Comscore Tracker

Pantai Jelenga: Info Unik, Rute, dan Lokasi 

Wisata pantai di Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, IDN Times - Kabupaten Sumbawa Barat di Nusa Tenggara Barat (NTB) dikelilingi oleh perairan seperti Laut Flores di utara, Samudra Hindia di  selatan, dan Selat Alas di barat. Tak heran jika andalan Kabupaten Sumbawa Barat adalah wisata pantai. Salah satu daya tarik utama Kabupaten Sumbawa Barat adalah Pantai Jelenga yang memiliki pantai pasir putih berbentuk tapal kuda. 

1. Pantai pasir putih

Saat anda berjalan di atas pasir putih, yang terlihat seperti biji merica, mengaburkan jejak kaki yang ditinggalkan oleh ombak, ombak memecah, menatap  perbukitan dan pemandangan di kedua sisi pantai. Hanya suara deburan ombak yang terdengar di pantai sekitar 7 kilometer dari Desa Gua di distrik Jereweh. 

Perjalanan dari Taliwang, Ibu Kota Sumbawa Barat, menuju lokasi ini melewati pemukiman penduduk,  perbukitan, dan lahan pertanian setempat. Kadang-kadang pengemudi harus berhenti untuk memberi jalan kepada sekelompok kerbau dari penduduk setempat yang menyeberang dalam perjalanan ke pantai, yang dianggap sebagai surga surfers.

Baca Juga: Bongkar 7 Kasus TPPO, Polda NTB Terima Penghargaan KBRI Turki 

2. Pantai sebagai sarana untuk berselancar

Penggemar olahraga air menyebut Pantai Jelenga sebagai "scar reef" karena ombaknya berbentuk tabung besar dan tingginya beberapa meter.  Namun bagi yang tidak pandai berselancar juga sangat memuaskan menikmati keindahan pantai yang ombaknya tenang di bulan April. Nikmati pemandangan Pantai Jelenga saat matahari terbenam dan lihat pantulan orang-orang yang tinggal di langit pantai yang kemerahan bersama deburan ombak. 

Selain Pantai Jelenga  ada dua pantai lain yang bisa dinikmati di Sumbawa Barat antara lain Pantai Tropical dan Pantai Poto Batu.

Ada banyak kelebihan lainnya dari Pantai Jelenga ini, yakni banyak wisatawan yang mengakui tingkat keramahan, kesopanan, juga kebaikan dari warga desa sekitar pantai yang umumnya bergantung pada profesi nelayan juga mengembangkan pariwisata yang ada. 

3. Kesadaran tinggi masyarakat setempat

Semua keberhasilan ini juga berkah kehadiran dari Kelompok Sadar Wisata Alam Asri di Pantai Jelenga yang memberi tambahan semangat warga untuk dapat mengembangkan pariwisata. Di bawah bimbingan PT Aman Mineral Nusa Tenggara, Pokdarwis Alam Asri bisa memberikan sosialisasi juga edukasi untuk warga setempat tentang bagaimana dapat mengembangkan pantai demi peningkatan ekonomi dari penduduk setempat juga tentunya.

Pantai Jelenga adalah salah satu pantai dengan pasir putih bersih di Sumbawa Barat, garis pantai ini ternyata membentang juga melengkung sehingga setiap pasang mata pengunjung tidak henti-hentinya menatap tanpa mau berkedip sedetik pun agar tidak melewatkan keindahan alam yang tiada tara ini.

Kelebihan lain dari Pantai Jelenga ini ialah pada sore hari menjelang tenggelamnya matahari yang menampilkan sunset cantik. Jika anda berhasil berkunjung ke Pantai Jelanga ini, jangan lupa nikmati duduk di atas butiran pasir putih menatap ke ujung laut, sembari menenangkan pikiran dengan menatap cahaya sunset yang indah ditemani deru ombak yang mampu memecah karang dan dapat terdengar sampai 7 kilometer jauhnya dari Desa Gua Kecamatan Jereweh.

4. Masih minim jumlah pengunjungnya

Siapa sangka, pantai yang begitu memesona ini, jika dilihat dari jumlah pengunjungnya masih kalah jauh dari pantai lainnya yang berada di Pulau Lombok. Pemerintah daerah berjanji akan memberikan perhatian khusus kepada Pantai Jelenga ini untuk pengembangan sebagai destinasi wisata alam berwujud pantai, dengan cara melengkapi beragam fasilitas.

Seperti membangun jalan sepanjang pantai juga memperbanyak lapak dagang makanan, minuman, dan suvenir. Tak sampai di situ, pantai ini juga membutuhkan promosi lebih agar wisatawan tertarik mengunjungi Pantai Jelenga.

Baca Juga: Ribuan Wisatawan Serbu Wisata Pantai di NTB

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya