lihat apakah ini gayung bersambut, kalau gayung bersambut kita buat. Karena harus kita akui olahraga populer di Indonesia saat ini salah satunya sepakbola. Kita lihat perkembangannya ada investor yang tertarik bisa kita kolaborasikan," ujarnya.

3. Terbuka berkolaborasi membangun fasilitas olahraga di Mandalika

ITDC Jajaki Pembangunan Stadion Sepakbola di KEK MandalikaSirkuit Mandalika di NTB (IDN Times/Umi Kalsum)

Troy menambahkan pihaknya sangat terbuka membangun kolaborasi dengan investor dalam membangun berbagai fasilitas olahraga di Mandalika. Apalagi, pada 2028 mendatang, NTB dan NTT menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON).

Mandalika dengan keberadaan sirkuitnya punya satu keunggulan untuk mengakomodasi olahraga otomotif. Troy mengungkapkan saat ini investasi di Mandalika terus berkembang. Sekarang sudah ada tambahan satu hotel dan dua restoran yang dibangun investor di KEK Mandalika.

"Kami senang kalau ada hotel dan restoran baru. Karena ada penyerapan tenaga kerja dan dapat menyumbangkan pendapatan bagi daerah. Masyarakat lokal juga akan terserap dengan adanya lapangan kerja baru," tuturnya.

Baca Juga: Lokasi Penukaran Tiket MotoGP Mandalika 2023 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya