8 Jenis Kelainan Seksual yang Membahayakan Nyawa

Perilaku seksual parafilia dapat berujung pada kematian

Gangguan parafilia atau paraphilic disorder adalah kelainan seksual di mana fantasi, dorongan atau perilaku seksual yang berulang kali muncul. Ini melibatkan objek tidak bernyawa, penderitaan atau rasa malu pada diri sendiri atau pasangan seksual. Misalnya perilaku seksual bersama anak kecil atau individu lain yang tidak sewajarnya.

Asosiasi Psikiatri Amerika mendefinisikan gangguan parafilia sebagai kelainan seksual yang melibatkan hasrat atau perilaku seksual seseorang yang dapat membuat kondisi psikologis seseorang menjadi tertekan, terluka, atau bahkan menyebabkan kematian.

Berikut ini 8 jenis gangguan parafilia atau kelainan seksual yang dapat membahayakan nyawa pasangan berdasarkan buku yang ditulis oleh Laura A. King dengan judul The Science of Psychology: An Appreciative View.

1. Kelainan ekshibisionis

8 Jenis Kelainan Seksual yang Membahayakan Nyawailustrasi (Pinterest)

Beberapa tahun terakhir ini, kelainan ekshibisionis ini sering terjadi di tempat umum, seperti transportasi umum.

Pelecehan seksual jenis ekshibisionis ini dilakukan dengan menunjukkan alat kelamin pada orang asing.

2. Kelainan fetish

8 Jenis Kelainan Seksual yang Membahayakan Nyawailustrasi (Pinterest)

Seorang dengan kelainan fetish biasanya menggunakan objek tidak bernyawa untuk kenikmatan seksual.

Hal yang biasa digunakan oleh orang yang memiliki kelainan ini antara lain materi yang bersifat erotis seperti gambar atau film porno, pakaian, dan berbagai benda fisik lainnya.

Baca Juga: Bahaya Gangguan Pedofilia, Punya Fantasi Seksual pada Anak Kecil

3. Kelainan frotteuristik

8 Jenis Kelainan Seksual yang Membahayakan Nyawailustrasi (Pinterest)

Pelaku pelecehan seksual jenis frotteuristik ini menggunakan tangan bahkan alat kelaminnya untuk menyentuh dan mengusap-usap seseorang yang tidak dikenalnya.

Seseorang dengan kelainan ini sering melakukan aksinya di tempat-tempat yang sesak orang, seperti kereta bawah tanah, bus, dan tempat-tempat umum yang sesak lainnya.

4. Kelainan pedofilia

8 Jenis Kelainan Seksual yang Membahayakan Nyawailustrasi (Pinterest)

Kelainan pedofilia merupakan sebuah kelainan psikologis dimana seorang dewasa atau remaja muda melakukan aktivitas seksual bersama anak kecil atau seseorang yang belum mencapai pubertas.

Kelainan pedofilia ini lebih banyak ditemukan pada pria dibandingkan wanita.

5. Kelainan mekanisme seksual

8 Jenis Kelainan Seksual yang Membahayakan Nyawailustrasi (Pinterest)

Kelainan mekanisme seksual adalah kelainan di mana seseorang baru mendapatkan kesenangan seksual apabila dipermalukan, dipukul, diikat, atau dibuat sengsara.

Kelainan jenis ini dapat menyebabkan pasangan seksual menjadi tertekan, terluka, bahkan menyebabkan kematian.

6. Kelainan sadisme seksual

8 Jenis Kelainan Seksual yang Membahayakan Nyawailustrasi (Pinterest)

Kelainan sadisme seksual merupakan kelainan di mana seseorang mendapat kesenangan seksual apabila membuat korban menderita secara psikologis maupun fisik. Kelainan sadisme seksual jenis ini dapat menyebabkan korban menjadi tertekan, terluka, bahkan menyebabkan kematian.

7. Kelainan transvestik

8 Jenis Kelainan Seksual yang Membahayakan NyawaIlustrasi daerah alat kelamin laki-laki (IDN Times/Mardya Shakti)

Seorang dengan kelainan transvestik ini suka menggunakan pakaian lawan jenis yang menyebabkan korbannya mendapat perasaan tertekan atau mengganggu kegiatan sehari-hari.

8. Kelainan voyeuristik

8 Jenis Kelainan Seksual yang Membahayakan Nyawailustrasi (Pinterest)

Seorang dengan kelainan seksual jenis voyeuristik ini mengamati seseorang yang tidak sadar, biasanya orang asing yang tengah telanjang atau sedang melakukan kegiatan seksual.

Yang perlu diingat dan diperhatikan dalam kelainan seksual ini adalah bahwa variasi dalam seksualitas tidak dianggap berbahaya apabila tidak menyebabkan seseorang merasa tertekan atau terluka secara fisik dan tidak melanggar hak orang lain.

Demikian 8 jenis gangguan parafilia atau kelainan seksual yang dapat membahayakan nyawa pasangan berdasarkan buku yang ditulis oleh Laura A. King dengan judul The Science of Psychology: An Appreciative View.

Baca Juga: 13 Tokoh Ilmuan Fisika dan Matematika yang Muncul di Film Oppenheimer

Hirpan Rosidi Photo Community Writer Hirpan Rosidi

Seorang laki-laki yang memiliki impian yaitu kelak disalah satu rak toko buku populer, di antara buku-buku dari penulis besar, terselip satu buku dengan nama Hirpan Rosidi sebagai penulisnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya