Ganjar Pranowo 'Disembek' Sebelum Tinggalkan Lombok

Tradisi 'sembek' untuk keselamatan

Lombok Tengah, IDN Times - Setelah melakukan kunjungan selama dua hari di Nusa Tenggara Barat (NTB), Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo bertolak ke Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (3/12/2023). Ganjar dilepas dengan iringan musik tradisional Sasak Gendang Beleq di Bandara Internasional Lombok yang digelar oleh Laskar Sasak.

Selain itu, Ganjar juga "disembek" yaitu tradisi adat Sasak Lombok untuk melindungi diri atau bisa juga sebagai pengobatan. Di mana, orang yang disembek akan ditempelkan sesuatu di kening yang diiringi dengan doa.

1. Doa keselamatan untuk Ganjar dan menang Pilpres 2024

Ganjar Pranowo 'Disembek' Sebelum Tinggalkan LombokProsesi adat Sasak Lombok sebelum Capres Ganjar Pranowo bertolak ke Kendari Sulawesi Tenggara. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu berkunjung ke NTB, sejak Sabtu (2/12/2023) dan Minggu (3/12/2023). Sejumlah agenda Ganjar selama di NTB, mulai dari mengunjungi kiai NU di Bima hingga dialog dengan milenial dan Gen Z serta berolahraga di Car Free Day (CFD) Udayana Kota Mataram.

Ketua Laskar Sasak, Lalu Ali Sadikin mengatakan proses sembek tersebut sebagai bagian dari doa untuk keselamatan Ganjar. Ia juga mendoakan Ganjar menang pada Pilpres 2024.

"Kami Laskar Sasak mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI pada tahun 2024. Kami percaya Ganjar bisa membawa perubahan yang lebih baik terutama bagi tanah bumi Sasak sebagai mercusuar Indonesia," kata Sadikin.

Baca Juga: Ganjar Semringah Dapat Hadiah Lukisan dari Pelukis Disabilitas Lombok 

2. Berdialog dengan penyandang disabilitas

Ganjar Pranowo 'Disembek' Sebelum Tinggalkan LombokCapres Ganjar Pranowo berdialog dengan penyandang disabilitas di Kota Mataram, Minggu (3/12/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Di sela-sela berolahraga di CFD Udayana Kota Mataram, Minggu (3/12/2023), Ganjar berdialog dengan penyandang disabilitas di Kota Mataram.

Ganjar mengatakan menerima beberapa masukan terkait kesetaraan hak aksesibilitas penyandang disabilitas khususnya di ruang-ruang publik. Mereka merasa, bahwa selama ini kebutuhan akses disabilitas sering terpinggirkan.

Banyak ruang-ruang publik yang ada dinilai kurang ramah terhadap penyandang disabilitas. Untuk itu, Ganjar berkomitmen mendorong penyediaan inklusivitas infrastruktur seperti ruang publik dan kantor-kantor pemerintahan yang ramah bagi penyandang disabilitas.

3. Libatkan disabilitas dalam perencanaan pembangunan

Ganjar Pranowo 'Disembek' Sebelum Tinggalkan LombokPenyandang disabilitas memberikan hadiah lukisan kepada Capres Ganjar Pranowo di Mataram, Minggu (3/12/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ganjar menginginkan penyandang disabilitas mempunyai kesetaraan dalam segala aspek. Mulai dari pendidikan, akses ruang publik, hingga ekonomi sehingga penting dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Salah satu upaya untuk mendorong hal tersebut adalah melibatkan partisipasi penyandang disabilitas dalam perencanaan pembangunan infrastruktur. Dia mengatakan selama menjadi Gubernur Jawa Tengah, ia melibatkan penyandang disabilitas dalam musyawarah perencanaan pembangunan daerah.

Baca Juga: Bocah 4 Tahun di Mataram Hilang Terseret Arus Sungai 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya