Gubernur: Munjizun Menginspirasi, Anak NTB Bisa 'Menaklukkan' Amerika 

Anak muda NTB harus percaya diri

Mataram, IDN Times - Gubernur NTB Zulkieflimansyah menanggapi prestasi yang diraih Ahmad Munjizun. Munjizun merupakan pemuda kelahiran Desa Batunyala, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, yang meraih gelar doktor di North Carolina State University, Amerika Serikat.

Gubernur Zulkieflimansyah mengatakan Munjizun menjadi inspirasi anak-anak muda di NTB. Bahwa anak-anak muda NTB dapat menaklukkan dunia, bukan hanya Amerika tetapi juga Eropa.

"Mantap, anak NTB luar biasa. Jadi inspirasi anak-anak muda NTB," kata Gubernur Zulkieflimansyah dikonfirmasi IDN Times, Senin (29/5/2023).

1. Anak NTB bisa menaklukkan Amerika dan Eropa

Gubernur: Munjizun Menginspirasi, Anak NTB Bisa 'Menaklukkan' Amerika Ahmad Munjizun foto bersama dosennya di North Carolina State University Amerika Serikat. (facebook.com/Jizun Sang Pembelajar)

Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini, mengatakan anak-anak NTB harus percaya diri. Buktinya, lewat program beasiswa NTB, banyak anak-anak NTB yang bisa menaklukkan Amerika dan Eropa. Mereka menjadi mahasiswa yang berprestasi di luar negeri.

"Jadi gak usah khawatir kita gak bisa, kita bisa. Jadi jangan hanya jadi orang yang tak percaya diri. Ternyata anak-anak kita bisa menaklukkan Amerika, menaklukkan Eropa," ujar Bang Zul.

Baca Juga: Kisah Munjizun, Anak Gembala dari Lombok Raih Gelar Doktor di Amerika

2. NTB telah kirim 723 putra daerah kuliah di 11 negara

Gubernur: Munjizun Menginspirasi, Anak NTB Bisa 'Menaklukkan' Amerika ilustrasi melepas toga saat wisuda (Pexels/ Emily Ranquist)

Sampai tahun 2022, jumlah anak muda NTB yang dikirim kuliah ke dalam dan luar negeri sebanyak 5.595 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 723 putra daerah dikirim kuliah ke luar negeri pada 11 negara.

Pengiriman putra daerah untuk kuliah di dalam dan luar negeri merupakan program unggulan Beasiswa NTB 1.000 Cendikia yang sudah dimulai sejak akhir 2018 lalu. Untuk 723 orang yang dikirim kuliah ke luar negeri, sebanyak 419 orang sudah menyelesaikan kuliahnya atau sekitar 58 persen. Sedangkan sebanyak 304 orang masih kuliah di luar negeri.

Mereka kuliah di beberapa benua, yakni Eropa, Australia, dan Asia. Di Eropa, seperti negara Polandia, Rusia, Ceko, Hungaria. Kemudian di Asia, seperti Cina, Korea, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. Sisanya ke Australia dan Sudan. Total ada 11 negara tujuan pengiriman mahasiswa asal NTB.

3. Profil Ahmad Munjizun

Gubernur: Munjizun Menginspirasi, Anak NTB Bisa 'Menaklukkan' Amerika Google

Sebelumnya, nama Ahmad Munjizun viral di media sosial. Munjuzun berhasil meraih gelar doktor di Negeri Paman Sam, North Carolina State University, Amerika Serikat. Ahmad Munjizun lahir di Desa Batunyala, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Munjizun merupakan alumni S1 Fakultas Peternakan Universitas Mataram (Unram). Kemudian melanjutkan studi S2 melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ke University of Queensland, Australia. Pada 2019, Munjizun melanjutkan studi S3 ke North Carolina State University, Amerika Serikat. Munjizun mengaku bangga sebagai anak gembala dapat meraih gelar doktor di salah satu perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat.

Baca Juga: Dua Kampus di Lombok Ketahuan Potong Beasiswa KIP Kuliah Rp5,7 Miliar 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya