Atraksi Gendang Beleq Lombok Unjuk Gigi di Final WSBK Mandalika 2022 

Disiarkan secara live ke seluruh dunia

Lombok Tengah, IDN Times - Atraksi Gendang Beleq, kesenian masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan unjuk gigi pada final race World Superbike (WSBK) Mandalika, Minggu (13/12/2022) besok siang. Final race WSBK Mandalika 2022 nantinya akan dibuka dengan atraksi kesenian gendang beleq dan beberapa tarian tradisional dari NTB.

"Penampilan tarian gendang beleq ini nantinya akan live di seluruh dunia saat final race WSBK Mandalika 2022," kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/11/2022) sore.

1. Tarian Gendang Beleq ditampilkan sebelum dikumandangkan lagu Indonesia Raya

Atraksi Gendang Beleq Lombok Unjuk Gigi di Final WSBK Mandalika 2022 Direktur Utama MGPA Priandhi Satria (IDN Times/Muhammad Nasir)

Tarian Gendang Beleq akan ditampilkan sebelum lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan di Sirkuit Mandalika. Priandhi mengatakan Dorna Sports cukup ketat untuk durasi atau waktu.

Konsep seremonial final Race WSBK Mandalika 2022 ini telah disetujui oleh Dorna Sports selaku penyelenggara balapan WSBK Mandalika 2022. Priandhi mengatakan Dorna sangat menyambut baik usulan ini. Karena memang konsep ini merupakan hal yang baru dan sesuatu yang belum pernah ada di penyelenggaraan balapan WSBK sebelumnya.

Baca Juga: Toprak Razgatlioglu Melipir Hindari Selebrasi Semprotan Alkohol

2. Dorna tertarik tampilkan tarian Gendang Beleq secara live

Atraksi Gendang Beleq Lombok Unjuk Gigi di Final WSBK Mandalika 2022 Penari tradisional diiringi tabuhan gendang beleq. (Dok. IDN Times)

Pria yang biasa disapa Andi ini mengungkapkan Dorna sangat tertarik untuk menampilkan atraksi tarian Gendang Beleq dan disiarkan secara live ke seluruh dunia. MGPA bekerja sama dengan Pemprov NTB khususnya dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTB.

"Jadi itu semuanya dibantu oleh Pemprov untuk bisa menampilkan mana yang terpilih tentu saja yang terbaik dari semua kelompok ataupun grup yang ada di NTB," terangnya.

3. Gadis NTB gunakan pakaian adat tampil di podium juara WSBK

Atraksi Gendang Beleq Lombok Unjuk Gigi di Final WSBK Mandalika 2022 Gadis NTB berpakaian adat juga tampil pada penyerahan tropi juara race 1 WSBK Mandalika, Sabtu (12/11/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dalam atraksi Gendang Beleq di final race WSBK Mandalika, Andi menyebutkan jumlah penari dan pemain sekitar 20 orang. Dalam gelaran WSBK Mandalika 2022, ada juga yang berbeda dibandingkan tahun 2021 lalu. Gadis NTB dengan menggunakan kebaya atau pakaian adat NTB tampil di atas podium saat penyerahan tropi juara WSBK Mandalika.

Andi mengatakan Dorna merespons positif adanya gadis NTB yang menggunakan pakaian adat di gelaran WSBK Mandalika 2022. Bukan hanya tampil di podium Paddock Show saat penyerahan tropi juara, tetapi gadis NTB berpakaian adat juga berada di depan paddock garasi para pembalap.

Tahun depan, Dorna meminta agar setiap paddock di garasi pembalap ada gadis berpakaian adat yang ditempatkan. Termasuk juga penggunaan umbrella girl atau gadis payung, juga bisa mulai WSBK Mandalika 2023.

Baca Juga: Nyaris Keluar Lintasan, Toprak Ingat Marquez Terpental di Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya