Cerita Zohri Batal Tampil di Final Lari 100 Meter SEA Games Kamboja 

Zohri sempat ngotot tampil tapi dilarang pelatih dan dokter

Mataram, IDN Times - Sprinter Indonesia asal Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Muhammad Zohri menceritakan penyebab dirinya tidak tampil di cabor atletik lari nomor 100 meter putra SEA Games Kamboja 2023. Dirinya sempat ngotot tampil di final 100 meter, tetapi dilarang oleh pelatih dan tim dokter karena mengalami cedera di paha kanan.

"Tadi malam saya dikabarin sama pelatih, ternyata ada robekan sedikit di paha kanan dan masih dalam pemulihan," kata Zohri di Pendopo Gubernur NTB, Kamis (18/5/2023) malam.

1. Belum berpikir SEA Games, Zohri sempat ngotot tampil di final 100 meter

Cerita Zohri Batal Tampil di Final Lari 100 Meter SEA Games Kamboja Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Zohri mengatakan ia mengalami cedera sebelum turun di nomor 200 meter. Insiden terjadi saat dirinya mencoba start blok pada babak kualifikasi di nomor 200 meter. Saat di tikungan, ada gawang yang dihindari. Sejak saat itulah mulai terasa cedera di paha kanan.

"Saya sempat ngotot tampil di 100 meter. Saya belum berpikir ada Asian Games. Makanya pas kumpul sama pelatih dan dokter segala macam. Ibu langsung bilang gak usah turun. Karena tiga bulan lagi ada Asian Games. Takutnya tambah parah segala macam," tuturnya.

Baca Juga: Didorong Maju Periode Kedua, Gubernur NTB: InsyaAllah! 

2. Fokus pemulihan untuk persiapan Asian Games 2023

Cerita Zohri Batal Tampil di Final Lari 100 Meter SEA Games Kamboja Sprinter Indonesia nomor 100 meter putra, Lalu Muhammad Zohri. (tampere2018.com).

Zohri menyatakan pihaknya sekarang sedang fokus untuk istirahat dan pemulihan dari cedera paha kanan. Dia akan kembali ke Pelatnas awal bulan depan.

"Pemulihan tergantung terapinya berapa kali seminggu. Cuma kalau terapinya rutin, insyaAllah sebulan dua bulan bisa pulih lagi," kata Zohri.

Pada SEA Games Kamboja, kata Zohri, lari nomor 100 meter dan estafet 4x100 meter ditargetkan meraih medali emas. Tetapi karena batal tampil di final 100 meter, medali emas hanya disumbangkan di nomor estafet. "Tapi ya memang itu gak rezeki, insyaAllah SEA Games selanjutnya," ucap Zohri.

3. Zohri sumbang medali emas dan perunggu

Cerita Zohri Batal Tampil di Final Lari 100 Meter SEA Games Kamboja iaaf.org

Meskipun batal tampil di final lari 100 meter putra SEA Games Kamboja, Zohri menyumbang dua medali untuk Indonesia. Yaitu medali emas untuk nomor estafet 4x100 meter dan medali perunggu di nomor 200 meter.

Pada SEA Games 2023 di Kamboja, sebanyak 9 atlet NTB ikut membela Merah Putih. Selain itu, ada tiga pelatih asal NTB juga ikut mendampingi atlet Indonesia yang berlaga di SEA Games Kamboja 2023. Antara lain Ahmad Zigi Zaresta Yuda (karate nomor kata perorangan), Huswatun Hasanah (tinju kelas 60 kg putri), Anggun Yolanda (obstacle race).

Kemudian Lalu Muhammad Zohri (atletik 100 , 200 meter putra, dan estafet 4 x 100 meter putra), Sudirman Hadi (atletik estafet 4 x100 meter putra), Sapwaturrahman (atletik lompat jauh dan lompat jangkit putra), Dhita Juliana (voli pantai), Desi Ratna Sari (voli pantai) dan Danang Syah (voli pantai). Sedangkan tiga pelatih yang mendampingi adalah H.Muhdar (Atletik), M.Ari Darmawan (Atletik) dan Agus Salim (Voli Pantai).

Baca Juga: Zohri dan Sudirman Hadi Raih Medali Emas Estafet SEA Games Kamboja

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya