Comscore Tracker

Liburan di Pantai Bonto Bima, Ada Restoran dan Tempat Camping 

Aneka hidangan yang disajikan ramah kantong

Kota Bima, IDN Times - Tidak hanya Pantai Lawata, masyarakat Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) juga memiliki destinasi objek wisata pantai dengan panorama yang tak kalah eskotis nan menawan. Di mana lagi kalau buka Pantai Bonto yang terletak di Lingkungan Bonto, Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota.

Objek wisata yang ditata sejak tahun 2019 lalu ini, berada tepat di sisi bagian timur teluk atau bagian utara Kota Bima. Letaknya berhadapan langsung dengan pintu masuk teluk Bima dari lautan lepas.

Untuk menuju Pantai Bonto, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Dalam perjalanan dari Kota Bima, wisatawan hanya menghabiskan waktu sekira 15 menit, lalu sampai tujuan.

1. Beragam keindahan pantai bonto

Liburan di Pantai Bonto Bima, Ada Restoran dan Tempat Camping Foto jembatan kayu dan rimbunan pohon manggrove di Pantai Bonto (IDN Times/Juliadin)

Jika berkunjung di pantai yang satu ini, akan disuguhkan dengan beragam keindahan alam yang memanjakan mata. Pengunjung bisa menyusuri jembatan kayu sembari melihat rimbunan pohon mangrove yang tumbuh subur di sela-sela sudut jembatan.

Di atas jembatan, wisatawan akan melihat air laut yang jernih dengan gelombang yang mengalun pelan. Sekilas warna warni perahu nelayan di sekitar, akan melengkapi pemandangan selama berkunjung.

Selain itu, di pantai ini juga tempat yang layak bagi pengunjung untuk berburu sunset hingga menghirup kesegaran udara pantai yang menghempas pelan. Tidak hanya itu, masih banyak lagi pesona lain yang tak terhitung akan menemani kunjungan di pantai ini.

Baca Juga: Asyiknya Naik Kapal Keliling Teluk di Pantai Lawata Bima

2. Mandi air laut dan camping

Liburan di Pantai Bonto Bima, Ada Restoran dan Tempat Camping Puluhan fasiltas tenda yang disediakan di Pantai Bonto (IDN Times/Juliadin)

Selain menawarkan keindahannya, di Pantai Bonto pengunjung juga bisa langsung mandi air laut yang jernih atau pun mancing. Sekadar menambah aktivitas selama menikmati suasana pantai yang terkenal dengan pesonanya yang memukau ini.

Jika pengunjung ingin berhari-hari menikmati Pantai Bonto, jangan khawatir tak dapat bermalam. Di tempat ini, telah disediakan puluhan tenda dengan kapasitas 3 orang untuk camping, tentunya dengan harga yang cukup ramah kantong.

Dalam satu malam, hanya dibanderol Rp100 ribu. Sedangkan jika ingin menggunakan tenda sendiri, pengunjung hanya merogoh kocek untuk sewa tempat Rp50 ribu.

3. Tersedia resto wisata dengan hidangan khas

Liburan di Pantai Bonto Bima, Ada Restoran dan Tempat Camping Suasana di kawasan Pantai Bonto (IDN Times/Juliadin)

Pengelola Pantai Bonto bernama Anita mengatakan, di kawasan pantai ini dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang memadai. Mulai dari kamar mandi, toilet, ruang ganti pakaian, musala hingga belasan gazebo dan tempat duduk santai.

Tidak hanya itu, selama menikmati pesona pantai, pengunjung tidak perlu khawatir bakal kelaparan. Sebab, di sini tersedia resto wisata dengan aneka hidangan kuliner hingga makanan dan minuman khas.

Hidangan yang disajikan itu mulai dari lalapan ikan bakar berbagai jenis, ayam bakar, bakso dan ayam geprek. Kemudian jus buah, sayur daun kelor bening, ikan dengan resep palumara dan masih banyak lagi.

Harga sejumlah menu makanan dan minuman tersebut, dipastikan tidak sampai kantong pengunjung jebol. Untuk menu lalapan ayam bakar atau ikan bakar misalnya, hanya dibanderol Rp165 ribu untuk satu porsi besar yang bisa dimakan 4-6 orang. 

"Porsi itu bisa dimakan hingga empat orang. Jadi di situ banyak menu tambahan, pokonya komplet sudah itu," tandas Anita pada IDN Times, Sabtu (17/9/2022).

Baca Juga: Melihat Benteng Perang Peninggalan Belanda di Bima yang Terabaikan

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya