Selain Anjing, Lintasan Sirkuit Mandalika juga Dihantui Biawak

Seekor biawak terlihat berada di sekitar Sirkuit Mandalika

Lombok Tengah, IDN Times - Binatang liar masih menghantui lintasan Sirkuit Mandalika jelang event MotoGP yang akan digelar pada Jumat (18/3/2022) pekan ini. Selain anjing, biawak juga masih terlihat berkeliaran di sekitar sirkuit.

Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah memastikan sterilisasi lintasan sepanjang 4,3 kilometer Sirkuit Mandalika tiga hari jelang event MotoGP. Seperti penangkapan anjing liar dan pembersihan sisi Lintasan Sirkuit Mandalika.

1. Ada biawak ditemukan di dalam lintasan sirkuit

Selain Anjing, Lintasan Sirkuit Mandalika juga Dihantui BiawakBiawak liar di dalam area Sirkuit Mandalika/dok. Screenshot video tim evakuasi anjing liar

Ketua Lombok Animal Lovers dr. Gede Sudjana mengaku tim evakuasi anjing liar di Sirkuit Mandalika menemukan satu binatang melata jenis biawak tepat di sisi lintasan Sirkuit Mandalika. Penemuan satu ekor Biawak itu, kata Gede, di sekitar area sisi Lintasan tepat di antara tikungan 5 dan 6 Sirkuit Mandalika. 

"Ini masalah serius. Kami khawatir jika itu tidak diamankan segera," kata Gede, Selasa (14/3/2022). 

Dari video yang beredar, Biawak ditemukan tim evakuasi anjing liar saat memeriksa pagar lintasan. Dari video tersebut, tim evakuasi belum bisa mengamankan satu ekor biawak yang diduga bersarang di bawah selokan sisi Lintasan Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Fabio Quartararo Beli Gelang yang Dijual Anak Mandalika

2. Belum bisa ditangkap

Selain Anjing, Lintasan Sirkuit Mandalika juga Dihantui BiawakLubang biawak di sisi lintasan Sirkuit Mandalika/dok. Tim evakuasi anjing liar

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi NTB Joko Iswanto mengaku tidak mengetahui persis lokasi penemuan satu ekor biawak di dalam pagar lintasan Sirkuit Mandalika. 

"Tepatnya saya juga tidak tahu, yang jelas itu di dalam lintasan sirkuit. Itu yang ditemukan itu baru satu ekor," ujar Joko.

Menurut Joko, tim evakuasi anjing liar untuk kawasan Sirkuit Mandalika sempat mencoba menangkap satu ekor Biawak liar berukuran paha orang dewasa. Biawak itu mencoba memanjat keluar dari pagar bagian dalam area lintasan Sirkuit Mandalika.

"Gak sempat ketangkap, keburu kabur keluar (pagar lintasan, red)," kata Joko.

Dia pun menyarankan ke pihak PT ITDC agar memeriksa dan memperbaiki pagar di sekitar Sirkuit Mandalika sebelum event MotoGP dimulai tanggal 18 Maret 2022 nanti.

"Karena khawatir ada satwa liar yang melintas," kata Joko.

3. Lintasan Sirkuit harus steril

Selain Anjing, Lintasan Sirkuit Mandalika juga Dihantui BiawakDirektur Utama Mandalika Grand Prix Association Priandhi Satria IDN Times/Ahmad Viqi

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association Priandhi Satria mengaku baru tahu ada informasi soal ditemukannya binatang liar jenis biawak di dalam lintasan Sirkuit Mandalika.

"Jujur kami baru tau info. Kami akan tindaklanjuti," kata Priandhi. 

Dia juga mengaku bahwa kondisi lintasan Sirkuit Mandalika harus steril dari binatang liar apa pun selama event MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Sama saja, mau apa pun binatangnya tentunya akan membahayakan kendaraan yang akan melaju 360 kilometer per jam. Bukan hanya binatang anjing," kata Priandhi.

Selama proses balapan tanggal 20 Maret 2022 nanti, lintasan sepanjang 4,3 kilometer itu harus steril dari apa pun.

"Kami melarang adanya drone dan segala macam saat balapan. Kecepatan 300 km per jam itu, kerikil sekecil apa pun bisa saja jadi momentumnya kencang. Apalagi binatang yang besar-besar itu kan sangat membahayakan," ujar Priandhi. 

Menurutnya, beberapa lubang pagar yang jebol akibat binatang liar seperti anjing dan biawak sudah dilakukan penutupan.

"Tetapi lubang yang ditutup, ada lagi dilubangi lagi. Tanah yang dikeraskan di bawah pagar itu bisa dikeruk oleh anjing. Tetapi kita tutup di sini, masih ada di tempat lain," kata Priandhi. 

Dia pun mengaku menjelang MotoGP MGPA bersama PT ITDC akan terus keliling lintasan Sirkuit Mandalika untuk memastikan lintasan bebas dari binatang liar lainnya.

Baca Juga: Tak Sabar Lihat Mandalika, Fabio Quartaro Tiba di Lombok Lebih Awal 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya