Aksi Freestyle di Lintasan Sirkuit Mandalika untuk Konten Promosi

Dilakukan setelah mendapatkan izin

Lombok Tengah, IDN Times –Aksi freestyle dua pengendara motor yang diunggah dalam video pendek berdurasi 1 menit 20 di social media facebook sempat viral.  Aksi itu ternyata dilakukan secara sengaja untuk promosi keindahan lintasan Sikuit Pertamina Mandalika. 

Video itu sempat viral usai diunggah oleh pemilik akun M Indra Siswono sekitar pukul 14:00 WITA, Minggu siang (28/11/2021) di sosial media facebook. Aksi freestyle di lintasan utama Sirkuit Pertamina Mandalika itu sempat menuai ragam komentar sebelum unggahan itu dihapus pemilik akun.

1. Pembuatan video legal

Aksi Freestyle di Lintasan Sirkuit Mandalika untuk Konten PromosiAksi freestyle motor di Sirkuit Mandalika dikecam warganet/dok. Screenshot video viral

Dalam video aksi freestyle itu tampak wanita mengenakan baju merah dan helm merah itu tampak girang. Dia bersama seorang pengendara laki-laki. 

Wanita yang melakukan aksi freestyle itu ternyata merupakan anggota Tim Media Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) Jessy Faya F. Usai dimintai keterangan melalui pesan instan, Jessy mengaku pembuatan video freestyle itu dilakukan secara legal.

“Itu dilakukan pembuatan videonya legal ya, yang buat memang team yang ada di Sirkuit Mandalika,” ujar Jessy kepada IDN Times, Senin (29/11/2021).

Aksi freesyle itu, ujar Jessy, sengaja dilakukan oleh pihak RMI yang bekerja di Sirkuit Pertamina Mandalika.

“Itu video yang aku share hanya BTSnya (behind the scene) saja. Nanti yang official akan di-share di youtube. Ya kali kita bikin video tanpa izin,” kata Jessy.

Pembuatan video itu pun, lanjutnya, sengaja dilakukan menggunakan drone. Namun, setelah mendapat ragam komentar warganet, video berdurasi kurang dua menit itu langsung di-pivate untuk menghindari kesalahpahaman.

“Sampai akhirnya ku-private dulu nih videonya,” katanya.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Akan Dipakai untuk MotoGP, WSBK dan IATC Tahun 2022

2. Untuk promosi lintasan Sirkuit Mandalika

Aksi Freestyle di Lintasan Sirkuit Mandalika untuk Konten PromosiPenampakan Sirkuit Mandalika dari Udara tepat di tikungan ke 16 dan 17/dok. Humas Kemenparekraf RI

Secara garis besar, jelas Jessy, nama Sirkuit Mandalika memang mengunakan “Street Circuit”. Di mana, Sirkuit Mandalika boleh digunakan ketika lintasan sedang libur dan tidak ada event balapan. Video aksi freestyle itu pun sengaja dibuat tidak mengacu pada satu event saja.

“Maka bisa dipakai untuk event lain seperti lari, sepeda, atau lainnya. Intinya kita mau promosi bahwa sirkuit kita ini indah loh,” katanya.

Padahal, kata Jessy, video official itu kebanyakan diambil menggunakan kamera drone. Pembuatan itu sekaligus menunjukkan tata letak landscape Sirkuit Pertamina Mandalika.

“Sirkuit ini kan diklaim sebagai sirkuit terindah di dunia,” katanya.

3. RMI adalah kontraktor Sirkuit Mandalika

Aksi Freestyle di Lintasan Sirkuit Mandalika untuk Konten PromosiWarganet minta aksi freestyle motor di Sirkuit Mandalika ditindak/dok. Screenshot video viral

Dapat diketahui, Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) merupakan kontraktor utama penyelenggara event di SirkuitPertamina Mandalika. Pada tahun 2016 silan RMI telah menandatangi kontrak bersama Grand Prix Association (MGPA), sebagai kontraktor utama event dan pengoperasian Sirkuit Pertamina Mandalika

Secara kolektif, RMI Bersama MGPA dan PT Indonesia Tourism Development Corporation bersepakat untuk mengembangkan konsep serta strategi untuk menciptakan salah satu tempat motorsport terindah di dunia yaitu Sirkuit Pertamina Mandalika.

Baca Juga: Viral! Dua Pengendara Motor Freestyle di Trek Utama Sirkuit Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya