Suporter Sepakbola di Bima Blokade Pengguna Arus Kendaraan

Kecewa dengan pemindahan lokasi pertandingan Liga Askab

Bima, IDN Times - Ratusan suporter dari zona Bima bagian barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memblokade arus pengguna jalan di lintas Sumbawa, Sabtu (29/7/2023). Aksi blokade selama satu jam di Desa Tambe Kecamatan Bolo Bima ini mengakibatkan kemacetan parah arus kendaraan sepanjang 2 kilometer. 

Massa kecewa dengan pemindahan lokasi pertandingan sepakbola semifinal Liga Askab dari sebelumnya di Desa Tambe Kecamatan Bolo (zona barat) menjadi ke Lapangan Semangka Kecamatan Sape (zona timur). 

1. Alihkan lokasi pertandingan sepihak

Suporter Sepakbola di Bima Blokade Pengguna Arus Kendaraanilustrasi Sepak Bola (IDN Times/Mardya Shakti)

Pihak panitia sejak awal pertandingan babak penyisihan melaksanakan di lapangan Desa Tambe Kecamatan Bolo. Memasuki babak semifinal dan final mendadak lokasi pertandingan diubah di mana panitia menunjuk Lapangan Semangka Kecamatan Sape (zona timur).

"Para suporter ini tidak terima dengan keputusan itu, sehingga berujung mereka turun blokade jalan," kata Syarif, warga Desa Tambe dikonfirmasi IDN Times, Sabtu siang (29/7/2023).

Baca Juga: Diperiksa 6 Jam oleh Penyidik Kejati NTB, Sekda NTB Irit Bicara 

2. Klub dari zona barat merasa terancam

Suporter Sepakbola di Bima Blokade Pengguna Arus KendaraanIlustrasi Mengancam (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolsek Bolo Inspektur Satu Polisi Nurdin membenarkan adanya aksi blokade pengguna jalan ini. Dalam keterangannya kepada polisi, massa memprotes pemindahan lokasi pertandingan sepakbola yang dianggap membahayakan keselamatan para suporter zona bagian barat. 

Mereka mengaku keselamatannya terancam bila menghadiri pertandingan sepakbola di Lapangan Semangka Sape yang berada di zona timur. Pertandingan babak semifinal Liga Askab ini rencananya akan digelar pada Minggu 30 Juli 2023.

"Mereka gak terima pengalihan lokasi pertandingan. Karena sebelumnya para klub di zona bagian barat, ngaku dapat ancaman ketika bermain di lapangan Semangka Sape," katanya. 

3. Pertandingan semifinal ditunda

Suporter Sepakbola di Bima Blokade Pengguna Arus Kendaraanilustrasi bermain sepak bola (pexels.com/Ashley Williams)

Dengan adanya reaksi para suporter ini, pihak panitia pertandingan akhirnya menunda laga semifinal di Lapangan Semangka Sape ini. Mereka akan menggelar rapat bersama dengan para klub yang bertanding untuk menemukan titik terang persoalan ini.

"Jadwal semifinal yang direncanakan besok, ditunda dulu. Panitia bersama para klub akan rapat nanti malam, bahas soal ini," tandas Nurdin.

Baca Juga: Nekat Berlayar selama Perbaikan, Kapal Wisata Karam di Selat Sape Bima

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya