Gelar Travel Mart, NTB Undang 'Buyer' Singapura dan Thailand

Tarik wisatawan jelang MXGP Samota dan WSBK Mandalika

Mataram, IDN Times - Setelah gelaran MotoGP Mandalika pada Maret lalu, ada beberapa event internasional yang akan dilaksanakan di Lombok dan Sumbawa. Yaitu, kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa pada 24 - 26 Juni dan World Superbike (WSBK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah pada November mendatang.

Untuk menarik penonton menyaksikan event internasional tersebut, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Provinsi NTB akan menggelar travel mart. Kegiatan pasar wisata ini akan dihadiri para buyer dari Singapura dan Thailand.

"ASPPI akan melakukan travel mart dalam waktu dekat. Beberapa buyer dari Singapura dan Thailand akan hadir," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi di Mataram, Selasa (10/5/2022).

1. Digelar awal Juni

Gelar Travel Mart, NTB Undang 'Buyer' Singapura dan ThailandWisatawan dalam negeri menyaksikan tikungan 10 Sirkuit Mandalika dari Bukit Pantai Seger Kuta Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Yusron mengatakan travel mart ini akan digelar pada awal Juni mendatang. ASPPI sudah menyampaikan perihal kegiatan tersebut ke Dinas Pariwisata Provinsi NTB. Bahkan, kata Yusron, ASPPI Provinsi NTB juga berencana bertemu Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

"Travel mart ini kegiatan tahunan. Pihak ASPPI sudah komunikasi dengan kita dan pada waktunya akan bertemu pak gubernur menyampaikan ini. Awal Juni dilaksanakan, sebelum MXGP dan WSBK," ucap Yusron.

Baca Juga: Efek MotoGP, Ekonomi NTB Triwulan I 2022 Tumbuh 7,76 Persen 

2. Penerbangan internasional mulai dibuka

Gelar Travel Mart, NTB Undang 'Buyer' Singapura dan ThailandIDN Times/ Helmi Shemi

Menyambut berbagai event internasional di NTB, sejumlah penerbangan langsung menuju Bandara Internasional Lombok mulai dibuka. Sejak 1 Mei lalu, penerbangan Lombok - Kuala Lumpur dan sebaliknya sudah mulai dibuka.

Penerbangan rute internasional ini dilayani maskapai penerbangan AirAsia. Selain itu, mulai 18 Juni 2022, penerbangan langsung Lombok - Singapura dan sebaliknya juga akan dibuka. Penerbangan rute internasional Lombok - Singapura akan dilayani maskapai penerbangan Scoot.

3. Gencarkan promosi

Gelar Travel Mart, NTB Undang 'Buyer' Singapura dan ThailandKepala Dispar Provinsi NTB Yusron Hadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Terkait dengan masih sepinya penumpang rute Lombok - Kuala Lumpur, Yusron mengatakan pihaknya bersama AirAsia akan menggencarkan promosi pariwisata. Sehingga rute tersebut semakin ramai. Terlebih, kata Yusron, ada beberapa event internasional seperti MXGP Samota dan WSBK Mandalika akan digelar tahun ini.

"Kita punya komunikasi juga dengan teman-teman AirAsia kaitan dengan promosi pariwisata. Supaya mendorong orang datang ke Lombok melalui jalur penerbangan. Kerja sama dengan teman-teman AirAsia kita promosikan melalui channel promosi mereka juga. Terlebih ada event MXGP dan WSBK," tandasnya.

Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Pariwisata menargetkan angka kunjungan wisatawan tahun 2022 sebanyak 2,5 juta orang. Target angka kunjungan ini merupakan revisi dari target sebelumnya di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) NTB 2019-2023 yang ditetapkan sebesar 4,650 juta orang.

Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi NTB Lalu Hasbulwadi menjelaskan dari target kunjungan wisatawan sebanyak 2,5 juta orang, sebanyak 1,5 juta wisatawan domestik. Sedangkan sisanya 1 juta orang merupakan target kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman).

Berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan potensi pasar pariwisata NTB yang pertama adalah negara-negara ASEAN seperti Malaysia dan Singapura. Kemudian, pasar Asia dan Australia dan ketiga adalah Eropa.

Baca Juga: Sirkuit MXGP Samota Ditargetkan Rampung 15 Juni 2022

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya