8 TKI NTB Dipulangkan dari Turki Bersama Jenazah Irma Lestari 

128 WNI dievakuasi ke KBRI Ankara

Lombok Barat, IDN Times - Jenazah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) korban gempa Turki asal Dusun Perampuan Barat, Desa Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat atas nama Irma Lestari, Kamis (23/2/2023) sore tiba di rumah duka. Pemerintah Indonesia juga memulangkan sebanyak 8 TKI asal NTB yang sebelumnya ditampung di shelter Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara Turki.

Hal itu diungkapkan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha usai pemakaman jenazah almarhumah Irma Lestari di Dusun Perampuan Barat, Desa Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat, Kamis (23/2/2023) sore.

"Pada saat ini kami juga memulangkan 8 WNI, PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang sebelumnya di Shelter KBRI Ankara. Kita pulangkan bersama-sama dengan penerbangan ini. Ada 8 orang semuanya dari Lombok, TKI semua," kata Judha.

1. 128 WNI dievakuasi ke KBRI Ankara Turki

8 TKI NTB Dipulangkan dari Turki Bersama Jenazah Irma Lestari Gempa 7,8 M guncang Turki dan perbatasan Turki-Suriah. (dok. Turkiye Ministry of National Defence)

Judha menjelaskan sejak kejadian gempa Turki, ada lima WNI yang hilang kontak. Dari lima orang tersebut, dia orang meninggal dunia yaitu Irma Lestari dan Ni Wayan Supini asal Bali. Keduanya merupakan TKI yang bekerja sebagai spa therapis professional di Dyarbakir, Turki.

Selain itu, ada 10 WNI yang luka-luka akibat gempa Turki. KBRI Ankara Turki juga mengevakuasi sebanyak 128 WNI ke Shelter KBRI Ankara. Selanjutnya, mereka akan dipulangkan ke Indonesia.

"Khusus untuk alrmahumah Irma Lestari yang bersangkutan hilang kontak sejak kejadian gempa pada 6 Februari. Yang bersangkutan tinggal di Dyarbakir, dekat perbatasan Suriah. Melalui kerja sama dengan semua pihak termasuk otoritas Turki, jenazah dapat ditemukan," terangnya.

Baca Juga: Ratusan Warga Sambut Kedatangan Jenazah TKI NTB Korban Gempa Turki  

2. Jenazah dipulangkan gunakan pesawat carter

8 TKI NTB Dipulangkan dari Turki Bersama Jenazah Irma Lestari Penyerahan jenazah Irma Lestari, TKI NTB korban gempa Turki. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jenazah almarhumah Irma Lestari dan Ni Wayan Supini diangkut menggunakan pesawat carter dari Adana Turki. Judha menjelaskan jarak antara Dyarbakir ke Adana Turki sekitar 8 jam perjalanan lewat jalur darat.

Kemudian dari Adana, Pemerintah Indonesia menggunakan pesawat carter khusus Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ke Jakarta. Selanjutnya dari Jakarta, jenazah dibawa ke Lombok.

"Jadi di tempat tinggal Irma Lestari, apartemennya runtuh. Ada total 89 meninggal termasuk ibu Irma Lestari dan Ni Wayan Supini. Kita lihat langsung kondisi apartemen tersebut runtuh total," ungkap Judha.

3. Kedua korban ditemukan di reruntuhan apartemen

8 TKI NTB Dipulangkan dari Turki Bersama Jenazah Irma Lestari Jenazah almarhumah Irma Lestari, TKI NTB korban gempa Turki saat tiba di Dusun Perampuan Barat Desa Perampuan Lombok Barat, Kamis (23/2/2023) sore. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jenazah Irma Lestari asal Lombok dan Ni Wayan Supini asal Bali ditemukan di reruntuhan Apartemen Galeria di Kota Dyarbakir pada 17 Februari lalu. Sebelumnya, pada tanggal 16 Februari 2023, Tim gabungan KBRI Ankara - INASAR (Basarnas) yang dipimpin Judha Nugraha berangkat menuju Dyarbakir untuk melakukan pencarian kedua WNI tersebut.

Tim berkoordinasi dengan AFAD (Badan Penanggulangan Bencana Turki) untuk proses pencarian di apartemen Galeria Residence, tempat kedua WNI tersebut menetap. Almarhumah Irma Lestari dan Ni Wayan Supini merupakan pekerja migran Indonesia yang bekerja sebagai spa therapis professional di Dyarbakir.

Apartemen tempat mereka tinggal hancur total akibat gempa. Total terdapat 89 korban meninggal di apartemen tersebut. Terdapat sekitar 500 WNI yang berada di sekitar lokasi gempa bumi. 128 orang sudah berhasil dievakuasi oleh Tim KBRI Ankara. Sisanya dalam keadaan selamat namun sudah mendapatkan tempat penampungan yang aman di sekitar wilayah gempa.

Baca Juga: Viral di Media Sosial, Perairan Gili Trawangan Dipenuhi Sampah

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya