Comscore Tracker

Pemandian Aik Nyet Sesaot: Info, Harga Tiket Masuk, Rute, dan Lokasi 

Wisata pemandian alam di Lombok Barat

Samarinda, IDN Times - Jalan-jalan ke Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB)? Jangan hanya terpaku dengan wisata pantai dan gili ya, karena nyatanya masih banyak wisata alam lainnya yang melimpah seperti air terjun, gua, hutan, sampai pemandian.

Kali ini ada salah satu destinasi wisata di Lombok yang menyuguhkan segarnya air Pemandian Aik Nyet yang berdampingan dengan rimbunnya Hutan Sesaot. Jika sudah memasuki kawasan wisata ini, anda akan disambut dengan udara sejuk khas hutan yang masih amat terjaga alam dan memanjakan para pengunjung. Menarik bukan?

1. Pemandian Aik Nyet Sesaot

Jika bicara tentang Pemandian Aik Nyet tidak akan lepas dari Hutan Sesaot yang merupakan kawasan hutan lindung, penuh dengan pepohonan rimbun dan dikelilingi  aliran air sungai penuh bebatuan di dalamnya.

Sepanjang sejarah ditemukannya sungai ini, belum pernah yang namanya mengalami kekeringan walaupun musim kemarau sedang melanda. Aliran Sungai Sesaot ini menjadi berkah bagi warga sekitar karena dijadikan spot pemandian bagi warga maupun pengunjung.

Tak hanya berhenti sampai di situ, pengunjung dapat menjelajah alam dengan berkeliling kawasan hutan yang dipenuhi ribuan pepohonan besar nan rimbun di sepanjang jalan setapak.

Tampak dengan jelas jika ada wisatawan berjalan, maka mereka akan layaknya dikawal oleh barisan pepohonan yang siap untuk meneduhkan suasana. Kawasan hutan ini juga sering dijadikan sebagai lokasi perkemahan oleh sejumlah kelompok pencinta alam ataupun regu pramuka dari sekolah-sekolah sekitar karena keasriannya.

Baca Juga: Ribuan Wisatawan Serbu Wisata Pantai di NTB

2. Tips saat mengunjungi Pemandian Aik Nyet

Untuk anda yang tertarik berkunjung ke Pemandian Aik Nyet dan Hutan Sesaot, anda dapat memanfaatkan kendaraan roda dua atau roda empat pribadi maupun sewaan.  Dengan menghabiskan waktu yang terbilang singkat, yakni hanya selama 1 jam perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 25 km. Melalui dua rute alternatif yaitu jalur utara Lingsar atau jalur selatan Narmada.

Untuk harga tiket masuk tidak perlu dikhawatirkan, karena untuk memasuki kawasan wisata alam Aik Nyet dan Hutan Sesaot ini hanya dikenai tiket masuk sebesar Rp3 ribu saja per orangnya.

3. Fasilitas bisa ditemui di tempat wisata ini

Untuk fasilitas mungkin sudah terbilang cukup, karena di kawasan wisata alam Aik Nyet ini sudah tersedia warung yang menjajakan beragam kuliner khas daerah setempat seperti soto, sate bulayak, dan makanan khas dari Lombok lainnya. Jadi setelah dingin bermain air di Pemandian Aik Nyet, atau lelah berkeliling Hutan Sesaot, anda dapat melepas penat.

Air di Pemandian Aik Nyet ini terasa sangat dingin hingga jika anda berendam akan terasa menusuk ke tulang, namun uniknya banyak pengunjung yang jauh-jauh datang memang untuk berendam dan bermain air di pemandian ini. Nama Aik Nyet sendiri diambil dari Bahasa Sasak yang memiliki arti air dingin, sehingga sudah tidak aneh lagi jika airnya sangat dingin.

Untuk luas Hutan Sesaot ini mencapai 6 hektare luasnya, dan luasan 43 persen dari luas hutan adalah hasil buatan dan 67 persen adalah hutan alami. Jadi jika anda berkunjung ke sini aktivitas yang direkomendasikan adalah menyusuri hutan terlebih dahulu. Lalu anda bisa melanjutkan dengan bermain juga berendam di sungai dan kolam pemandian, kemudian diakhiri dengan mengisi perut di warung-warung warga setempat.

Baca Juga: Keren! NTB Mini Akan Dibangun di Polandia 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya