Selain Ruang Kerja Wali Kota, KPK Juga Geledah Kantor Sekda Bima

Diduga korupsi pada proyek rumah relokasi banjir

Kota Bima, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menggeledah Kantor Wali Kota Bima, Selasa (29/8/2023). Dari pagi hingga pukul 13.20 Wita, mereka masih melakukan penggeledahan barang bukti dugaan penerimaan suap dan gratifikasi dari tahun 2019 hingga 2022.

Kepala Dinas Komfotik Kota Bima, Mahfud yang dikonfirmasi mengaku tidak hanya ruang kerja Wali Kota Bima yang digeladah KPK. KPK juga menggeledah ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda), Muhtar Landa dan ruang Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

"Iya tiga ruangan itu digeladah. Sementara untuk dokumen apa saja yang disita, itu bukan ranahnya saya," ujar Mahfud, Selasa siang (29/9/2023).

1. Pegawai di di ruang PBJ dilarang keluar ruangan

Selain Ruang Kerja Wali Kota, KPK Juga Geledah Kantor Sekda BimaBagian depan kantor Wali Kota Bima dijaga ketat personel bersenjata lengkap. (IDN Times/Juliadin)

Informasi yang dihimpun di lokasi, sejumlah pegawai di ruangan PBJ dilarang keluar dan masuk ruangan oleh KPK. Mereka diminta tetap diam di kursi kerjanya masing-masing.

Dari tiga ruangan digeledah, KPK menyita sejumlah dokumen penting. Berkas itu diduga berkaitan dengan dugaan suap dan gratifikasi pada sejumlah pekerjaan fisik yang anggarannya berasal dari APBN sebesar Rp166 miliar dan APBD Kota Bima 2019 hingga 2022.

Baca Juga: Profil Lengkap Wali Kota Bima Muhammad Lutfi

2. Dugaan korupsi pembangunan rumah relokasi banjir

Selain Ruang Kerja Wali Kota, KPK Juga Geledah Kantor Sekda BimaRumah relokasi banjir di Desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima (IDN Times/Juliadin)

Sejumlah proyek itu diketahui seperti pembangunan rumah relokasi banjir di Lingkungan Kadole Kecamatan Rasana'e Timur. Kemudian rumah relokasi banjir di Kelurahan Oi Fo'o dan Kelurahan Jati Baru yang berada di Kecamatan Asakota.

Sebelumnya, KPK tiba di halaman Kantor Wali Kota Bima pada pukul 08.30 Wita. Tim KPK yang berjumlah lima orang itu lalu naik ke lantai dua menggeledah ruang kerja Wali Kota Bima, baru dilanjutkan ruang kerja Sekda dan PBJ.

3. KPK juga dikabarkan akan geledah rumah dinas Wali Kota dan Dinas PUPR

Selain Ruang Kerja Wali Kota, KPK Juga Geledah Kantor Sekda BimaFoto situasi di halaman Kantor Wali Kota Bima saat penggeledahan berlangsung (IDN Times/Juliadin)

Pada pukul 13.56 Wita, KPK masih menggeledah ruangan PBJ. Setelah ini, KPK diinformasikan akan menggeledah rumah dinas Wali Kota Bima di Kecamatan Raba.

Selanjutnya, KPK juga akan menggeledah kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bima.

Baca Juga: Dugaan Suap dan Gratifikasi, Kantor Wali Kota Bima Digeledah KPK

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya