Comscore Tracker

Berkunjung ke Pantai Pandanan yang Indah di Lombok Utara

Info rute, lokasi dan biaya

Lombok memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya apalagi pantai-pantainya yang memesona. Bahkan pantai-pantai yang ada di Lombok tak kalah indah dengan pantai yang ada di tempat lain. Salah satunya adalah Pantai Pandanan.

Tak heran jika para wisatawan lokal maupun asing rela datang berkunjung untuk mengisi waktu liburan mereka. Pulau Lombok bisa dibilang sebagai destinasi wisata alam yang sangat populer di Indonesia bahkan Mancanegara. 

Jika ingin tahu lebih banyak tentang Pantai Pandanan, simak ulasan berikut.

1. Tentang Pantai Pandanan

Berkunjung ke Pantai Pandanan yang Indah di Lombok UtaraPantai Pandanan (dok. pribadi/Nanda)

Pantai Pandanan memberikan pemandangan yang sangatlah indah. Dengan pasir-pasirnya yang berwarna putih serasi berpadu dengan birunya lautan. Terdapat pula panorama perbukitan yang berada di sisi kiri dan kanan pantai. 

Perbukitan hijau yang berada di sisi-sisi Pantai Pandanan ini membuat para wisatawan semakin takjub. Pantai Pandanan memiliki garis panjang sekitar 1 kilometer dengan pemandangan Selat Bali. Karena memang posisi dari pantai ini berhadapan dengan pantai Selat Bali. 

Tak hanya itu, panorama pegunungan juga dapat dirasakan dan dilihat dari pinggiran pantai. Pantai ini juga menyuguhkan hamparan rumput luas yang banyak ditumbuhi tanaman akar manis dan tentu saja pepohonan yang rindang.  

Hamparan rumput di Pantai Pandanan ini memiliki luas sekitar 7 hektare. Soal kebersihan pantai ini tak usah diragukan, karena warga di sekitar memiliki kesadaran yang tinggi akan kebersihan pantai yang mereka sayangi ini. Maka tak heran jika sepanjang mata melihat pantai ini sangatlah bersih dan alami. 

Baca Juga: Resep Membuat Cerorot Khas Lombok Super Enak

2. Aktivitas

Berkunjung ke Pantai Pandanan yang Indah di Lombok UtaraPantai Pandanan (dok. pribadi/Nanda)

Tentu saja jika berlibur ke pantai, wisatawan wajib berenang merasakan kesejukan air jernih dari pantai ini. Dengan ombak yang cukup tenang, para wisatawan dapat berenang dengan leluasa sesenang hati. 

Ada pula kano yang dapat disewa dengan harga terjangkau untuk dapat menikmati keindahan air jernih dari setiap sudut pantai. Pantai Pandanan juga menawarkan area untuk snorkeling, melihat panorama yang menawan dari bawah laut pantai. 

Setelah puas bermain dan menikmati air laut yang jernih dari Pantai Pandanan, terasa perut mulai merasa lapar. Tak perlu khawatir karena di Pantai Pandanan banyak warga sekitar yang berjualan dan menyuguhkan menu makanan seafood. Seperti ikan bakar dengan bumbu khas Lombok yang tentu saja kelezatannya tak perlu dipertanyakan lagi. 

Ikan-ikan yang menjadi menu makanan pun beragam ukuran dan jenisnya, namun tentu saja masih segar karena langsung ditangkap oleh nelayan sekitar. 

Makan akan dilengkapi dengan minuman tentunya, jangan lupa untuk memesan air kelapa yang dapat diminum langsung dari buahnya untuk menyempurnakan pengalaman di Pantai Pandanan.

3. Lokasi dan rute

Berkunjung ke Pantai Pandanan yang Indah di Lombok Utaragenpi.co

Untuk menuju Pantai Pandanan ini bisa ditempuh dengan dua rute yang berbeda. Rute pertama yaitu para wisatawan dari Mataram bisa melewati jalur Pusuk yang menghubungkan Lombok Utara dan Lombok Barat. 

Melalui kawasan hutan Pusuk yang dikelilingi dengan perbukitan hijau dan akan menjumpai kera-kera di pinggir jalan. Sedangkan rute kedua bisa melalui jalan Pantai Senggigi dengan area jalan yang mulus di sepanjang tepi pantai.

Pantai Pandanan berlokasi di Dusun Pandanan tepatnya di Desa Malaka Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Jika menempuh perjalanan dari Kota Mataram NTB, akan memakan waktu sekitar 43 menit dan menempuh jarak berkisar 27 kilometer. 

Baca Juga: Cara Membuat Jajanan Tradisional Khas Lombok Bernama Kerake Juwet

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya