900 Kru dan Pembalap MotoGP Akan Ikuti Tes Pramusim di Mandalika

Tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika setelah Sepang

Mataram, IDN Times - Komandan Lapangan MotoGP 2022, Hadi Tjahjanto mengungkapkan tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika akan dihadiri 900 pembalap dan ofisial atau kru. Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Pemda kabupaten/kota terus mematangkan persiapan jelang tes pramusim MotoGP 2022.

Para pembalap akan mencoba trek Sirkuit Pertamina Mandalika untuk pertama kalinya. Mereka akan datang dan menjalani tes balap pada 11-13 Februari mendatang.

1. Tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika setelah Sepang

900 Kru dan Pembalap MotoGP Akan Ikuti Tes Pramusim di MandalikaBalapan World Superbike Mandalika 2021 (IDN Times/Muhammad Nasir)

Hadi mengatakan tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika digelar setelah tes pramusim di Sirkuit Sepang Malaysia. Tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang akan digelar 5-6 Februari. Setelah itu, tes pramusim MotoGP 2022 akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022.

"Tes pramusim akan dihadiri 900 pembalap dan ofisial dari luar negeri," kata Hadi dalam Rapat Sinkronisasi Mingguan MotoGP 2022 secara virtual, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Jalan Depan Sirkuit Mandalika Dilebarkan dengan Anggaran Rp140 Miliar

2. Percepatan penyelesaian beberapa isu jelang MotoGP

900 Kru dan Pembalap MotoGP Akan Ikuti Tes Pramusim di MandalikaMantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto (kiri) ketika berkunjung ke kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Senin, 27 Desember 2021 (Dokumentasi Kemkominfo)

Mantan Panglima TNI ini mengatakan 63 hari jelang pelaksanaan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, ada beberapa isu yang perlu dilakukan percepatan penyelesaiannya. Di antaranya, peningkatan infrastruktur, penataan kawasan, penyelesaian permasalahan lahan, kesiapan moda transportasi, akomodasi, promosi produk lokal, protokol kesehatan, dan risk management.

Tujuan utama adalah memastikan kegiatan MotoGP 2022 terlaksana dengan maksimal. Untuk itu, dilakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk dapat menyelesaikan isu-isu yang ada.

3. NTB dandani kabupaten/kota jelang MotoGP

900 Kru dan Pembalap MotoGP Akan Ikuti Tes Pramusim di MandalikaRapat evaluasi mingguan persiapan MotoGP 2022 secara virtual dipimpin Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Dok. Diskominfotik NTB)

Menjelang perhelatan balapan MotoGP 2022 pada 18 - 20 Maret mendatang, berbagai persiapan terus dipercepat oleh Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota di NTB. Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan kabupaten/kota untuk berbenah menyambut event Internasional tersebut.

“Kita sedang mendadani semua kabupaten/kota se-NTB,”kata Gubernur saat menghadiri Rapat Sinkronisasi Mingguan MotoGP 2022, secara virtual di ruang kerjanya, Selasa (18/1/2022).

Menurutnya, pengunjung yang akan masuk ke NTB tidak hanya ingin datang dan menikmati kawasan Madalika. Tetapi seluruh kabupaten/kota se-NTB memiliki potensi untuk dikunjungi oleh penonton MotoGP, yang ingin sekaligus berkunjung ke destinasi wisata di Pulau Lombok dan Sumbawa.

Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ridwansyah mengatakan bahwa fokus untuk insfrastruktur jalan depan Sirkuit Mandalika sudah mulai dikerjakan untuk pelebaran, termasuk relokasi musala untuk kelancaran pengerjaan jalan.

Sedangkan dari Kementerian Perhubungan sudah memastikan alokasi anggaran tahun 2022 untuk fasilitas keselamatan jalan, seperti lampu, rambu, marka dan lainnya, sudah dianggarkan terkait ruas jalan depan sirkuit sepanjang 5,3 km.

Pihaknya juga mengusulkan pembenahan fasilitas keselamatan jalan dan lampu penerang jalan pada lima ruas di luar jalan bypass dan Mandalika. “Karena, tamu-tamu kita tidak hanya menginap di Mandalika, namun ada yang di Senggigi, sehingga kita minta penerangan dan lampu jalan,” ucapnya.

Baca Juga: Hasil Ritual Sangkep Warige, Bau Nyale Dilakukan pada 20 Februari 2022

4. Rapat koordinasi dipimpin Menparekraf

900 Kru dan Pembalap MotoGP Akan Ikuti Tes Pramusim di MandalikaRapat evaluasi mingguan persiapan MotoGP Mandalika (Dok. Diskominfotik NTB)

Rapat koordinasi tersebut dipimpin Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dihadiri Komandan Lapangan MotoGP 2022, Hadi Tjahjanto, dan sejumlah kementerian/lembaga terkait.

Sandi mengatakan bahwa penonton akan bertambah pada MotoGP 2022, sesuai dengan keputusan Presiden Joko Widodo, menyetujui permintaan Gubernur NTB untuk menambah tiket. “Jadi dari awalnya 63 ribu, menjadi 100.000,” sebut Sandi.

Sehingga, akan disesuaikan dengan penambahan hunian dan penginapan, parkir dan termasuk lebar jalan, akomodasi dan transportasi, serta jumlah petugas untuk mengawal protokol kesehatan. Begitupun peran UMKM lokal maupun UMKM seluruh Indonesia, terus diperbaiki produk dan kualitasnya.

Baca Juga: 1.000 Tenda Penginapan di Gili Gede untuk Penonton MotoGP, Efektifkah?

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya