Gubernur Sayangkan Tes Pramusim MotoGP Gak Digelar di Mandalika

Komunikasi Direksi ITDC diharapkan lebih hangat

Mataram, IDN Times - Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyayangkan tes pra musim atau preseason MotoGP 2023 tidak digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Meskipun dari hitungan bisnis, gelaran event tes pra musim MotoGP membutuhkan investasi yang besar.

Menurut Gubernur, PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola KEK Mandalika bisa bekerja sama dengan Pemda dan Pemerintah Pusat untuk menarik event tes pra musim MotoGP agar bisa digelar di Sirkuit Mandalika.

"Saya termasuk menyayangkan pre season tidak di tempat kita (Sirkuit Mandalika, red)," kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah dikonfirmasi usai peringatan HUT RI ke-77 di Mataram, Rabu (17/8/2022).

1. Komunikasi Direksi ITDC diharapkan lebih hangat

Gubernur Sayangkan Tes Pramusim MotoGP Gak Digelar di MandalikaJajaran direksi baru ITDC, Ari Respati gantikan Abdulbar M Mansoer sebagai Dirut. (dok. ITDC)

Gubernur berharap komunikasi jajaran Direksi ITDC yang baru lebih hangat dan baik ke depannya. Sehingga tes pra musim MotoGP dapat digelar di Sirkuit Mandalika meskipun investasinya cukup besar.

"Preseason mungkin dalam hitung-hitungan bisnisnya investasinya gede. Tapi kalau bisa diramu kerja sama daerah dan nasional bisa menarik event itu," kata mantan Anggota DPR RI tiga periode ini.

Baca Juga: Mantan Napi Anak di Lombok ini Bercita-cita Jadi TNI

2. Daerah bisa dipromosikan

Gubernur Sayangkan Tes Pramusim MotoGP Gak Digelar di MandalikaGubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah (Dok Diskominfotik NTB)

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kata Gubernur, ITDC pasti menghitung biaya yang dikeluarkan. Karena tes pramusim MotoGP hanya berupa latihan. Sehingga jarang yang menonton.

"Bukan hanya ngambil duit dari penonton. Yang penting bikin acara. Yang penting bagaimana daerah bisa dipromosikan lebih bagus," katanya.

3. Mandalika tidak diajukan sebagai lokasi tes pramusim MotoGP 2023

Gubernur Sayangkan Tes Pramusim MotoGP Gak Digelar di MandalikaPemandangan Sirkuit Mandalika dari udara yang diklaim MotoGP sebagai sirkuit paling indah di dunia (www.instagram.com/@motogp)

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan alasan Sirkuit Mandalika tidak menjadi tuan rumah tes pra musim MotoGP 2023. Priandhi mengatakan bahwa MGPA tidak mengajukan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi tes pra musim MotoGP tahun 2023.

Andi menjelaskan alasan Sirkuit Mandalika menjadi lokasi tes pra musim MotoGP 2022 pada 11 - 13 Februari lalu. MGPA mengajukan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi tes pra musim MotoGP 2022 karena setelah perhelatan World Superbike (WSBK) 2021, Sirkuit Mandalika belum mendapatkan homologasi grade A untuk dapat digunakan sebagai sirkuit MotoGP 2022.

Sehingga, MGPA mengajukan ke Dorna agar Sirkuit Mandalika menjadi lokasi tes pra musim MotoGP 2022. Dengan menjadi lokasi tes pra musim, MGPA mendapatkan masukan apa saja yang perlu diperbaiki atau disempurnakan di Sirkuit Mandalika untuk gelaran MotoGP 2022 yang digelar pada Maret lalu.

Dengan mengadakan tes pra musim MotoGP di Sirkuit Mandalika, MGPA menanggung biaya-biaya yang disepakati dengan Dorna. Misalnya, biaya memasukkan motor para pembalap, listrik, marshal dan lainnya.

Tes pra musim MotoGP, sama dengan balap MotoGP tetapi tanpa penonton. Artinya, MGPA tidak jualan tiket pada saat tes pra musim MotoGP. Karena tanpa penonton, sponsor juga tidak mau ikut. Daripada mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk tes pra musim. MGPA fokus untuk mempersiapkan perhelatan WSBK 2022 dan MotoGP 2023 bahkan persiapan balap kendaraan roda empat.

Baca Juga: 2.093 Napi di NTB Dapat Remisi Kemerdekaan, 4 Orang adalah Koruptor 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya