Butuh Biaya Rp600 Miliar, NTB Tak Paksakan Gelaran F1 di Mandalika 

Gubernur sebut Bintan kalah seksi dibandingkan Mandalika

Mataram, IDN Times - Gelaran balap Formula 1 di Sirkuit Mandalika terancam batal. Karena saat ini akan dibangun Sirkuit Formula 1 di Bintan Kepulauan Riau.

Groundbreaking pembangunan Sirkuit Formula 1 Bintan akan dimulai bulan ini, dan ditargetkan rampung selama 8 bulan. Pembangunan Sirkuit Formula 1 Bintan tidak menggunakan dana APBN tetapi murni investasi swasta.

1. Butuh biaya Rp600 miliar

Butuh Biaya Rp600 Miliar, NTB Tak Paksakan Gelaran F1 di Mandalika Gubernur NTB Zulkieflimansyah (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menanggapi terkait terancam batalnya gelaran balap Formula 1 di Sirkuit Mandalika. Ia mengungkapkan perhelatan balap Formula 1 merupakan keinginan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Ia menyebut biaya yang dibutuhkan untuk menggelar balapan Formula 1 mencapai Rp600 miliar hingga triliunan. Melihat kondisi permasalahan yang dihadapi pemerintah pusat saat ini, seperti minyak goreng dan lainnya, NTB tidak memaksakan untuk menggelar balap Formula 1.

"Karena memang biayanya sangat besar. Kalau Rp600 miliar sampai triliunan memang bukan dalam jangkauan Pemda. Tapi (Formula 1) betul-betul keinginan pemerintah pusat," kata Gubernur Zulkieflimansyah dikonfirmasi di Mataram, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga: Selangkah Lagi, NTB dan NTT Akan Jadi Tuan Rumah PON 2028 

2. Belum ada pembicaraan setelah pertemuan di Abu Dhabi

Butuh Biaya Rp600 Miliar, NTB Tak Paksakan Gelaran F1 di Mandalika balapan Formula 1 GP Eropa di Valencia pada 2012 (motor1.com)

Gubernur yang biasa disapa Bang Zul ini mengungkapkan gelaran balap Formula 1 tahun 2024 merupakan keinginan Presiden. Presiden ingin memberikan hadiah buat Indonesia pada 2024 mendatang.

"Tapi kalau keadaan ekonomi kita tidak memungkinkan. Kita tidak akan memaksakan itu. Dan belum ada tindaklanjut pasca pertemuan di Abu Dhabi. Karena kemarin itu ada masalah minyak goreng dan sebagainya. Agak sensitif bicara tentang loma-lombaan," terangnya.

3. Bang Zul sebut Bintan kalah seksi dengan Mandalika

Butuh Biaya Rp600 Miliar, NTB Tak Paksakan Gelaran F1 di Mandalika Pemandangan Sirkuit Mandalika dari udara yang diklaim MotoGP sebagai sirkuit paling indah di dunia (www.instagram.com/@motogp)

Meskipun peluang pagekaran balap Formula 1 cukup besar di Bintan. Karena pembangunan sirkuit tidak menggunakan dana APBN. Kemudian pihak investor juga mampu membayar hosting fee penyelenggaraan balap Formula 1.
Tetapi menurut Bang Zul, Bintan kalah seksi dengan Mandalika. Karena Bintan cukup dekat dengan Sirkuit Formula 1 di Singapura.

"Singapura itu sudah ada sirkuitnya. Kalau ada sirkuit di Bintan lagi mungkin tidak terlampau dampaknya. Karena lebih dekat dengan Singapura," kata Bang Zul.

Diberitakan sebelumnya, Perhelatan balap Formula 1 kecil kemungkinan akan digelar di Sirkuit Mandalika. Saat ini, Sirkuit Formula 1 akan dibangun di Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Pembangunan Sirkuit Formula 1 Bintan rencananya akan dilakukan grounbreaking oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada bulan ini. Sehingga tahun depan dilaunching balap Formula 1 2023.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo mengatakan Sirkuit Mandalika akan dikhususkan untuk gelaran MotoGP. Sementara, balap roda 4 seperti Formula 1 akan disiapkan di Bintan Kepulauan Riau.

"Mandalika itu spesial untuk MotoGP. Sementara balap roda empat F1 itu ada di Bintan. Agar pariwisata melebar di seluruh Tanah Air," kata Bamsoet dikonfirmasi usai melantik pengurus IMI NTB periode 2022 - 2026 di Mataram, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga: Desa Wisata Buwun Sejati dan Loang Baloq Dipersiapkan Juarai ADWI 2022

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya